Welcome to Spada Indonesia
Courses Images

Keperawatan Keluarga 2

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

DIANITA SUGIYO

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
AREAS:
Program Studi Keperawatan

Course Description

Area Kompetensi Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Strategi Pembelajaran Latihan yang Dilakukan Assessment Waktu 1 2 3 4 5 7 8 U1, U2, U3, U4, U5, U6, U7, U8, U9 Mampu menjelaskan Family communication and social support -Jenis-jenis komunikasi -Peran komunikasi dalam keluarga -Permasalahan-permasalahan komunikasi dalam keluarga - Nursing proses terkait komunikasi dalam keluarga Konsultasi proyek inovasi berdasarkan hasil pengkajian Implementasi Proyek Inovasi dan Senam Lansia Belajar mandiri dengan literatur yang tersedia Belajar mandiri dengan literatur tambahan lain Diskusi Ikut aktif dalam proses pembelajaran Ujian MCQ 100 menit U1, U2, U3, U4, U5, U6, U7, U8, U9 Mampu mengetahui Family social support and family comunication -Pentingnya social support pada keluarga -Perbedaan social support dan netwotk -Fungsi keluarga dalam menyediakan social support Belajar mandiri dengan literatur yang tersedia Belajar mandiri dengan literatur tambahan lain Diskusi Ikut aktif dalam proses pembelajaran (ELS) Ujian MCQ 100 menit U1, U2, U3, U4, U5, U6, U7, U8, U9 Management of post-surgical patients at home with family involvement -Infeksi control paska pembedahan -Peran keluarga dalam perawatan pasien -Lingkungan rumah yang aman untuk pasien paska bedah dirumah -Nutrisi pada pasien dengan paska bedah -Aktiftas pada pasien dengan paska bedah Belajar mandiri dengan literatur yang tersedia Belajar mandiri dengan literatur tambahan lain Diskusi Ikut aktif dalam proses pembelajaran Ujian MCQ 100 menit Post-surgical management at home with elderly Small group discussion Ikut aktif dalam proses diskusi Nilai proses dan miniquiz 100 menit U1, U2, U3, U4, U5, U6, U7, U8, U9 Mampu menjelaskan Chronic diseases of lifestyle and lifestyle modification -Pengertian chronic disease -Kaitan gaya hidup dengan kejadian chronic disease -Manfaat perubahan tingkah laku pada pasien dengan chronic disease -Perubahan tingkah laku pada pasien dengan chronic disease family with chronic illness Belajar mandiri dengan literatur yang tersedia Belajar mandiri dengan literatur tambahan lain Diskusi Ikut aktif dalam proses pembelajaran Ikut aktif dalam proses diskusi Ujian MCQ 100 menit Coping strategy on family with mental health Coping strategy on family with mental health Small group discussion Ikut aktif dalam proses diskusi Nilai proses dan miniquiz 100 menit Islamic concept of caring and family nursing practice in twenty-first century Prespektif Islam terhadap permasalahan dalam keluarga Cara-cara islam dalam penyelesaian masalah dalam keluarga The changing family The future of theory, practice, and research in family nursing Kuliah On line Ikut aktif dalam proses diskusi 100 menit Prevention and management of household accidents Pengertian kecelakaan dirumah Faktor- factor penyebab kecelakaan Penyecegahan kecelakaan dirumah Rumah sehat untuk keluarga Kulaih MCQ 100 menit

Course Syllabus

Keluarga 2 Kode Mata Kuliah : NIP 365 SKS : 1 SKS Dosen: Dianita Sugiyo, Ns., MHID Email: dianita.sugiyo@umy.ac.id Deskripsi mata kuliah: Pada mata kuliah ini mahasiswa akan mempelajari permasalahan-permasalahan yang sering dijumpai di lapangan dan bagaimana mengaplikasikan nursing proses untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Mahasiswa akan memiliki wawasan tentang teori, konsep dan prinsip-prinsip asuhan keperawatan keluarga. Pemahaman terhadap konsep keluarga merupakan dasar dalam memberikan asuhan keperawatan (askep) keluarga. TUJUAN: Setelah mengikuti perkuliahan keperawatan Keluarga ini, mahasiswa selanjutnya diharapkan akan mampu melakukan pengkajian keluarga sesuai konsep yang ada, merumuskan dan menetapkan diagnosa keperawatan keluarga, membuat perencanaan keperawatan keluarga, melakukan intervensi keperawatan keluarga. Pemberian askep berfokus pada memberdayakan keluarga, menerapkan keterampilan spesifik dalam melakukan asuhan keperawatan kepada keluarga, melakukan evaluasi asuhan keperawatan keluarga sesuai implentasi yang telah dilakukan, serta mendokumentasikan seluruh proses dan hasil asuhan keperawatan keluarga. CAPAIAN PEMBELAJARAN: Kompetensi Utama: Mampu melakukan asuhan keperawatan profesional di tatanan klinik dan komunitas (U1) Mampu menjalin hubungan interpersonal (U2) Mampu melakukan komunikasi efektif (U3) Mampu melakukan penelitian sebagai peneliti pemula (U4) Mampu melaksanakan pendidikan kesehatan (U5) Mampu menerapkan aspek etik legal dalam praktik keperawatan (U6) Kompetensi Pendukung: Mampu menginternalisasikan nilai Islam di pelayanan keperawatan (P1) Kompetensi Lainnya: Mampu mengaplikasikan teknologi informasi (L1) PETA URUTAN BAHAN AJAR (Lihat lampiran)
Course Modules
News forum
Peta Urutan Belajar
Family communication and social support Pada sesi ini, mahasiswa akan belajar tentang komunikasi pada keluarga dalam kondisi stress. Islamic value yang harus diterapkan adalah bagaimana membimbing mahasiswa untuk memberikan pola koping pada keluarga. Selain itu, mahasiswa diharuskan mengananlisis jurnal yang sudah disediakan mengenai teknik komunikasi pada keluarga. Waktu: 2 x 100 menit
Course Modules
Family communication during stress
Family communication journal
Family Nursing care in Management of post-surgical patients at home with family involvement and urban setting Pada sesi ini mahasiswa akan belajar tentang: -Peran keluarga dalam perawatan pasien -Lingkungan rumah yang aman untuk pasien paska bedah dirumah Instruksi: Mahasiswa menelaah jurnal terkait untuk memahami peran keluarga pada pasien paska operasi Source:https://www.rcn.org.uk/__data/assets/pdf_file/0010/78508/004_463.pdf Waktu: 100 menit
Course Modules
Chronic diseases of lifestyle and lifestyle modification Mahasiswa diharapkan akan mampu memahami: -Kaitan gaya hidup dengan kejadian chronic disease -Manfaat perubahan tingkah laku pada pasien dengan chronic disease Instruksi: Mahasiswa mengakses Literatur berikut:http://www.cdc.gov/nutrition/downloads/r2p_life_change.pdf Kemudian mahasiswa mendiskusikan materi pada teleconference pada tanggal: Tanggal : 8 September 2015 Waktu : 10.00 wib Waktu: 100 menit
Course Modules
Coping strategy on family with mental health Setelah mengikuti sesi ini, mahasiswa diharapkan akan memahami strategi koping pada keluarga dengan anggota keluarga yang mengalami gangguan mental Instruksi: 1. Mahasiswa menyaksikan short video dengan title "Help dealing with anxiety: Mental health with Kati Morton" melalui link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=gr7MjaJbh9M 2. Mahasiswa menjelaskan masalah yang terjadi 3. Mahasiswa mendiskusikan koping yang diambil 4. Diskusi tersebut diposting dalam forum yang sudah disediakan Waktu: 100 menit
Course Modules
Forum diskusi sesi 5
Islamic concept of caring. Sesi ini mencakup: Prespektif Islam terhadap permasalahan dalam keluarga Cara-cara islam dalam penyelesaian masalah dalam keluarga The changing family Instruksi: 1. Mahasiswa mempelajari bahan ajar melalui link berikut: http://www.isna.ca/downloads/misc/Services_for_the_Sick/5._Palliative_Care_Islamic_Perspectives_2_1.pdf 2. Mahasiswa mendiskusikan topik jurnal tersebut melalui forum yang disediakan Waktu: 100 menit
Course Modules
Forum diskusi sesi 6
Prevention and management of household accidents Mahasiswa akan mempelajari: Pengertian kecelakaan dirumah Faktor- factor penyebab kecelakaan Penyecegahan kecelakaan dirumah Rumah sehat untuk keluarga Instruksi: Mahasiswa menyaksikan video melalui link berikut: 1.https://www.youtube.com/watch?v=Wto9CnJ0jXs (Preventing the 5 most fatal home accidents) 2.https://www.youtube.com/watch?v=6JMn7gguZng (Preventing accidents at home) 3. Mahasiswa mendiskusikan aplikasi video tersebut pada family nursing care 4. Diskusi dalam forum yang sudah disediakan Waktu : 100 menit
Course Modules
Forum Diskusi sesi 7
14 Oktober 2013 by Nunuk Sp., S.Kp., Mkes.
Course Modules