Pengantar Topik Saudara mahasiswa, pada sesi 11 ini akan mendiskusikan tentang Perencanaan, Pembelajaran dan Teknologi. Ini adalah salah satu materi inti dari anatomi isi psikologi pembelajaran. Sebagai calon guru, memahami Pembelajaran sebagai bagian dari yang harus direncanakan adalah suatu keniscayaan. Dan melaksanakan Pembelajaran yang telah direncanakan, kehadiran Teknologi adalah juga suatu Keniscayaan. Dalam diskusi kita kali ini, saya ingin kalian memahami dengan benar esensi Taksonomi Pembelajaran dengan tiga domain utama yaitu Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik. Bagi guru, merencanakan untuk mengajarkan ketiganya melalu penerapan berbagai strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa (students center learning) adalah mutlak harus dilakukan. Saat ini tidak lagi jamannya pembelajaran direncanakan dalam setting guru aktif, siswa passif (teacher center learning). Kehadiran teknologi niscaya semakin menambah keragaman guru dalam melakukan praktek pembelajaran yang inovatif, kreatif dan menyenagkan bagi siswa. Di era revolusi industri 4.0, menghadrikan TIK dalam pembelajaran menjadi suatu tuntutan dan bukan sekedar suplemen, tapi menjadi replacement (pengganti) media pembelajaran ketika diperhadapkan pada situasi pandemi covid 19 seperti sekarang. Dikondisi normal, kehadiran TIK dengan menghadirkan pembelajaran online, kombinasi (blended learning) semakin menujukkan kepekaan guru menerapkan teknologi dalam pembelajaran. Kunci dari kesuksesan guru dalam mengajar adalah merencanakan dengan baik pembelajaran, baik dalam jangka waktu tahunan, semesteran, bulanan, mingguan, dan harian dengan menghadirkan pendekatan metode pembelajaran seperti pembelajaran berbasis masalah, berbasis proyek, kooperatif learning, dan pembelajaran inovatif lainnya, semakin memudahkan guru dalam mengakomodasi sejumlah taksonomi pembelajaran Kognitif (mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi), Afektif (menerima, merespon, menilai, mengorganisasi, dan menghayati) dan Psikomotorik (meniruka, manipulasi, artikulasi, naturaisasi). Memahmi istilah ini, bagi calon guru dan guru adalah keharusan sebagai bekal pengetahuan awal sebelum memasuki lingkungan pembelajaran yang senyatanya. Capaian Pembelajaran: 1. Menjelaskan konsep perencanaan pembelajaran 2. Menjelaskan konsep pembelajaran 3. Menjelaskan Teknologi dalam pendidikan
Course Modules Web Meeting Apersepsi Perkuliahan
Bahan Bacaan Makalah dan Media PPT
Video Pembelajaran Perencanaan, Pembelajaran dan Teknologi
UPLOD TUGAS BAHAN DISKUSI KELOMPOK 3
KESIMPULAN DISKUSI
HASIL DISKUSI KELOMPOK 3