02 May 2018

Menristekdikti Peringati Hari Pendidikan Nasional 2018 di Unpad Bandung

Jatinangor, 1 Mei 2018.  Universitas Padjadjaran menjadi tuan rumah puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) 2018. Acara yang  diawali dengan Upacara Bendera pada Rabu, 2 Mei 2018 pukul 08.00 WIB ini mengangkat tema “Membumikan Pendidikan Tinggi, Meninggikan Kualitas Sumber Daya Manusia  Indonesia” akan dipusatkan di Kampus Iwa Koesoemasoemantri Universitas Padjadjaran Jl. Dipati Ukur No. 35 Bandung.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Prof. Dr. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak. akan hadir sebagai Pembina Upacara. Upacara direncanakan akan dihadiri oleh para pejabat di lingkungan Kemenristekdikti, Rektor ITB, Unpad, UPI, ISBI, Unsil dan Unsika, pimpinan dan karyawan di lingkungan Kopertis IV  Jawa Barat, pimpinan, dosen, karyawan dan mahasiswa di lingkungan Unpad serta penerima Satyalancana Karya Satya.

Pada peringatan Hardiknas kali ini, Kemenristekdikti secara khusus mengusung sub tema “Membumikan Pendidikan Tinggi, Meninggikan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia”, dari tema nasional, yakni “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan” yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Pemilihan tema ini dilatarbelakangi oleh misi Kemenristekdikti untuk menjadikan pendidikan tinggi sebagai agenda publik. Oleh sebab itu, kegiatan yang digelar pun melibatkan berbagai elemen masyarakat, dari mulai mahasiswa, akademisi, peneliti, komunitas, hingga masyarakat umum.

Pada hari yang sama akan dilakukan peluncuran dua program unggulan dalam mengantisipasi era komunikasi digital. Program pertama adalah program unggulan dari Kemenristekdikti,  SPADA-IdREN yaitu platform kolaborasi antar Perguruan Tinggi dalam kegiatan pembelajaran daring, penelitian, dan pemanfaatan bersama sumber daya maupun konten yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Kemenristekdikti. Selanjutnya akan diluncurkan  program yang diinisiasi oleh Unpad yaitu program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) suatu program bagi peserta didik yang secara geografis dan waktu tidak memungkinkan untuk melakukan pembelajaran di kampus Unpad.

Program dari Kemenristekdikti dan Unpad ini akan disampaikan dalam Press Conference besok setelah Upacara Hardiknas di Executive Lounge Gd.Rektorat Unpad Jl. Dipati Ukur 35 Bandung.

Hardiknas Kemenristekdikti 2018 juga mengangkat isu nasional yang diimplementasikan melalui Pameran Foto dan Poster Penelitian terkait Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum dan Sarasehan “Sumbangsih Pendidikan Tinggi untuk Mewujudkan Citarum Harum” pada tanggal 3 Mei 2018 di Grha Sanusi Hardjadinata Universitas Padjadjaran yang rencananya akan dihadiri oleh Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan.

Sesuai dengan konsep Kemenristekdikti,  Momen Hardiknas 2018 ini diharapkan  dapat dimanfaatkan sebagai sarana desiminasi program dan kebijakan pembangunan pendidikan tinggi pemerintah. Selain itu  harus mampu meningkatkan partisipasi dan perhatian publik terhadap pembangunan pendidikan tinggi dan sebagai sarana edukasi publik tentang visi dan fungsi pendidikan tinggi yang tidak hanya sebagai jenjang pendidikan tinggi namun juga sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, inovasi dan solusi permasalahan bangsa serta sebagai sarana menuangkan visi dan misi serta agenda kebijakan Kemenristekdikti.

 

Sumber: http://belmawa.kemdikbud.go.id/2018/05/02/menristekdikti-peringati-hari-pendidikan-nasional-2018-di-unpad-bandung/

Share on: