0084J - Pengantar Manajemen dan Bisnis (S1/4 SKS) Universitas Bina Nusantara Selamat datang peserta pembelajaran Daring Terbuka MK Pengantar Manajemen Bisnis. Matakuliah Pengantar Manajemen Bisnis merupakan Mk dasar untuk mahasiswa S1 jurusan Ekonomi, Manajemen, Pemasaran dan Entrepreneur. Ada 3 dosen dari BINUS University yang mengampu matakuliah Pengantar Manajemen Bisnis ini yaitu : Dr. Engkos A Kuncoro, SE.,MM., Hartiwi Prabowo, SE.,MM., dan Drs. Idi Setyo Utomo, M.Sc. Sebelum mulai belajar, ada baiknya membaca Metode Pembelajaran, Deskripsi Mata Kuliah dan Capaian Pembelajaran. Semoga anda dapat belajar dengan lancar. Dosen Pengampu Dr.EngkosAKuncoro,SE.,MM. email : eak@binus.edu HartiwiPrabowo,SE.,MM. email : Hartiwi2200@binus.ac.id Drs.IdiSetyoUtomo,M.Sc. email : idisetyo@yahoo.com Tutor Belum ada Deskripsi Mata Kuliah Manajemen adalah proses pengoordinasian dan pengawasan pekerjaan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi secara efisien dan efektif. Untuk melakukan aktifitas manajemen diperlukan seorang manajer yang handal. Ada fungsi, peran dan keterampilan yang harus dilakukan oleh manajer di bisnis yang global. Bisnis global harus dipahami oleh seorang manajer dan merupakan keahlian yang terus menerus diperbaiki. Sebelum memulai bisnis, manajer perlu menganalisis pengaruh faktor ekonomi, politik, sosial budaya, teknologi dan persaingan terhadap bisnis disuatu negara. Mata kuliah ini mempelajari tentang manajemen dan bisnis yang diperlukan dalam mengelola dinamika organisasi. Dinamika organisasi berarti adanya penghargaan dan tantangan bagi para individu yang mengelola organisasi tersebut. Pemahaman fungsi manajemen dan fungsi bisnis akan membantu aktivitas seorang CEO dalam mempertahankan dan meningkatkan kinerja bisnis. Fungsi manajemen meliputi perencaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan fungsi pengendalian. Fungsi bisnis antara ;lain meliputi fungsi pemasaran, produksi/opearasi dan fungsi keuangan. Mata kuliah ini merupakan fondasi/ pengetahuan dasar bagi semua mata kuliah yang ada di jurusan manajemen yang berkaitan dengan dunia manajemen dan pengeloloaan bisnis pada abad 21. Mata kuliah ini ditempuh di semester pertama dan memiliki satuan kredit sebanyak 4 SKS. Kalender Akademis Berikut adalah kalender akademis. Dimulai dengan Orientasi di 22 September 2014, dengan menggunakan video conference, Dilanjutkan dengan kuliah perdana dengan menggunakan video conference juga pada hari Selasa , 23 September 2014 dan Rabu, 24 September 2014. Dilanjutkan pertemuan online minggu pertama pada tanggal 29 September 2014 sd 5 Oktober 2014. Pertemuan online minggu ke-dua pada tanggal 6 Oktober 2014 sd 12 Oktober 2014. Pertemuan online minggu ke-tiga pada tanggal 13 Oktober 2014 sd 19 Oktober 2014. Pertemuan online minggu ke-empat pada tanggal 20 Oktober 2014 sd 26 Oktober 2014. Pertemuan online minggu ke-lima pada tanggal 27 Oktober 2014 sd 02 November 2014. Pada minggu ke-lima diberi warna kuning, yang berarti ada pertemuan tatap muka onsite dengan tutor Pada tanggal 3 - 9 November 2014 dilakukan Ujian Tengah Semester. Pertemuan online minggu ke-enam pada tanggal 10 Nopember 2014 sd 16 Nopember 2014. Pertemuan tatap muka video conference dengan dosen dilaksanakan pada minggu ke-enam. Pertemuan online minggu ke-tujuh pada tanggal 17 Nopember 2014 sd 23 Nopember 2014. Pertemuan online minggu ke-delapan pada tanggal 24 Nopember 2014 sd 30 Nopember 2014. Pertemuan online minggu ke-sembilan pada tanggal 01 Desember 2014 sd 07 Desember 2014. Pertemuan online minggu ke-sepuluh pada tanggal 08 Desember 2014 sd 14 Desember 2014. Pada minggu ke-sepuluh diberi warna kuning, yang berarti ada pertemuan tatap muka onsite dengan tutor pada tanggal08 Desember 2014 sd 14 Desember 2014. Pada tanggal 15 - 21 Desember 2014 dilakukan Ujian Akhir Semester. Metode Pembelajaran Perkuliahan akan berjalan selama 10 minggu. Topik mingguan yang sudah ditentukan akan dibicarakan setiap minggu. Tugas dibagi menjadi 2 yaitu tugas personal dan tugas kelompok . Jumlah tugas ada 5 tugas personal dan 4 tugas kelompok. Tugas personal dan tugas kelompok dikumpulkan pada hari minggu, dengan jam yang sudah ditentukan. Interaksi antara mahasiswa dengan dosen digunakan forum diskusi dan video konferen Kesuksesan mahasiswa dalam mata kuliah Pengantar manajemen dan Bisnis secara daring di peroleh dengan secara aktif memahami topik, mengakses tugas dan berdiskusi dengan dosen dan tutor. Selain itu dukungan bahan buku/wacana tentang bisnis, jurnal bisnis dan penelitian yang berkaitan dengan fungsi bisnis (pemasaran, produksi/operasi, manajemen dan keuangan dll) akan mempermudah mahasiswa dalam menganalisis dan mensintesis pemecahanan studi kasus yang ada di setiap tugas. Komponen Penilaian Komponen Penilaian Persentase Keaktifan di forum 15% Tugas Personal 20% Tugas Kelompok 15% Ujian Tengah Semester 20% Ujian Akhir Semester 30% Capaian Pembelajaran (CP) Berikut adalah capaian pembelajaran yang didapatkan setelah mahasiswa selesai mempelajari mata kuliah Pengantar Manajemen dan bisnis. CP1:Menguraikan prinsip-prinsip manajemen, menjalankan dan mengelola manajemen dalam lingkungan global, membuat keputusan, lingkungan bisnis, kondisi ekonomi, tanggung jawab social dalam bisnis dan bentuk dasar dari kepemilikan bisnis. CP2: Menjelaskan tantangan bagi manajer global, proses pengambilan keputusan, menetapkan tujuan dan perencanaan, strategi bersaing, mekanisme dan struktur organisasi, proses produksi, pemasaran dan manajemen keuangan. CP3:Menganalisa tujuan dan perencanaan, proses manajemen stratejik, perancangan organisasi yang modern, tempat kerja yang berubah, pengembangan kelompok, dan isu-isu terbaru mengenai motivasi, kepemimpinan, tipe-tipe pengendalian, bauran pemasaran, dan manajemen keuangan. CP4: Menerapkan proses inovasi, keanekaragaman tempat kerja, tim yang efektif dan komunikasi antar pribadi, teori motivasi dan kepemimpinan yang modern, alat untuk mengukur organisasi, pasar yang berbeda, perencanaan keuangan dan fungsi pasar sekuritas. Peta Kompetensi dan Peta Program Topik Topik-topik yang akan dibahas dalam mata kuliah ini: Dasar-Dasar Manajemen dan Organisasi dalam Manajemen Global Dasar-Dasar Perencanaan dan Manajemen Stratejik Dasar-Dasar dan Rancangan Organisasi yang Modern Kepemimpinan dan Motivasi Komunikasi dan Dasar-Dasar Pengendalian Pemahaman Bagaimana Ekonomi Mempengaruhi Bisnis Bagaimana Membentuk suatu Bisnis dan Kewirausahaan Memulai suatu Usaha Kecil Manajemen Produksi dan Manajemen Operasi Pemasaran: Membantu Pengambilan Keputusan Membeli Manajemen Keuangan Buku Teks Robbins, Stephen.P., & Mary Coulter, (2013). Management, Global Edition. 12th Edition. PE. New Jersey, USA. ISBN: 9780273787518. Nickels, W.G. McHugh, James M. and McHugh, Susan M.. (2013). Understanding Business. 10th Edition. MGH. New York, USA. ISBN:9780077663728
Course Modules