Welcome to Spada Indonesia
Courses Images
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Universitas Sebelas Maret

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

WIJIANTO

Universitas Sebelas Maret
AREAS:
Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan

Course Description

Selamat datang diperkuliahan tahun 2022.

Course Syllabus

Mata Kuliah: Pendidikan Kewarganegaraan Kode: 21145112008 Semester/ SKS: 6/ 2 Jurusan/Program Studi/Kelas: Teknik Informatika/C Dosen Pengampu: Wijianto,S.Pd email: wijianto@staff.uns.ac.id
Course Modules
A. Deskrepsi Mata Kuliah
B. RPS (Rencana Pembelajaran Semester)
C. Perpustakaan Digital, KLIK DI SINI
D. Telegram grup, KLIK DI SINI
E. Ruang tatap maya dengan zoom, KLIK DI SINIJoin ...
F. Absen
Tujuan Pembelajaran: a. Mahasiswa dapat menjelaskan landasan pendidikan kewarganegaraan dengan benar melalui tanya jawab. b. Mahasiswa dapat menjelaskan kerangka konseptual pendidikan kewarganegaraan melalui tanya jawab c. Mahasiswa dapat mengemukakan visi,misi dan tujuan pendidikan kewarganegaraan dengan menyimak penjelasan melalui youtube. Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan kerangka konseptual pendidikan kewarganegaraan di Perguruan Tinggi landasan pendidikan kewarganegaraan kerangka konseptual pendidikan kewarganegaraan visi,misi dan tujuan pendidikan kewarganegaraan Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan Orientasi MK, CPMK menjelaskan tujuan pembelajaran ke-1 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,RPS,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-1 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-1 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
1.1 Materi
1.2 Penjelasan materi
1.3 Jawablah pertanyaan berikut
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dan urgensi identitas nasional setelah menyimak penjelasan melalui youtube dan atau melalui zoom. 2. Mahasiswa dapat mengidentifikasi sumber Historis, Sosiologis, Politik tentang Identitas Nasional Indonesia melalui diskusi 3. Mahasiswa dapat menganalisis dinamika dan tantangan Identitas Nasional Indonesia melalui diskusi diskusi kelas. Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan ESENSI DAN URGENSI IDENTITAS NASIONAL SEBAGAI SALAH SATU DETERMINAN PEMBANGUNAN BANGSA DAN KARAKTER konsep dan urgensi identitas nasional sumber Historis, Sosiologis, Politik tentang Identitas Nasional dinamika dan tantangan Identitas Nasional Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-2 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-2 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-2 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
2.1.a. Materi
2.1.b Penjelasan materi
2.2 Diskusi Kelompok
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian integrasi nasional menurut para ahli dengan benar setelah menyimak penjelasan dosen melalui link youtube 2. Mahasiswa dapat mendeskripsikan jenis-jenis integrasi nasional dengan lengkap setelah mempelajari e book 3. Mahaiswa dapat mencontohkan dimensi integrasi nasional yang meliputi: 1) Integrasi politik, 2) Integrasi ekonomi, dan 3) integrasi sosial budaya dengan lengkap dengan mengisi lembar kerja LK.3 4. Mahasiswa dapat membedakan konsep integrasi dengan disintegrasi dengan benar setelah menyimak penjelasan dosen melalui link youtube. Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan INTEGRASI NASIONAL SEBAGAI SALAH SATU PARAMETER PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA pengertian integrasi nasional menurut para ahli jenis-jenis integrasi nasional dimensi integrasi nasional yang meliputi: 1) Integrasi politik, 2) Integrasi ekonomi, dan 3) integrasi sosial budaya Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-3 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-3 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-3 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
3.1 Materi
3.2 penjelasan materi
3.3 Tugas LK.3
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat menjelaskan Konsep dan Urgensi Konstitusi dalam Kehidupan Berbangsa-Negara setelah menyimak penjelasan melalui link youtube. 2. Mahasiswa dapat menganalisis Dinamika dan Tantangan Konstitusi dalam Kehidupan dengan berdiskusi pada forum diskusi. 3. Mahasiswa dapat menyimpulkan Esensi dan Urgensi Konstitusi dalam Kehidupan Berbangsa-Negara setelah mempelajari e book. Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan NILAI DAN NORMA KONSTITUSIONAL UUD NRI 1945 DAN KONSTITUSIONALITAS KETENTUAN PERUNDANG-UNDANGAN DI BAWAH UUD Konsep dan Urgensi Konstitusi dalam Kehidupan Berbangsa-Negara Dinamika dan Tantangan Konstitusi dalam Kehidupan Esensi dan Urgensi Konstitusi dalam Kehidupan Berbangsa-Negara Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-4 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-4 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-4 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
4.1.a. Materi
4.1.b Pencarian sumber:a. literatur di perpus...
4.2 penjelasan materi pertemuan ke-4
4.3 Diskusi
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat menjelaskan Konsep dan Urgensi Harmoni Kewajiban dan Hak Negara dan Warga Negara setelah mengikuti penjelasan melalui link youtube 2. Mahasiswa dapat menjelakan Sumber Historis, Sosiologis, Politik tentang Harmoni Kewajiban dan Hak Negara dan Warga Negara Indonesia dengan berdiskusi Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan HARMONI KEWAJIBAN DAN HAK NEGARA DAN WARGA NEGARA DALAM DEMOKRASI YANG BERSUMBU PADA KEDAULATAN RAKYAT DAN MUSYAWARAH UNTUK MUFAKAT Konsep dan Urgensi Harmoni Kewajiban dan Hak Negara dan Warga Negara Sumber Historis, Sosiologis, Politik tentang Harmoni Kewajiban dan Hak Negara dan Warga Negara Indonesia Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-5 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-5 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-5 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
5.1 Materi
5.2 Penjelasan materi
5.3 Diskusi
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat menganalisis dinamika dan tantangan harmoni kewajiban dan Hak Negara dan Warga Negara setelah mempelajari e book dengan mengisi lembar kerja. 2 . Mahasiswa dapat mengevaluasi pelaksanaan hak dan kewajiban negara dan warga negara dengan mengisi lembar kerja. Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Dinamika dan Tantangan Harmoni Kewajiban dan Hak Negara dan Warga Negara Dinamika dan Tantangan Harmoni Kewajiban dan Hak Negara dan Warga Negara pelaksanaan hak dan kewajiban negara dan warga negara Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-6 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-6 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-6 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat menjelaskan Konsep dan Urgensi Demokrasi yang Bersumber dari Pancasila setelah menyimak penjelasan melalui youtube 2. Mahasiswa dapat menganalisis alasan Diperlukan Demokrasi yang Bersumber dari Pancasila dengan dengan berdiskusi 3. Mahasiswa dapat menjelaskan Sumber Historis, Sosiologis, dan Politik tentang Demokrasi yang Bersumber dari Pancasila setelah mempelajari e book Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Dinamika dan Tantangan Harmoni Kewajiban dan Hak Negara dan Warga Negara Dinamika dan Tantangan Harmoni Kewajiban dan Hak Negara dan Warga Negara pelaksanaan hak dan kewajiban negara dan warga negara Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-6 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-6 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-6 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules

Course Modules
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dan urgensi penegakan hukum yang berkeadilan dengan benar setelah menyimak penjelasan melalui youtube 2. Mahasiswa dapat menganalisis alasan mengapa diperlukan penegakan hukum yang berkeadilan dengan benar melalui diskusi 3. Mahasiswa dapat menjelaskan sumber historis, sosiologis, politis tentang penegakan hukum yang berkeadilan dengan benar setelah mempelajari e book yang disediakan Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Dinamika historis konstitusional, sosial-politik, kultural, serta konteks kontemporer penegakan hukum yang berkeadilan. Dinamika historis konstitusional, sosial-politik, kultural penegakan hukum yang berkeadilan Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-9 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-9 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-9 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
Tujuan pembelajaran: 1. mahasiswa dapat menjelaskan alasan diperlukannya Wawawan Nusantara dengan benar setelah menyimak penjelasan dosen melalui link youtube 2. mahasiswa dapat menggali Sumber Historis, Sosiologis, dan Politik tentang Wawasan Nusantara dengan tepat ketika menjawab pertanyaan di LMS. Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Wawasan Nusantara alasan diperlukannya Wawawan Nusantara Sumber Historis, Sosiologis, dan Politik tentang Wawasan Nusantara Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-10 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-10 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-10 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat menjelaskan Konsep dan Urgensi Ketahanan Nasional dan Bela Negara setelah menyimak penjelasan dosen melalui youtube. 2. Mahasiswa dapat menganalisis Alasan Diperlukan Ketahanan Nasional dan Bela Negara dengan setelah mempelajari materi yang disediakan. 3. Mahasiswa dapat menjelaskan Sumber Historis, Sosiologis, Politik tentang Ketahanan Nasional dan Bela Negara dengan mempelajari e book 4. Mahasiswa dapat mengevaluasi Dinamika dan Tantangan Ketahanan Nasional dan Bela Negara dengan menjawab pertanyaan. 5. Mahasiswa dapat Mendeskripsikan Esensi dan Urgensi Ketahanan Nasional dan Bela Negara dengan menjawab pertanyaan. Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Ketahanan Nasional Ketahanan Nasional Bela Negara Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-11 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-11 di 11.2 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-11 di 11.1 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat menyajikan hasil analisis isu aktual kewarganegaraan dengan berdiskusi 2. Mahasiswa dapat menyusun makalah tentang kewarganegaraan dengan berdiskusi. Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Makalah Templete makalah Templete ppt Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-12 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital. 1x80 menit 3 Penutup Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules

Course Modules
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat menyajikan hasil analisis isu aktual kewarganegaraan dengan berdiskusi 2. Mahasiswa dapat mengevaluasi makalah tentang kewarganegaraan dengan berdiskusi. Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Makalah Templete makalah Templete ppt Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-14 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS, presentasi makalah LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital. 1x80 menit 3 Penutup Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules

Course Modules

Course Modules