Welcome to Spada Indonesia
Courses Images
Interaksi Manusia dan Komputer
Universitas Telkom

Interaksi Manusia dan Komputer

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

MIRA KANIA SABARIAH

Universitas Telkom
AREAS:
Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak

Course Description

Mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer merupakan materi fundamental di Informatika. Interaksi Manusia dan Komputer merupakan mata kuliah yang mengajarkan mahasiswa tentang bagaimana Interaksi Manusia Komputer serta perannya dalam mewujudkan perangkat lunak yang tepat dan bermanfaat bagi user-nya. Dalam mata kuliah ini juga disampaikan tentang tahap-tahap dalam proses perancangan antarmuka pengguna (User Interface/UI ) serta tren-tren desain UI yang terkini. Pada perkuliahan ini akan membekali mahasiswa informatika berfikir analitis dan logis. SKEMA PENILAIAN : KOMPONEN PENILAIAN BOBOT/ PROSENTASE KETERANGAN Quiz & Tugas 10 % Tugas Besar 35% Ujian Tengah Semester 30 % Ujian Akhir Semester 30 % Keaktifan 5% PENENTUAN NILAI AKHIR MATA KULIAH : Nilai Skor Matakuliah (NSM) Nilai Mata Kuliah (NMK) 80 NSM A 75< NSM < 80 AB 65 < NSM < 75 B 60 < NSM < 65 BC 50 < NSM < 60 C 40 < NSM < 50 D NSM < 40 E Dosen : Rita Wahyuni Arifin Veronikha Effendy, S.T.,M.T Mira Kania Sabariah, M.T Danang Junaedi Fata Nidaul Khasanah Asisten dosen : Geriska Isabelle Admin : Muchamad Fuad

Course Syllabus


Course Modules
News forum
Rencana Pembelajaran Semester (RPS)
Satuan Aktivitas Kuliah Daring
Mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer merupakan materi fundamental di Informatika. Interaksi Manusia dan Komputer merupakan mata kuliah yang mengajarkan mahasiswa tentang bagaimana Interaksi Manusia Komputer serta perannya dalam mewujudkan perangkat lunak yang tepat dan bermanfaat bagi user-nya. Dalam mata kuliah ini juga disampaikan tentang tahap-tahap dalam proses perancangan antarmuka pengguna (User Interface/UI ) serta tren-tren desain UI yang terkini. Pada perkuliahan ini akan membekali mahasiswa informatika berfikir analitis dan logis. SKEMA PENILAIAN : KOMPONEN PENILAIAN BOBOT/ PROSENTASE KETERANGAN Quiz & Tugas 10 % Tugas Besar 35% Ujian Tengah Semester 30 % Ujian Akhir Semester 30 % Keaktifan 5% PENENTUAN NILAI AKHIR MATA KULIAH : Nilai Skor Matakuliah (NSM) Nilai Mata Kuliah (NMK) 80 NSM A 75< NSM < 80 AB 65 < NSM < 75 B 60 < NSM < 65 BC 50 < NSM < 60 C 40 < NSM < 50 D NSM < 40 E Dosen : Rita Wahyuni Arifin Veronikha Effendy, S.T.,M.T Mira Kania Sabariah, M.T Danang Junaedi Fata Nidaul Khasanah Asisten dosen : Geriska Isabelle Admin : Muchamad Fuad
Course Modules
Bahan Kajian : Pengenalan IMK Definisi UI dan UX Pentingnya desain UI yang baik Sejarah singkat IMK Tujuan Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat dapat: 1. Memahami pentingnya User Interface (UI) serta karakteristik UI yang tepat untuk setiap aplikasi. 2. Mengerti dan menerapkan proses desain UI untuk menghasilkan UI yang berkualitas dan menerapkan proses desain UI untuk menghasilkan UI yang berkualitas. 3. Mengetahui dan menerapkan tren-tren desain UI yang terkini tren-tren desain UI yang terkini Bahan Kajian : Karakteristik GUI dan Web UI Interaction Framework Interaction Style Karakteristik GUI dan Web UI Tujuan Setelah mengikuti materi ini mahasiswa dapat: 1. Memahami dan menerapkan perbedaan mendasar antara GUI dan Web UI 2. Mengerti dan menerapkan prinsip-prinsip pokok di dalam mendesain aplikasi sesuai dengan kebutuhan
Course Modules
Konsep GUI dan Web UI
Pengantar IMK
Video : GUI dan WEB UI
Quiz 01
Assignment 01
Forum Diskusi 01
Forum Responsi 01
User Centered Design Bahan Kajian Metode Perancangan User Interface User Center Design Tujuan Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa Mampu menjelaskan dan mengimplementasikan metode dalam Merancang User Interface Source image : http://www.n-solut.de/service/user-interface-design.php lang=en
Course Modules
Quiz 02
User Centered Design
Assignment 02
Forum Diskusi 02
Forum Responsi 02
Bahan Kajian : Proses Desain UI Step 1 Memahami Pengguna/ Klien: Mengenali Pengguna Karakteristik Pengguna Tujuan Setelah mengikuti materi ini mahasiswa dapat: Memahami pentingnya mengenal pengguna dari aplikasi yang akan dibangun sebagai dasar untuk merancang antarmuka perangkat lunak Mengerti dan menerapkan setiap karakteristik pengguna dalam merancang antarmuka perangkat lunak
Course Modules
Step 1 Know User
Forum Diskusi 03
Forum Responsi 03
Quiz 03
Slide Step 1 Know User
Bahan Kajian Proses Desain UI Step 2 Memahami Fungsi Bisnis: Definisi bisnis dan analisis kebutuhan. Menentukan fungsi-fungsi bisnis dasar. Desain standar atau panduan gaya (style guide). Kebutuhan pelatihan dan dokumentasi sistem. Tujuan Setelah mengikuti materi ini mahasiswa dapat: Memahami pentingnya mengetahui fungsi bisnis berdasarkan user experience sebagai acuan dalam merancang antarmuka perangkat lunak. Mengerti dan menerapkan setiap tahapan dalam mengidentifikasi alur kerja setiap task berdasarkan user experience.
Course Modules
Memahami Fungsi Bisnis
Video : Memahami Fungsi Bisnis
Forum Diskusi 04
Forum Responsi 04
Quiz 04
Assignment 04
Slide Step 2 Memahami Fungsi Bisnis
Bahan Kajian Proses Desain UI Step 3 Memahami prinsip-prinsip desain UI dan layar yang baik: 3 prinsip dasar UI Panduan perancangan antarmuka Tujuan Setelah mengikuti materi ini mahasiswa dapat: Memahami prinsip design interaksi. Menerapkan prinsip design interaksi dalam merancang antarmuka perangkat lunak untuk menghasilkan antarmuka perangkat lunak yang baik. Bahan Kajian Proses Desain UI Step 4 Membangun menu sistem dan skema navigasi: Struktur dan fungsi menu Isi menu Format menu Penyusunan frase dalam menu Penentuan pilihan-pilihan menu Navigasi website Jenis-jenis menu grafis Tujuan Setelah mengikuti materi ini mahasiswa /i dapat mengerti komponen-komponen dalam membangun menu sistem dan skema navigasi dalam desain UI
Course Modules
Step 3 Memahami prinsip-prinsip desain UI
Step 4 Membangun menu sistem dan skema
Slide Step 3 Slide Memahami Prinsip Dasar UI
Forum Disukusi 05
Forum Responsi 05
Bahan Kajian Proses Desain UI Step 5 Memilih tipe windows yang tepat: Karakteristik windows Komponen-komponen sebuah windows Gaya penampilan windows Tipe-tipe windows Pengaturan fungsi windows Web dan browser Tujuan Setelah mengikuti materi ini Mahasiswa/i dapat memilih kontrol layar yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Bahan Kajian Proses Desain UI Step 6 Memilih perangkat interaksi yang tepat: Perangkat input Perangkat output Tujuan Setelah mengikuti materi ini Mahasiswa/i dapat memilih perangkat interaksi yang tepat dalam desain UI.
Course Modules
Slide Step 5 Select the Proper Kinds of WindowsNew
Step 5 Memilih tipe windows yang tepat
Step 6 Memilih perangkat interaksi yang tepat
Forum Diskusi 05
Forum Responsi 06
Bahan Kajian Proses Desain UI Step 7 Memilih screen-based controls yang tepat: Operable controls Text entry/ read-only controls Selection controls Other operable controls Custom controls Presentation controls Memilih kontrol yang tepat Tujuan Setelah mengikuti materi ini Mahasiswa/i dapat memilih kontrol layar yang tepat sesuai dengan kebutuhan
Course Modules
Slide Step 7 Proper controls
Step 7 Memilih screen-based controls yang tepat
Forum Diskusi 07
Forum Responsi 07
Bahan Kajian Proses Desain UI Step 8 Menuliskan teks dan pesan dengan jelas: Kata, kalimat, pesan, dan teks Isi dan teks dalam halaman web Tujuan Setelah mengikuti materi ini Mahasiswa/i dapat memahami penulisan teks dan pesan yang jelas dalam desain UI. Bahan Kajian Proses Desain UI Step 9 Memberikan feedback, guidance, dan assistance dengan efektif: Menyediakan feedback dengan tepat Guidance dan assistance Tujuan Setelah mengikuti materi ini Mahasiswa/i dapat memahami konsep pemberian umpan balik, panduan, dan tuntunan yang efektif dalam desain UI.
Course Modules
Slide Step 8 ÔÇô Clear Text and Messages
Step 8 Menuliskan teks dan pesan dengan jelas
Step 9 Memberikan feedback, guidance, dan assistance dengan efektif
Bahan Kajian Proses Desain UI Step 10 Menerapkan internasionalisasi dan aksesibilitas: Pertimbangan internasional Aksesibilitas Tujuan Setelah mengikuti materi ini Mahasiswa/i dapat memahami internasionalisasi dan aksesibilitas dalam desain UI.
Course Modules
Slide Step 10 Internasionalization and Accessibility
Step 10 Menerapkan internasionalisasi dan aksesibilitas
Pengerjaan Tugas Besar dilakukan perkelompok (satu kelompok 4-5 orang) Buatlah rancangan antarmuka pengguna berupa prototype aplikasi berbasis website untuk menyelesaikan masalah yang ada pada lingkungan kampus Gunakan tahap proses perancangan antarmuka pengguna (User Interface/UI) untuk pembuatannya Tools yang digunakan untuk pembuatan prototype aplikasi bebas TIMELINE Pengerjaan Tugas Besar: source image : freepik.com
Course Modules
Review Project 1
Review Project 2
Template Tugas Besar
Bahan Kajian : Pengenalan IMK Definisi UI dan UX Pentingnya desain UI yang baik Sejarah singkat IMK Tujuan : Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat dapat: Memahami pentingnya User Interface (UI) serta karakteristik UI yang tepat untuk setiap aplikasi. Mengerti dan menerapkan proses desain UI untuk menghasilkan UI yang berkualitas dan menerapkan proses desain UI untuk menghasilkan UI yang berkualitas. Mengetahui dan menerapkan tren-tren desain UI yang terkini tren-tren desain UI yang terkini
Course Modules
Slide Pengantar IMK
Bahan Kajian Karakteristik GUI dan Web UI Interaction Framework Interaction Style Karakteristik GUI dan Web UI Tujuan Setelah mengikuti materi ini mahasiswa dapat: Memahami dan menerapkan perbedaan mendasar antara GUI dan Web UI Mengerti dan menerapkan prinsip-prinsip pokok di dalam mendesain aplikasi sesuai dengan kebutuhan
Course Modules
Slide Konsep GUI dan Web UI
Bahan Kajian Proses Desain UI Step 4 Membangun menu sistem dan skema navigasi: Struktur dan fungsi menu Isi menu Format menu Penyusunan frase dalam menu Penentuan pilihan-pilihan menu Navigasi website Jenis-jenis menu grafis Tujuan Setelah mengikuti materi ini mahasiswa /i dapat mengerti komponen-komponen dalam membangun menu sistem dan skema navigasi dalam desain UI
Course Modules
Slide Step 4 Developing Menu
Bahan Kajian Proses Desain UI Step 6 Memilih perangkat interaksi yang tepat: Perangkat input Perangkat output Tujuan Setelah mengikuti materi ini Mahasiswa/i dapat memilih perangkat interaksi yang tepat dalam desain UI
Course Modules
Slide Step 6 Select the proper interaction device
Bahan Kajian Proses Desain UI Step 9 Memberikan feedback, guidance, dan assistance dengan efektif: Menyediakan feedback dengan tepat Guidance dan assistance Tujuan Setelah mengikuti materi ini Mahasiswa/i dapat memahami konsep pemberian umpan balik, panduan, dan tuntunan yang efektif dalam desain UI.
Course Modules
Slide Step 9 Provide Effective Feedback
Bahan Kajian Proses Desain UI Step 11 & 12 Menggunakan Graphics, Icons, Images & Warna: Icons & graphics Multimedia Penggunaan warna Masalah yang mungkin muncul dengan warna Warna dan penglihatan manusia Pemilihan warna Penggunaan warna yang harus dihindari Tujuan Setelah mengikuti materi ini Mahasiswa/i dapat mengetahui penggunaan grafik, ikon, gambar dan warna yang bermakna dalam desain UI
Course Modules
Slide Step 11,12 Icon Graphics-editted
Bahan Kajian Proses Desain UI Step 13 Pengorganisasian dan Penyusunan layout windows dan halaman: Pengorganisasian dan penyusunan layout layar Contoh layar Tujuan Setelah mengikuti materi ini Mahasiswa/i dapat memahami cara pengorganisasian windows dan halaman dalam desain UI
Course Modules
Slide Step 13 Organize and Layout Windows and Pages
Bahan Kajian Desain UI berbasis web dan perangkat bergerak: Web dan perangkat bergerak Pemilihan teknologi aplikasi Prinsip desain web dan mobile Pola desain UI web dan mobile Tujuan Setelah mengikuti materi ini Mahasiswa/i dapat memahami konsep desain UI berbasis web dan perangkat bergerak.
Course Modules
Slide Web Based UI
Slide Mobile Device UI
Bahan Kajian Perencanaan aliran menu Kebutuhan teknis dan trik Penggunaan animasi Pembuatan mockup yang interaktif Tujuan Setelah mengikuti materi ini Mahasiswa/i dapat mengenal tren desain antarmuka game.
Course Modules
Silde Game Interface Design
Bahan Kajian Proses Desain UI Step 14 Testing: Evaluasi Usability Evaluasi Heuristik Walk-through Web Accessibility Usability Testing Tujuan Setelah mengikuti materi ini Mahasiswa/i dapat memahami konsep pengujian dalam desain UI dan cara mengukur UI
Course Modules
Slide Step14-Testing
Video : Pengujian
PERKULIAHAN MINGGU PERTAMA Bahan Kajian : Pengenalan IMK Definisi UI dan UX Pentingnya desain UI yang baik Sejarah singkat IMK Tujuan Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat dapat: 1. Memahami pentingnya User Interface (UI) serta karakteristik UI yang tepat untuk setiap aplikasi. 2. Mengerti dan menerapkan proses desain UI untuk menghasilkan UI yang berkualitas dan menerapkan proses desain UI untuk menghasilkan UI yang berkualitas. 3. Mengetahui dan menerapkan tren-tren desain UI yang terkini tren-tren desain UI yang terkini Bahan Kajian : Karakteristik GUI dan Web UI Interaction Framework Interaction Style Karakteristik GUI dan Web UI Tujuan Setelah mengikuti materi ini mahasiswa dapat: 1. Memahami dan menerapkan perbedaan mendasar antara GUI dan Web UI 2. Mengerti dan menerapkan prinsip-prinsip pokok di dalam mendesain aplikasi sesuai dengan kebutuhan
Course Modules