Welcome to Spada Indonesia
Courses Images
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Universitas Sebelas Maret

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

WIJIANTO

Universitas Sebelas Maret
AREAS:
Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan

Course Description

Selamat datang diperkuliahan tahun 2024

Course Syllabus

Mata Kuliah: Pendidikan Kewarganegaraan Kode: 02183212008 Semester/ SKS: 1/2 Jurusan/Program Studi/Kelas: Pendidikan Sejarah/A dan B Dosen Pengampu: Wijianto,S.Pd email: wijianto@staff.uns.ac.id
Course Modules
A. Deskrepsi Mata Kuliah
B. RPS (Rencana Pembelajaran Semester)
C. Perpustakaan Digital, KLIK DI SINI
D. Telegram grup, KLIK DI SINI
E. Ruang tatap maya dengan zoom, KLIK DI SINIJoin ...
F. Absen
Capaian Pembelajaran: Menjelaskan landasan pendidikan kewarganegaraan Menjelaskan kerangka konseptual pendidikan kewarganegaraan Mengemukakan visi,misi dan tujuan pendidikan kewarganegaraan Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan kerangka konseptual pendidikan kewarganegaraan di Perguruan Tinggi landasan pendidikan kewarganegaraan kerangka konseptual pendidikan kewarganegaraan visi,misi dan tujuan pendidikan kewarganegaraan Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan Orientasi MK, CPMK menjelaskan tujuan pembelajaran ke-1 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,RPS, Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-1 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS dan referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-1 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
1.1 Materi
1.2 Penjelasan materi
1.3 Jawablah pertanyaan berikut
Capaian Pembelajaran: Menjelaskan konsep dan urgensi identitas nasional Mengidentifikasi sumber Historis, Sosiologis, Politik tentang Identitas Nasional Indonesia Menganalisis dinamika dan tantangan Identitas Nasional Indonesia Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan ESENSI DAN URGENSI IDENTITAS NASIONAL SEBAGAI SALAH SATU DETERMINAN PEMBANGUNAN BANGSA DAN KARAKTER konsep dan urgensi identitas nasional sumber Historis, Sosiologis, Politik tentang Identitas Nasional dinamika dan tantangan Identitas Nasional Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-2 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS dan Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-2 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-2 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
2.1.a. Materi
2.1.b Penjelasan materi
2.2 Diskusi Kelompok
Capaian Pembelajaran: Menjelaskan pengertian integrasi nasional menurut para ahli. Mendeskripsikan jenis-jenis integrasi nasional Mencontohkan dimensi integrasi nasional yang meliputi: 1) Integrasi politik, 2) Integrasi ekonomi, dan 3) integrasi sosial budaya Membedakan konsep integrasi dengan disintegrasi Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan INTEGRASI NASIONAL SEBAGAI SALAH SATU PARAMETER PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA pengertian integrasi nasional menurut para ahli jenis-jenis integrasi nasional dimensi integrasi nasional yang meliputi: 1) Integrasi politik, 2) Integrasi ekonomi, dan 3) integrasi sosial budaya Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-3 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS dan Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-3 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS, referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-3 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
3.1 Materi
3.2 penjelasan materi
3.3 Tugas LK.3
Capaian Pembelajaran: Menjelaskan Konsep dan Urgensi Konstitusi dalam Kehidupan Berbangsa-Negara. Menganalisis Dinamika dan Tantangan Konstitusi dalam Kehidupan. Menyimpulkan Esensi dan Urgensi Konstitusi dalam Kehidupan Berbangsa-Negara. Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan NILAI DAN NORMA KONSTITUSIONAL UUD NRI 1945 DAN KONSTITUSIONALITAS KETENTUAN PERUNDANG-UNDANGAN DI BAWAH UUD Konsep dan Urgensi Konstitusi dalam Kehidupan Berbangsa-Negara Dinamika dan Tantangan Konstitusi dalam Kehidupan Esensi dan Urgensi Konstitusi dalam Kehidupan Berbangsa-Negara Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-4 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS dan Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-4 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS, referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-4 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
4.1.a. Materi
4.1.b Pencarian sumber:a. literatur di perpus...
4.2 penjelasan materi pertemuan ke-4
4.3 Diskusi
Capaian Pembelajaran: Menjelaskan Konsep dan Urgensi Harmoni Kewajiban dan Hak Negara dan Warga Negara. Menjelaskan Sumber Historis, Sosiologis, Politik tentang Harmoni Kewajiban dan Hak Negara dan Warga Negara Indonesia. Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan HARMONI KEWAJIBAN DAN HAK NEGARA DAN WARGA NEGARA DALAM DEMOKRASI YANG BERSUMBU PADA KEDAULATAN RAKYAT DAN MUSYAWARAH UNTUK MUFAKAT Konsep dan Urgensi Harmoni Kewajiban dan Hak Negara dan Warga Negara Sumber Historis, Sosiologis, Politik tentang Harmoni Kewajiban dan Hak Negara dan Warga Negara Indonesia Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-5 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS dan Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-5 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS, referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-5 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
5.1 Materi
5.2 Penjelasan materi
5.3 Diskusi
Capaian Pembelajaran: Menganalisis dinamika dan tantangan harmoni kewajiban dan Hak Negara dan Warga Negara. Mengevaluasi pelaksanaan hak dan kewajiban negara dan warga negara. Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Dinamika dan Tantangan Harmoni Kewajiban dan Hak Negara dan Warga Negara Dinamika dan Tantangan Harmoni Kewajiban dan Hak Negara dan Warga Negara pelaksanaan hak dan kewajiban negara dan warga negara Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-6 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS dan Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-6 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS, referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-6 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
Capaian Pembelajaran: Menjelaskan Konsep dan Urgensi Demokrasi yang Bersumber dari Pancasila. Menganalisis alasan Diperlukan Demokrasi yang Bersumber dari Pancasila. Menjelaskan Sumber Historis, Sosiologis, dan Politik tentang Demokrasi yang Bersumber dari Pancasila. Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Dinamika dan Tantangan Harmoni Kewajiban dan Hak Negara dan Warga Negara Dinamika dan Tantangan Harmoni Kewajiban dan Hak Negara dan Warga Negara pelaksanaan hak dan kewajiban negara dan warga negara Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-6 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS dan Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-6 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS, referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-6 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules

Course Modules
Capaian Pembelajaran: Menjelaskan konsep dan urgensi penegakan hukum yang berkeadilan Menganalisis alasan mengapa diperlukan penegakan hukum yang berkeadilan Menjelaskan sumber historis, sosiologis, politis tentang penegakan hukum yang berkeadilan Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Dinamika historis konstitusional, sosial-politik, kultural, serta konteks kontemporer penegakan hukum yang berkeadilan. Dinamika historis konstitusional, sosial-politik, kultural penegakan hukum yang berkeadilan Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-9 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS dan Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-9 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-9 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
Capaian pembelajaran: Menjelaskan alasan diperlukannya Wawawan Nusantara. Menggali Sumber Historis, Sosiologis, dan Politik tentang Wawasan Nusantara. Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Wawasan Nusantara alasan diperlukannya Wawawan Nusantara Sumber Historis, Sosiologis, dan Politik tentang Wawasan Nusantara Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-10 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS dan Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-10 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-10 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
Capaian Pembelajaran: Menjelaskan Konsep dan Urgensi Ketahanan Nasional dan Bela Negara. Menganalisis Alasan Diperlukan Ketahanan Nasional dan Bela Negara. Menjelaskan Sumber Historis, Sosiologis, Politik tentang Ketahanan Nasional dan Bela Negara. Mengevaluasi Dinamika dan Tantangan Ketahanan Nasional dan Bela Negara. Mendeskripsikan Esensi dan Urgensi Ketahanan Nasional dan Bela Negara Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Ketahanan Nasional Ketahanan Nasional Bela Negara Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-11 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS dan Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-11 di 11.2 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-11 di 11.1 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
Capaian Pembelajaran: Menyajikan hasil analisis isu aktual kewarganegaraan. Menyusun makalah tentang kewarganegaraan. Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Makalah Templete makalah Templete ppt Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-12 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS dan Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS dan referensi di perpustakaan digital. 1x80 menit 3 Penutup Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules

Course Modules
Capaian Pembelajaran: Menyajikan hasil analisis isu aktual kewarganegaraan. Mengevaluasi makalah tentang kewarganegaraan. Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Makalah Templete makalah Templete ppt Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-14 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS dan Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS, presentasi makalah LMS dan referensi di perpustakaan digital. 1x80 menit 3 Penutup Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules

Course Modules

Course Modules