Welcome to Spada Indonesia
Courses Images
New Media
Universitas Telkom

New Media

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

SONSON NURUSHOLIH

Universitas Telkom
AREAS:
Program Studi Desain Komunikasi Visual

Course Description

Disusun oleh : Ilhamsyah, M.Ds Sonson Nurusholih, M.Sn S1 - Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Industri Kreatif Universitas Telkom Secangkir Teh Hangat Selamat datang di kuliah daring Mata Kuliah New Media Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV). Kuliah daring ini dibuka untuk mahasiswa non DKV Universitas Telkom yang berminat untuk menambah wawasan keilmuan dan pengetahuan khususnya pada bidang desain. Peserta kuliah daring ini diharapkan memiliki pengetahuan yang cukup dalam menganalisis dan mampu merancang suatu kegiatan komunikasi visual. Harapannya, ilmu dan pengetahuan yang diperoleh dari perkuliahan daring ini dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan di implementasikan dalam dunia industri kreatif. Selamat mengikuti perkuliahan ini! Berikut adalah biodata dari pengajar di kuliah daring ini: Nama : Ilhamsyah, S.Ds., M.Ds. NIDN : 0429077402 Email : ilhamsyah@tcis.telkomuniversity.ac.id Alamat kerja : Program Studi DKV Fakultas Industri Kreatif, Universitas Telkom, Jl. Telekomunikasi Terusan Buah Batu Bandung 40257 Indonesia Nama : Sonson Nurusholih, S.Sn., M.Sn. NIDN : 11740901-3 Email : sonson@tcis.telkomuniversity.ac.id Alamat kerja : Program Studi DKV Fakultas Industri Kreatif, Universitas Telkom, Jl. Telekomunikasi Terusan Buah Batu Bandung 40257 Indonesia Deskripsi Mata Kuliah Mata kuliah New Media adalah matakuliah yang mempelajari fenomena perkembangan media terbaru dan implikasinya terhadap perilaku konsumen; strategi promosi suatu produk yang memanfaatkan beragam media; memahami dan mengaplikasikan tehnik komunikasi periklanan pada media terbaru. Kompetensi yang dibangun matakuliah NEW MEDIA: Mahasiswa diharapkan dapat mengikuti perkembangan media terbaru seperti internet dan mobile communication. Mahasiswa memanfaatkan ilmu Desain Komunikasi Visual yang telah dipelajari serta menerapkannya dalam kampanye menggunakan sosial media. Mahasiswa dapat menterjemahkan konsep yang digali menjadi ide kampanye yang menarik dalam New Media. Karakteristik / irisan keilmuan matakuliah NEW MEDIA: Secara umum matakuliah New Media bersinggungan dengan keilmuan yang lain seperti Ilmu Komunikasi, Sosial, Manajemen, IT, Industri Terapan. Sementara secara khusus karakterisitik keilmuan ini dipelajari di ranah ilmu Desain Komunikasi Visual karena terkait dengan aplikasi yang penerapannya memerlukan kecakapan khusus berupa ilmu desain khususnya konsentrasi Advertising. Sehingga dalam susunan matakuliah sasaran kurikulum program studi ilmu Desain Komunikasi Visual, matakuliah ini menjadi matakuliah teori utama yang menunjang rangka struktur ilmu Desain Komunikasi Visual khususnya peminatan bidang Advertising Metode: Mempelajari materi melalui sumber terlampir. Kegiatan diskusi dalam jaringan. Pembuatan tugas mandiri dalam jaringan. Pengalaman Belajar: Mencari sumber belajar lain sebagai referensi (buku / media digital) Membuat / mempraktekan sebuah perancangan komunikasi visual Penilaian Kuis : 35% Tugas : 50% Diskusi : 15% Referensi: Nasrullah, Dr. Rulli, M.Si. 2016. Sosial Media. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Moriarty, S., Mitchell, N. & Wells, W. 2011. Advertising. Jakarta: Kencana Altstiel, T., Grow, Jean. 2007. Advertising Strategy: Creative Tactic From the Outside/In. California: Sage Publications, Inc. Ries, Al., Ries, Laura. 2003. The Fall of Advertising & The Rise of PR. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama Nasrullah, Dr. Rulli, M.Si. 2014. Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Kencana Prenada Media Group. CAPAIAN Mahasiswa mampu dan menguasai perkembangan media terbaru seperti internet dan mobile communication, memanfaatkan ilmu Desain Komunikasi Visual yang telah dipelajari serta menerapkannya dalam kampanye menggunakan Sosial Media dan dapat menerjemahkan konsep yang digali menjadi ide kampanye yang menarik dalam new media. Jadwal kegiatan dan materi

Course Syllabus

Disusun oleh : Ilhamsyah, M.Ds Sonson Nurusholih, M.Sn S1 - Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Industri Kreatif Universitas Telkom Secangkir Teh Hangat Selamat datang di kuliah daring Mata Kuliah New Media Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV). Kuliah daring ini dibuka untuk mahasiswa non DKV Universitas Telkom yang berminat untuk menambah wawasan keilmuan dan pengetahuan khususnya pada bidang desain. Peserta kuliah daring ini diharapkan memiliki pengetahuan yang cukup dalam menganalisis dan mampu merancang suatu kegiatan komunikasi visual. Harapannya, ilmu dan pengetahuan yang diperoleh dari perkuliahan daring ini dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan di implementasikan dalam dunia industri kreatif. Selamat mengikuti perkuliahan ini! Berikut adalah biodata dari pengajar di kuliah daring ini: Nama : Ilhamsyah, S.Ds., M.Ds. NIDN : 0429077402 Email : ilhamsyah@tcis.telkomuniversity.ac.id Alamat kerja : Program Studi DKV Fakultas Industri Kreatif, Universitas Telkom, Jl. Telekomunikasi Terusan Buah Batu Bandung 40257 Indonesia Nama : Sonson Nurusholih, S.Sn., M.Sn. NIDN : 11740901-3 Email : sonson@tcis.telkomuniversity.ac.id Alamat kerja : Program Studi DKV Fakultas Industri Kreatif, Universitas Telkom, Jl. Telekomunikasi Terusan Buah Batu Bandung 40257 Indonesia Deskripsi Mata Kuliah Mata kuliah New Media adalah matakuliah yang mempelajari fenomena perkembangan media terbaru dan implikasinya terhadap perilaku konsumen; strategi promosi suatu produk yang memanfaatkan beragam media; memahami dan mengaplikasikan tehnik komunikasi periklanan pada media terbaru. Kompetensi yang dibangun matakuliah NEW MEDIA: Mahasiswa diharapkan dapat mengikuti perkembangan media terbaru seperti internet dan mobile communication. Mahasiswa memanfaatkan ilmu Desain Komunikasi Visual yang telah dipelajari serta menerapkannya dalam kampanye menggunakan sosial media. Mahasiswa dapat menterjemahkan konsep yang digali menjadi ide kampanye yang menarik dalam New Media. Karakteristik / irisan keilmuan matakuliah NEW MEDIA: Secara umum matakuliah New Media bersinggungan dengan keilmuan yang lain seperti Ilmu Komunikasi, Sosial, Manajemen, IT, Industri Terapan. Sementara secara khusus karakterisitik keilmuan ini dipelajari di ranah ilmu Desain Komunikasi Visual karena terkait dengan aplikasi yang penerapannya memerlukan kecakapan khusus berupa ilmu desain khususnya konsentrasi Advertising. Sehingga dalam susunan matakuliah sasaran kurikulum program studi ilmu Desain Komunikasi Visual, matakuliah ini menjadi matakuliah teori utama yang menunjang rangka struktur ilmu Desain Komunikasi Visual khususnya peminatan bidang Advertising Metode: Mempelajari materi melalui sumber terlampir. Kegiatan diskusi dalam jaringan. Pembuatan tugas mandiri dalam jaringan. Pengalaman Belajar: Mencari sumber belajar lain sebagai referensi (buku / media digital) Membuat / mempraktekan sebuah perancangan komunikasi visual Penilaian Kuis : 35% Tugas : 50% Diskusi : 15% Referensi: Nasrullah, Dr. Rulli, M.Si. 2016. Sosial Media. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Moriarty, S., Mitchell, N. & Wells, W. 2011. Advertising. Jakarta: Kencana Altstiel, T., Grow, Jean. 2007. Advertising Strategy: Creative Tactic From the Outside/In. California: Sage Publications, Inc. Ries, Al., Ries, Laura. 2003. The Fall of Advertising & The Rise of PR. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama Nasrullah, Dr. Rulli, M.Si. 2014. Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Kencana Prenada Media Group. CAPAIAN Mahasiswa mampu dan menguasai perkembangan media terbaru seperti internet dan mobile communication, memanfaatkan ilmu Desain Komunikasi Visual yang telah dipelajari serta menerapkannya dalam kampanye menggunakan Sosial Media dan dapat menerjemahkan konsep yang digali menjadi ide kampanye yang menarik dalam new media. Jadwal kegiatan dan materi
Course Modules
News forum
Modul Pengantar
PERTEMUAN 4, 5 DAN 6 ( STMIK BINA INSANI)
e-Learning MK New Media Minggu 1 Apa Itu Desain Minggu ini akan di isi dengan materi "Apa itu desain", dengan pokok bahasan mengenai : Pengertian desain dari John Hessket: Desain is to design a design to produce design. Desain akan selalu melibatkan medium, dengan tujuan membuat hidup manusia lebih baik. Periklanan sebagai bagian dari ilmu desain selalu memanfaatkan medium sebagai alat penyampai pesannya. Mahasiswa bisa mempelajari materi (terlampir) mengenai gambaran umum mengenai desain, perbedaan dengan kriya dan kegiatan desain dalam ranah ilmu komunikasi visual dimana peran desain selalu melibatkan medium. Secara singkat : Desain merupakan sebuah proses berkelanjutan (cerita temuan roda batu berubah menjadi roda kayu hingga menjadi gerobak kuda lihat di modul pada materi minggu 1 ini), tidak ada desain/science yang murni memulai dari nol. Internet yang menghadirkan conversation, menciptakan bentuk komunikasi yang interaktif, hal ini menggeser pola penggunaan media oleh pemirsa. Secara tidak langsung perancang komunikasi periklanan harus menyusun ulang strategi media dalam eksekusinya. Iklan sebagai sebuah proses desain yang membutuhkan media sebagai alat penyampai pesan produk, harus dirancang dengan tujuan agar hidup manusia menjadi lebih baik. Selamat Mempelajari!
Course Modules
Modul 1 - Apa itu Desain
What is Design?
STMIK Bina Insani
e-Learning MK New Media Minggu 2 Perubahan Khalayak Sasaran Materi Minggu 2 akan membahas perubahan khalayak sasaran terkait perubahan teknologi komunikasi yang bersifat 2 arah (interaktif), dijelaskan pula bentuk-bentuk perubahan tersebut sehingga mempengaruhi model komunikasi massa, dengan pokok bahasan mengenai : Pengertian khalayak (audience) Model Khalayak media digital Encoding/Decoding Theory Khalayak dan komunitas berjejaring Khalayak dan strategi media digital Mahasiswa bisa mempelajari materi (terlampir) mengenai gambaran umum mengenai perubahan khalayak sasaran terkait perubahan teknologi komunikasi yang bersifat 2 arah (interaktif). Selain itu terdapat uraian mengenai apa khalayak, hubungannya dengan media, model khalayak terkait internet, serta kaitannya dengan new media. Secara singkat : Saat ini khalayak memiliki posisi yang sejajar dengan sumber informasi, karena khalayak saat ini dihadapkan pada jumlah media sangat banya dan beragam kontennya (ledakan media). Dengan kemampuan media (internet) saat ini khalayak akan dengan mudah memilih media yang benar-benar mereka inginkan dan butuhkan. Sehingga perancangan dan perencanaan media berbasis internet tidak bisa disamakan treatment-nya dengan media konvensional (televisi, koran atau radio) yang berbasis broadcast. Selamat Mempelajari!
Course Modules
Modul 2 - Perubahan Khalayak Sasaran
Forum Diskusi Pertemuan 2
e-Learning MK New Media Minggu 3 How media can blow up your product Materi Minggu 3 akan membahas mengenai bagaimana media massa bisa menyebarluaskan suatu produk komersial (how media can blow up your product). Dalam materi ini dijelaskan bagaimana keberhasilan media yang berperan mengangkat sebuah brand salah satu produk komersial. Adapun brand yang menjadi fokus pada materi adalah salah satu produk dari perusahaan Apple (iPod dan iTunes). Mahasiswa bisa mempelajari materi (terlampir) mengenai keahlian Steve Job yang sukses membangun kerajaan bisnisnya yaitu produk dengan brand Apple. Secara singkat : Awal produk brand Apple adalah perangkat komputer dengan sistem operasi yang berbeda dengan sistem operasi komputer umumnya. Kemudian Steve Job mengembangkan produk lainnya dalam bentuk gagdet (iPod) dan tentu saja dalam mengkomunikasikannya Apple punya cara tersendiri. Ada 3 kasus yang di bahas dalam materi minggu ke-3 ini yaitu: 1. iTunes : Apple menunjukan bagaimana publisitas dapat menjangkau pasar (target audien) hampir semua orang didunia. 2. Kolaborasi iPod (pemutar musik) dan Nike (sepatu) menghasilkan sinergi yang menguntungkan konsumen. 3. iPod Nano (salah satu produk khusus Apple) melakukan aliansi dengan menjadi sponsor kampanye kemanusiaan . Nah seperti apa uraiannya Silahkan lihat materi terlampir! Selamat Mempelajari!
Course Modules
Modul 3 - How media can blow up your product
Video Adv iPod Nano versi U2
e-Learning MK New Media Minggu 4 Perubahan Arah Media Materi Minggu 4 akan membahas mengenai perubahan yang sangat mendasar sedang terjadi di masyarakat Indonesia, hal ini dikarenakan masyarakat kontemporer sedang mengarungi gelombang ke-3 yaitu era teknologi informasi. Era digital saat ini mempengaruhi perilaku komunikasi masyarakat melalui informasi yang jauh lebih cepat, lebih beragam, dan lebih singkat (tidak bertahan lama). Komunikasi, seperti yang kita pahami akan selalu membutuhkan media sebagai alat pengantarnya. Sehingga dapat dikatakan perubahan pada media akan mempengaruhi model komunikasinya, begitupun sebaliknya. Bagi yang lahir di tahun 70an mengalami masa emas media televisi, dimana segala informasi bersumber dari kotak ajaib tersebut. Dan bagaimana media televisi membentuk budaya khas di era tersebut. Begitu pula di era media informasi berbasis digital, saat ini sedang membentuk sebuah budaya baru yang para ahli disebut sebagai budaya cyberspace (Nasrullah. 2014). Salah satu ciri mendasar dari media era digital adalah bentuk komunikasinya yang dua arah atau interaktif. Berbeda dengan media konvensional (televisi, koran dan radio) yang bersifat broadcast (siaran) bentuk komunikasinya satu arah, dari satu pengirim ke pemirsa yang cukup banyak. Perbedaan yang mendasar ini dapat menggambarkan begitu besarnya perubahan model komunikasi yang terjadi dimasyarakat kontemporer. Disaat sebelumnya umpan balik membutuhkan waktu yang cukup lama (melalui surat, kotak suara, atau telepon langsung), saat ini pada waktu bersamaan umpan balik dapat langsung dilakukan. Model penyebaran siaran, dari satu sumber kebanyak penerima, saat ini berubah menjadi dari satu sumber ke banyak sumber dan tersebar kebanyak sumber lagi (many to many). Bahkan lebih jauh, terjadi pertukaran sumber dan penerima informasi, pada suatu saat penerima informasi dapat berganti menjadi sumber informasi begitupun sebaliknya (Nasrullah. 2014). Nah seperti apa uraiannya Silahkan lihat materi terlampir Selamat Mempelajari!
Course Modules
Modul 4 - Perubahan Arah Media
What is Digital Media?
e-Learning MK New Media Minggu 5 Perilaku Konsumem Materi Minggu 5 akan membahas mengenai Perilaku Konsumen, dimana konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan. Konsumerisme sendiri adalah suatu gerakan sosial yang dilakukan oleh berbagai pihak yang bertujuan untuk meningkatkan posisi konsumen dalam berinteraksi dengan pihak penjual, baik sebelum, pada saat, dan setelah konsumsi dilakukan. Sedangkan hubungan perilaku dan psikologi konsumen Konsumen Indonesia adalah konsumen yang suka barang-barang murah Konsumen selalu menginginkan serba instan Konsumen Cepat tanggap terhadap masalah Lebih senang menggunakan kartu kredit dibandingkan kartu Debit Tak mengherankan jika banyak mall-mall di Indonesia memberikan diskon besar-besaran kepada pelanggan seperti Midnight Sale, Diskon Akhir Tahun, Durian Runtuh dan event-event lainnya. Selain perilaku konsumen, hal yang terpenting yang harus di ketahui adalah mengenai pemasaran digital. Pemasaran digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan. Dengan adanya ketergantungan pemasaran tanpa internet membuat bidang pemasaran digital menggabungkan elemen utama lainnya seperti ponsel, SMS (pesan teks dikirim melalui ponsel), menampilkan iklan spanduk, dan digital luar. Pada tahun 2015 dilakukan sebuah survei yang dilakukan Accenture mengungkapkan lima tren konsumen global pada tahun, yang dimuat dalam hasil riset bertajuk Digital Consumer Survey 2015. Hasil survei di 24 negara termasuk Indonesia dengan 1.000 responden per negara itu menyebutkan bahwa konsumen kini semakin cerdas memilih produk dan layanan digital sesuai kebutuhan yang semakin kompleks. Nah seperti apa uraiannya Silahkan lihat materi terlampir Selamat Mempelajari!
Course Modules
Video Animasi Minggu 5
e-Learning MK New Media Minggu 6 Viral Studi kasus Bask Cologne Materi Minggu 6 akan membahas mengenai studi kasus produk BASK for Men PT Mustika Ratu Tbk melalui Mens Divisionnya menghadirkan BASK for Men sebagai Brand Mens Personal Care dengan salah satu produknya adalah Cologne. Dalam rangka memperkenalkan kemasan yang baru (Brand Revitalization), selama beberapa bulan trakhir ini telah melakukan aktivitas marketing yang cukup unik melalui media digital yang berbentuk Viral Marketing. Dimana diciptakan karakter fiksi bernama Sarah Aprilia seorang perempuan muda yang cantik dan berprofesi sebagai guru les privat Bahasa Inggris. Nah seperti apa uraiannya Silahkan lihat materi terlampir
Course Modules
Video Animasi Modul 6