Disusun oleh : Ilhamsyah, M.Ds Sonson Nurusholih, M.Sn S1 - Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Industri Kreatif Universitas Telkom Secangkir Teh Hangat Selamat datang di kuliah daring Mata Kuliah New Media Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV). Kuliah daring ini dibuka untuk mahasiswa non DKV Universitas Telkom yang berminat untuk menambah wawasan keilmuan dan pengetahuan khususnya pada bidang desain. Peserta kuliah daring ini diharapkan memiliki pengetahuan yang cukup dalam menganalisis dan mampu merancang suatu kegiatan komunikasi visual. Harapannya, ilmu dan pengetahuan yang diperoleh dari perkuliahan daring ini dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan di implementasikan dalam dunia industri kreatif. Selamat mengikuti perkuliahan ini! Berikut adalah biodata dari pengajar di kuliah daring ini: Nama : Ilhamsyah, S.Ds., M.Ds. NIDN : 0429077402 Email : ilhamsyah@tcis.telkomuniversity.ac.id Alamat kerja : Program Studi DKV Fakultas Industri Kreatif, Universitas Telkom, Jl. Telekomunikasi Terusan Buah Batu Bandung 40257 Indonesia Nama : Sonson Nurusholih, S.Sn., M.Sn. NIDN : 11740901-3 Email : sonson@tcis.telkomuniversity.ac.id Alamat kerja : Program Studi DKV Fakultas Industri Kreatif, Universitas Telkom, Jl. Telekomunikasi Terusan Buah Batu Bandung 40257 Indonesia Deskripsi Mata Kuliah Mata kuliah New Media adalah matakuliah yang mempelajari fenomena perkembangan media terbaru dan implikasinya terhadap perilaku konsumen; strategi promosi suatu produk yang memanfaatkan beragam media; memahami dan mengaplikasikan tehnik komunikasi periklanan pada media terbaru. Kompetensi yang dibangun matakuliah NEW MEDIA: Mahasiswa diharapkan dapat mengikuti perkembangan media terbaru seperti internet dan mobile communication. Mahasiswa memanfaatkan ilmu Desain Komunikasi Visual yang telah dipelajari serta menerapkannya dalam kampanye menggunakan sosial media. Mahasiswa dapat menterjemahkan konsep yang digali menjadi ide kampanye yang menarik dalam New Media. Karakteristik / irisan keilmuan matakuliah NEW MEDIA: Secara umum matakuliah New Media bersinggungan dengan keilmuan yang lain seperti Ilmu Komunikasi, Sosial, Manajemen, IT, Industri Terapan. Sementara secara khusus karakterisitik keilmuan ini dipelajari di ranah ilmu Desain Komunikasi Visual karena terkait dengan aplikasi yang penerapannya memerlukan kecakapan khusus berupa ilmu desain khususnya konsentrasi Advertising. Sehingga dalam susunan matakuliah sasaran kurikulum program studi ilmu Desain Komunikasi Visual, matakuliah ini menjadi matakuliah teori utama yang menunjang rangka struktur ilmu Desain Komunikasi Visual khususnya peminatan bidang Advertising Metode: Mempelajari materi melalui sumber terlampir. Kegiatan diskusi dalam jaringan. Pembuatan tugas mandiri dalam jaringan. Pengalaman Belajar: Mencari sumber belajar lain sebagai referensi (buku / media digital) Membuat / mempraktekan sebuah perancangan komunikasi visual Penilaian Kuis : 35% Tugas : 50% Diskusi : 15% Referensi: Nasrullah, Dr. Rulli, M.Si. 2016. Sosial Media. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Moriarty, S., Mitchell, N. & Wells, W. 2011. Advertising. Jakarta: Kencana Altstiel, T., Grow, Jean. 2007. Advertising Strategy: Creative Tactic From the Outside/In. California: Sage Publications, Inc. Ries, Al., Ries, Laura. 2003. The Fall of Advertising & The Rise of PR. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama Nasrullah, Dr. Rulli, M.Si. 2014. Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Kencana Prenada Media Group. CAPAIAN Mahasiswa mampu dan menguasai perkembangan media terbaru seperti internet dan mobile communication, memanfaatkan ilmu Desain Komunikasi Visual yang telah dipelajari serta menerapkannya dalam kampanye menggunakan Sosial Media dan dapat menerjemahkan konsep yang digali menjadi ide kampanye yang menarik dalam new media. Jadwal kegiatan dan materi
Course Modules News forum
Modul Pengantar
PERTEMUAN 4, 5 DAN 6 ( STMIK BINA INSANI)