Welcome to Spada Indonesia
Courses Images
PENDIDIKAN PANCASILA
Universitas Sebelas Maret

PENDIDIKAN PANCASILA

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

WIJIANTO

Universitas Sebelas Maret
AREAS:
Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan

Course Description

Selamat datng diperkuliahan tahun 2022

Course Syllabus

Mata Kuliah: Pancasila Kode: 02203212009 Semester/ SKS: 2/ 2 Jurusan/Program Studi: Pendidikan Aktuntansi-B Dosen Pengampu: Wijianto,S.Pd.,M.Sc email: wijianto@staff.uns.ac.id
Course Modules
A. Deskrepsi mata kuliah
B. RPS (Rencana Pembelajaran Semester)
C. Perpustakaan digital
D. Telegram gruphttps://t.me/+YYyx5NZKohYxNWE1
E. Link zoom tatap mayaTopic: Kuliah Pancasila/ P ...
F. Absen
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dan urgensi Pendidikan Pancasila setelah menyimak video. 2. Mahasiswa dapat menganalisis permasalahan yang menunjukkan pentingnya mata kuliah Pendidikan Pancasila setelah mempelajari .ppt 3. Mahasiswa dapat menjelaskan tujuan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi setelah mempelajari e book. Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi konsep dan urgensi Pendidikan Pancasila tujuan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan Orientasi MK, CPMK menjelaskan tujuan pembelajaran ke-1 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW,RPS Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-1 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-1 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
1.1 Materi
1.2 Penjelasan materi
1.3 Menjawab pertanyaan
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat menjelaskan alasan diperlukannya Pancasila dalam kajian sejarah Bangsa Indonesia setelah menyimak penjelasan melalui video. 2. Mahasiswa dapat menganalisis konsep dan urgensi Pancasila dalam Arus Sejarah Bangsa Indonesia melalui diskusi pada kelas. 3. Mahasiswa dapat mengidentifikasi tantangan terhadap Pancasila dalam kehidupan Berbangsa dan Bernegara melalui diskusi pada kelas. Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Konsep dan Urgensi Pancasila dalam Arus Sejarah Bangsa Indonesia Pancasila dalam kajian sejarah Bangsa Indonesia tantangan terhadap Pancasila dalam kehidupan Berbangsa dan Bernegara Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-2 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-2 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-2 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
2.1 Materi
2.2 Penjelasan materi
2.3 Diskusi
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep negara dengan benar setelah mengikuti penjelasan melalui youtube 2. Mahasiswa dapat menganalisis unsur yang menjadi syarat mutlak bagi adanya negara dengan lengkap setelah menyimak penjelasan dosen 3. Mahasiswa dapat menganalisis tujuan negara dengan benar setelah mempelajari .ppt dan penjelasan melalui youtube 4. Mahasiswa dapat menjelaskan sumber Yuridis, Historis, Sosiologis, dan Politis tentang Pancasila sebagai Dasar Negara dengan mengisi lembar kerja LK 3. Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Pancasila Dasar Negara Republik Indonesia konsep negara tujuan negara sumber Yuridis, Historis, Sosiologis, dan Politis tentang Pancasila sebagai Dasar Negara Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-3 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-3 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-3 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
3.1 materi pertemuan ke-3
3.2 Penjelasan materi
3.3 Tugas mengisi lembar kerja
Tujuan Pembelajaran: 1. mahasiswa dapat menganalisis tantangan Pancasila sebagai dasar negara dalam bidang pemerintahan dengan berdiskusi. 2. mahasiswa dapat menganalisis tantangan Pancasila sebagai dasar negara dalam bidang kehidupan masyarakat dengan berdiskusi. Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Dinamika dan Tantangan Pancasilasebagai Dasar Negara tantangan Pancasila sebagai dasar negara dalam bidang pemerintahan tantangan Pancasila sebagai dasar negara dalam bidang kehidupan bermasyarakat Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-4 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-4 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-4 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
4.2 Pencarian Sumber:a. literatur di perpusta...
4.3 Lembar Kerja Diskusi
4.4 Upload Lembar Kerja Diskusi
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep ideologi menurut para ahli setelah menyimak penjelasan melalui youtube. 2. Mahasiswa dapat menganalisis urgensi Pancasila sebagai Ideologi Negara setelah mempelajari e book. 3. Mahasiswa dapat mengidentifikasi Sumber Historis, Sosiologis, Politis tentang Pancasila sebagai Ideologi Negara setelah mempelajari .ppt 4. Mahasiswa dapat mengevaluasi tantangan terhadap Pancasila sebagai Ideologi Negara setelah diskusi pada forum diskusi. Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan PANCASILA sebagai IDEOLOGI NEGARA konsep ideologi menurut para ahli Pancasila sebagai Ideologi Negara Sumber Historis, Sosiologis, Politis tentang Pancasila sebagai Ideologi Negara Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-5 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-5 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-5 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
5.1 Materi
5.2 Penjelasan materi
5.3 Diskusi
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat mengidentifikasi tantangan terhadap Pancasila sebagai ideologi negara dari faktor internal dengan benar ketika lembar kerja. 2. Mahasiswa dapat mengevaluasi tantangan terhadap Pancasila sebagai ideologi negara dari faktor eksternal dengan benar ketika mengisi lembar kerja. Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Tantangan Pancasila Sebagai Ideologi Negara Tantangan Pancasila Sebagai Ideologi Negara faktor internal Tantangan Pancasila Sebagai Ideologi Negara faktor eksternal Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-6 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-6 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-6 2x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat menjelaskan Konsep dan Urgensi Pancasila sebagai Sistem Etika setelah menyimak penjelasan melalui link youtube 2. Mahasiswa dapat menjelaskan urgensi Pancasila sebagai sistem etika dengan mempelajari e book 3. Mahasiswa dapat menganalisis Alasan Diperlukannya Kajian Pancasila sebagai Sistem Etika dengan berdiskusi Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Tantangan Pancasila Sebagai Ideologi Negara Tantangan Pancasila Sebagai Ideologi Negara faktor internal Tantangan Pancasila Sebagai Ideologi Negara faktor eksternal Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan mencermati tujuan pembelajaran ke-7 mengisi daftar hadir LMS,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-7 (7.2) Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-7 (7.1) 1x80 menit 3 Penutup Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut (7.3) 1x10 menit
Course Modules
UTS (Ujian Tengah Semester) Kerjakan soal terlampir pada lembar kerja terlampir. Waktu Ujian: Rabu, 20 April 2022 jam 11.15-12.45 WIB
Course Modules
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat Menelusuri Konsep dan Urgensi Pancasila sebagai Sistem Filsafat dengan benar setelah mempelajari e book 2. Mahasiswa dapat menjelaskan Urgensi Pancasila sebagai Sistem Filsafat dengan benar setelah menyimak penjelasan melalui link youtube 3. Mahasiswa dapat menganalisis Alasan Diperlukannya Kajian Pancasila sebagai Sistem Filsafat dengan benar melalui diskusi 4. Mahasiswa dapat menjelaskan Sumber Historis, Sosiologis, Politis tentang Pancasila sebagai Sistem Filsafat dengan benar melalui diskusi. Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Pancasila sebagai sistem filsafat. Pancasila sebagai sistem filsafat Alasan kajian Pancasila sebagai sistem filsafat Sumber yuridis, historis, sosiologis, politis. Tantangan Pancasila Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan mencermati tujuan pembelajaran ke-9 mengisi daftar hadir LMS,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-9 (9.2) Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-9 (9.1) 1x80 menit 3 Penutup Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut (9.3) 1x10 menit
Course Modules
Tujuan Pembelajaran: Mahasiswa dapat menjelaskan Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu setelah menyimak penjelasan melalui youtube dan tatap maya di zoom. Mahasiswa dapat menganalisis Alasan Diperlukannya Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu setelah berdiskusi Mahasiswa dapat mendeskrepsikan Sumber Historis, Sosiologis, Politis tentang Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu setelah mengkaji e book Mahasiswa dapat Membangun Argumen tentang Dinamika dan Tantangan Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu melalui tanya jawab. Mahasiswa dapat Mendeskripsikan Esensi dan Urgensi Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu dengan berdiskusi. Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu Alasan Diperlukannya Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu Sumber Historis, Sosiologis, Politis tentang Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu Dinamika dan Tantangan Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu Esensi dan Urgensi Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan mencermati tujuan pembelajaran ke-10 mengisi daftar hadir LMS,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-10 (10.2) Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-10 (10.1) 1x80 menit 3 Penutup Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
Tujuan Pembelajaran: 1. mahasiswa dapat melakukan kritik jurnal terkait pancasila dengan menelusuri jurnal melalui portal garuda 2. mahasiswa dapat melakukan kritik jurnal terkait pancasila dengan mengisi LK 11 Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Kritik jurnal 1. artikel jurnal 2. kritik jurnal Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan mencermati tujuan pembelajaran ke-11 mengisi daftar hadir LMS,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,referensi di perpustakaan digital. 1x80 menit 3 Penutup Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
Tujuan Pembelajaran: Diberikan tugas kritik jurnal mahasiswa dapat menjelaskan pengalaman belajar dengan menjawab berupa text online. Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Pengalaman kritik jurnal - Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan mencermati tujuan pembelajaran ke-12 mengisi daftar hadir LMS,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,referensi di perpustakaan digital. 1x80 menit 3 Penutup Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat mengkonstruksi hasil analisis implementasi nilai-nilai Pancasila melalui penyusunan makalah 2. Mahasiswa dapat mengevaluasi makalah tentang Pancasila dengan berdiskusi Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Makalah kelompok format makalah format ppt Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan mencermati tujuan pembelajaran ke-13 mengisi daftar hadir LMS,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,referensi di perpustakaan digital. 1x80 menit 3 Penutup Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat menyajikan hasil analisis isu aktual terkait Pancasila dengan berdiskusi 2. Mahasiswa dapat mengevaluasi makalah tentang Pancasila dengan berdiskusi. Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Makalah makalah ppt Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-14 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS, presentasi makalah LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital. 1x80 menit 3 Penutup Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
di spada UNS
Course Modules

Course Modules