Welcome to Spada Indonesia
Courses Images

APRESIASI SENI DAN DESAIN

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

DEVANNY

Universitas Pelita Harapan
AREAS:
Program Studi Desain Produk

Course Description

Materi Pengantar perkuliahan : capaian pembelajaran, sistem komunitasi dosen dan mahasiswa Rutinitas berpikir : Melihat, Berpikir, Bertanya, Meriset dan Berargumen Metode menulis catatan aktif melalui mural Capaian Pembelajaran Mahasiswa mampu menjelaskan rutinitas berpikir kritis (Melihat, Berpikir, Bertanya, Meriset dan Berargumen) Mahasiswa mampu mencatat aktif bahan ajar

Course Syllabus


Course Modules
Announcements
Materi Pengantar perkuliahan : capaian pembelajaran, sistem komunitasi dosen dan mahasiswa Rutinitas berpikir : Melihat, Berpikir, Bertanya, Meriset dan Berargumen Metode menulis catatan aktif melalui mural Capaian Pembelajaran Mahasiswa mampu menjelaskan rutinitas berpikir kritis (Melihat, Berpikir, Bertanya, Meriset dan Berargumen) Mahasiswa mampu mencatat aktif bahan ajar
Course Modules
Perkenalan 
Apa itu metode mencatat aktif? 
Apa itu melihat lebih lambat? 
Apa itu rutinitas berpikir kritis? 
Tulis catatan aktif minggu 1 disini 
Kerjakan kuis 1
Materi : Lukisan seni abstrak di tahun 1911-1913 http:// Open www.easyzoom.com Capaian Pembelajaran : Mahasiswa mampu mengobservasi karya seni abstrak dengan seksama (melihat) Mahasiswa melatih imajinasi dalam berpikir kritis Mahasiswa mampu membuat catatan aktif dari materi ajar
Course Modules
Bagaimana melihat lukisan abstrak? (part 1)
Bagaimana melihat lukisan abstrak? (part 2)
Tulis catatan aktif minggu 2 disini 
Materi : Lukisan seni abstrak di tahun 1911-1913 Capaian pembelajaran : Mahasiswa mampu bernalar secara logis makna dari simbol - simbol yang ada di karya seni abstrak yang diamati (Berpikir) Mahasiswa mampu membuat kalimat tanya yang analitis tentang karya seni abstrak yang diamati (Bertanya) Mahasiswa mampu membuat catatan aktif dari materi ajar
Course Modules
Bagaimana memikirkan tentang karya seni ? &nb...
Bagaimana bertanya tentang karya seni ? 
Tulis catatan aktif minggu 3 disini 
Materi: Lukisan seni abstrak di tahun 1911-1913 Capaian Pembelajaran: Mahasiswa mampu menganalisis karya seni lebih mendalam melalui riset Mahasiswa mampu memberi argumentasi karya seni dengan bukti (Argumen) Mahasiswa mampu membuat catatan aktif dari materi ajar
Course Modules
Bagaimana meriset tentang karya seni ? 
Bagaimana membuat argumen tentang karya seni ?&nbs...
Tulis catatan aktif minggu 4 disini 
Kerjakan kuis 2
Materi : Lukisan Gaya Romantisime di tahun 1857 http:// Open www.easyzoom.com Capaian Pembelajaran : Mahasiswa mampu mengobservasi karya seni gaya romanticisme dengan seksama (melihat) Mahasiswa mampu membuat catatan aktif dari materi ajar
Course Modules
Unggah Catatan Aktif minggu 5
Bagaimana melihat lukisan beraliran Romantisisme ?...
Bagaimana melihat lukisan beraliran Romantisisme ?...
Tulis catatan aktif minggu 5 disini 
Materi : Lukisan Gaya Romantisime di tahun 1857 Capaian Pembelajaran : Mahasiswa mampu bernalar secara logis makna dari karya seni aliran romantisisme yang diamati (Think) Mahasiswa mampu membuat kalimat tanya yang analitis tentang seni aliran romantisisme yang diamati (Bertanya) Mahasiswa mampu mencatat aktif bahan ajar
Course Modules
Bagaimana memikirkan tentang apa yang sudah diliha...
Bagaimana bertanya tentang karya seni ? 
Tulis catatan aktif minggu 6 disini ...
Materi : Lukisan Gaya Romantisime di tahun 1857 Capaian Pembelarajaran: Mahasiswa mampu menganalisis seni aliran romantisisme lebih mendalam melalui riset Mahasiswa mampu memberi argumentasi seni aliran romantisisme dengan bukti (Argumen) Mahasiswa mampu mencatat aktif bahan ajar
Course Modules
Materi : Meriset karya seni aliran romantisismeCap...
Quiz 2
Tulis catatan aktif minggu 7 disini 
Kerjakan Kuis 3
Capaian pembelajaran: Mahasiswa mampu membandingkan dua karya seni aliran romantisime Lukisan Penangkapan Pangeran Diponegoro Karya Nicholas Pineman tahun 1835 (Kiri) Lukisan Penangkapan Pangeran Diponegoro Karya Raden Saleh tahun 1857 (Kanan) Youtube Lukisan Open www.easyzoom.com Soal UTS Buatlah rekaman video presentasi maksimal 10 menit membandingkan 2 karya seni beraliran romantisisme yaitu Raden Saleh dan Nicholas Pieneman tentang penangkapan pangeran Diponegoro melalui urutan berpikir kritis : melihat, berpikir, bertanya, meriset dan berargumen. Lakukan pembahasan dua karya secara bersamaan dengan konten sbb: Konten bahasan melihat : mengidentifikasi simbol2x yang sama dan yang berbeda dari dua karya Konten bahasan berpikir : menginterpretasi makna dari kedua karya dengan menghubungkan simbol2x yang dilihat Konten bahasan bertanya : bertanya untuk memperdalam interpretasi yang sudah dilakukan tentang kedua karya Konten bahasan meriset : menginvestigasi konteks dimana dan tahun dibuatnya kedua karya, serta latar belakang dari kedua pelukis Konten bahasan berargumen : membuat klaim tentang dua karya yang logis dan memberikan perspektif baru Selamat mengerjakan !!!
Course Modules
Unggah tugas UTS mu disini
Label
Handout UTS
Materi : Karya desain di tahun 1985 http:// Open www.easyzoom.com http:// Open www.easyzoom.com http:// Open www.easyzoom.com Capaian pembelajaran : Mahasiswa mampu mengobservasi karya desain dengan seksama (melihat) Mahasiswa mampu bernalar secara logis makna dari elemen - elemen yang ada di karya desain yang diamati (berpikir) Mahasiswa mampu membuat catatan aktif dari materi ajar
Course Modules
Bagaimana melihat suatu karya desain? 
Bagaimana berpikir tentang suatu karya desain?&nbs...
Berpikir karya desain 1 :
Tulis catatan aktif minggu 9 disini 
Materi: Karya desain di tahun 1985 Capaian Pembelajaran: Mahasiswa mampu membuat kalimat tanya yang analitis tentang karya desain yang diamati (Bertanya) Mahasiswa mampu menganalisis karya desain lebih mendalam melalui riset Mahasiswa mampu membuat catatan aktif dari materi ajar
Course Modules
Bagaimana bertanya tentang suatu karya desain?
Bagaimana meriset tentang suatu karya desain?
Tulis catatan aktif minggu 10 disini  ...
Materi : Karya desain di tahun 1985 Capaian Pembelajaran : Mahasiswa mampu memberi argumentasi karya desain dengan bukti (Argumen) Mahasiswa mampu membuat catatan aktif dari materi ajar Bagaimana membuat argumen tentang suatu karya desain? Youtube
Course Modules
Quiz 3
Tulis catatan aktif minggu 11 disini  ...
Kerjakan kuis 4
Materi : Karya desain di tahun 1993 http:// Open www.easyzoom.com http:// Open www.easyzoom.com Capaian pembelajaran: Mahasiswa mampu mengobservasi karya desain dengan seksama (melihat) Mahasiswa mampu bernalar secara logis makna dari elemen - elemen yang ada di karya desain yang diamati (berpikir) Mahasiswa mampu membuat catatan aktif dari materi ajar
Course Modules
Bagaimana melihat suatu karya desain yang lebih ab...
Bagaimana berpikir tentang suatu karya desain yang...
Tulis catatan aktif minggu 12 disini  ...
Materi : Karya desain di tahun 1993 Capaian pembelajaran: Mahasiswa mampu membuat kalimat tanya yang analitis tentang karya desain yang diamati (bertanya) Mahasiswa mampu menganalisis karya desain lebih mendalam melalui riset Mahasiswa mampu membuat catatan aktif dari materi ajar Bagaimana bertanya tentang karya desain yang lebih abstrak? Youtube
Course Modules
Bagaimana meriset tentang karya desain yang lebih ...
Tulis catatan aktif minggu 13 disini  ...
Materi : Karya desain di tahun 1993 Capaian pembelajaran: Mahasiswa mampu memberi argumentasi karya desain dengan bukti (Argumen) Mahasiswa mampu membuat catatan aktif dari materi ajar Bagaimana membuat Argumen tentang karya desain yang lebih abstrak? Youtube
Course Modules
Tulis catatan aktif minggu 14 disini  ...
Kerjakan kuis 5
Materi : Penutup Capaian Pembelajaran: Mahasiswa mampu menjelaskan intisari rutinitas berpikir : melihat, berpikir, bertanya, meriset, dan argumen Mahasiswa mampu membuat catatan aktif dari materi ajar
Course Modules
Final tips dalam rutinitas berpikir kritis !!!
Tulis catatan aktif minggu 15 disini  ...
Capaian pembelajaran : Mahasiswa mampu melakukan rutinitas berpikir kritis secara mandiri (Melihat, Berpikir, Bertanya, Meriset dan Berargumen) Mahasiswa mampu membuat karya video presentasi mengkaji karya seni dan/atau desain yang dipresentasikan melalui struktur berpikir melihat, berpikir, bertanya, riset dan argumen Soal UAS Buatlah rekaman video presentasi maksimal 10 menit membahas karya seni atau desain yang kaya akan simbol pilihanmu sendri yang dipresentasikan dengan struktur berpikir kritis : melihat, berpikir, bertanya, riset dan argumen. Konten bahasan melihat : mengidentifikasi simbol2x pada karya Konten bahasan berpikir : menginterpretasi makna karya dengan menghubungkan simbol2x yang dilihat Konten bahasan bertanya : bertanya untuk memperdalam interpretasi yang sudah dilakukan Konten bahasan meriset : menginvestigasi konteks karya dimana dan tahun karya dibuat, serta latar belakang pelukis Konten bahasan berargumen : membuat klaim tentang karya yang logis dan memberikan perspektif baru
Course Modules
Unggah video presentasi
Refleksi UAS
Soal UAS
Handout UAS