Welcome to Spada Indonesia
Courses Images
PANCASILA
Universitas Sebelas Maret

PANCASILA

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

WIJIANTO

Universitas Sebelas Maret
AREAS:
Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan

Course Description

Selamat datang di perkuliahan Pancasila.

Course Syllabus

Mata Kuliah: Pancasila Kode: MAT330201 Semester/ SKS: 2/ 2 Jurusan/Program Studi: Matematika-A- F MIPA-UNS Pengampu: Wijianto,S.Pd.,M.Sc email: wijianto@staff.uns.ac.id
Course Modules
A. Deskrepsi mata kuliah
B. RPS (Rencana Pembelajaran Semester)
C. Perpustakaan digital
D. Telegram grup
E. Link zoom tatap maya
F. Absen
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dan urgensi Pendidikan Pancasila setelah menyimak video. 2. Mahasiswa dapat menganalisis permasalahan yang menunjukkan pentingnya mata kuliah Pendidikan Pancasila setelah mempelajari .ppt 3. Mahasiswa dapat menjelaskan tujuan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi setelah mempelajari e book. Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi konsep dan urgensi Pendidikan Pancasila tujuan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan Orientasi MK, CPMK menjelaskan tujuan pembelajaran ke-1 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW,RPS Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-1 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-1 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
1.1 Materi
1.2 Penjelasan materi
1.3 Menjawab pertanyaan
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat menjelaskan alasan diperlukannya Pancasila dalam kajian sejarah Bangsa Indonesia setelah menyimak penjelasan melalui video. 2. Mahasiswa dapat menganalisis konsep dan urgensi Pancasila dalam Arus Sejarah Bangsa Indonesia melalui diskusi pada kelas. 3. Mahasiswa dapat mengidentifikasi tantangan terhadap Pancasila dalam kehidupan Berbangsa dan Bernegara melalui diskusi pada kelas. Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Konsep dan Urgensi Pancasila dalam Arus Sejarah Bangsa Indonesia Pancasila dalam kajian sejarah Bangsa Indonesia tantangan terhadap Pancasila dalam kehidupan Berbangsa dan Bernegara Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-2 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-2 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-2 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
2.1 Materi
2.2 Penjelasan materi
2.3 Diskusi
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep negara dengan benar setelah mengikuti penjelasan melalui youtube 2. Mahasiswa dapat menganalisis unsur yang menjadi syarat mutlak bagi adanya negara dengan lengkap setelah menyimak penjelasan dosen 3. Mahasiswa dapat menganalisis tujuan negara dengan benar setelah mempelajari .ppt dan penjelasan melalui youtube 4. Mahasiswa dapat menjelaskan sumber Yuridis, Historis, Sosiologis, dan Politis tentang Pancasila sebagai Dasar Negara dengan mengisi lembar kerja LK 3. Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Pancasila Dasar Negara Republik Indonesia konsep negara tujuan negara sumber Yuridis, Historis, Sosiologis, dan Politis tentang Pancasila sebagai Dasar Negara Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-3 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-3 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-3 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
3.1 Materi
3.2 Penjelasan materi
3.3 Tugas mengisi lembar kerja
Tujuan Pembelajaran: 1. mahasiswa dapat menganalisis tantangan Pancasila sebagai dasar negara dalam bidang pemerintahan dengan benar melalui diskusi. 2. mahasiswa dapat menganalisis tantangan Pancasila sebagai dasar negara dalam bidang kehidupan masyarakat dengan benar melalui diskusi. Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Dinamika dan Tantangan Pancasilasebagai Dasar Negara tantangan Pancasila sebagai dasar negara dalam bidang pemerintahan tantangan Pancasila sebagai dasar negara dalam bidang kehidupan bermasyarakat Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-4 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-4 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-4 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep ideologi menurut para ahli dengan benar setelah menyimak penjelasan melalui youtube. 2. Mahasiswa dapat menganalisis urgensi Pancasila sebagai Ideologi Negara dengan benar setelah mempelajari e book. 3. Mahasiswa dapat mengidentifikasi Sumber Historis, Sosiologis, Politis tentang Pancasila sebagai Ideologi Negara dengan benar setelah mempelajari .ppt 4. Mahasiswa dapat mengevaluasi tantangan terhadap Pancasila sebagai Ideologi Negara dengan benar setelah diskusi pada forum diskusi. Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan PANCASILA sebagai IDEOLOGI NEGARA konsep ideologi menurut para ahli Pancasila sebagai Ideologi Negara Sumber Historis, Sosiologis, Politis tentang Pancasila sebagai Ideologi Negara Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-5 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-5 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-5 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat mengidentifikasi tantangan terhadap Pancasila sebagai ideologi negara dari faktor internal dengan mengisi lembar kerja 2. Mahasiswa dapat mengevaluasi tantangan terhadap Pancasila sebagai ideologi negara dari faktor eksternal dengan mengisi lembar kerja Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Tantangan Pancasila Sebagai Ideologi Negara Tantangan Pancasila Sebagai Ideologi Negara faktor internal Tantangan Pancasila Sebagai Ideologi Negara faktor eksternal Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-6 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-6 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-6 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat menjelaskan Konsep dan Urgensi Pancasila sebagai Sistem Etika setelah menyimak penjelasan melalui link youtube 2. Mahasiswa dapat menjelaskan urgensi Pancasila sebagai sistem etika dengan mempelajari e book 3. Mahasiswa dapat menganalisis Alasan Diperlukannya Kajian Pancasila sebagai Sistem Etika dengan berdiskusi Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Tantangan Pancasila Sebagai Ideologi Negara Tantangan Pancasila Sebagai Ideologi Negara faktor internal Tantangan Pancasila Sebagai Ideologi Negara faktor eksternal Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-7 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-9 (YT) Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-7 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
Pelaksanaan UTS : Rabu, 27 April 2022 Jam 10.00-12.00 WIB. Absen di ocw pada jam tersebut.
Course Modules
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat Menelusuri Konsep dan Urgensi Pancasila sebagai Sistem Filsafat dengan benar setelah mempelajari e book 2. Mahasiswa dapat menjelaskan Urgensi Pancasila sebagai Sistem Filsafat dengan benar setelah menyimak penjelasan melalui link youtube 3. Mahasiswa dapat menganalisis Alasan Diperlukannya Kajian Pancasila sebagai Sistem Filsafat dengan benar melalui diskusi 4. Mahasiswa dapat menjelaskan Sumber Historis, Sosiologis, Politis tentang Pancasila sebagai Sistem Filsafat dengan benar melalui diskusi. Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Pancasila sebagai sistem filsafat. Pancasila sebagai sistem filsafat Alasan kajian Pancasila sebagai sistem filsafat Sumber yuridis, historis, sosiologis, politis. Tantangan Pancasila Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan mencermati tujuan pembelajaran ke-9 mengisi daftar hadir LMS,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-9 (9.2) Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-9 (9.1) 1x80 menit 3 Penutup Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut (9.3) 1x10 menit
Course Modules
Tujuan Pembelajaran: Mahasiswa dapat menjelaskan Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu setelah menyimak penjelasan melalui youtube. Mahasiswa dapat menganalisis Alasan Diperlukannya Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu setelah berdiskusi Mahasiswa dapat mendeskrepsikan Sumber Historis, Sosiologis, Politis tentang Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu setelah mengkaji e book Mahasiswa dapat Membangun Argumen tentang Dinamika dan Tantangan Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu melalui tanya jawab. Mahasiswa dapat Mendeskripsikan Esensi dan Urgensi Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu dengan berdiskusi. Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu Alasan Diperlukannya Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu Sumber Historis, Sosiologis, Politis tentang Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu Dinamika dan Tantangan Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu Esensi dan Urgensi Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan mencermati tujuan pembelajaran ke-10 mengisi daftar hadir LMS,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-10 (10.2) Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-10 (10.1) 1x80 menit 3 Penutup Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
Tujuan Pembelajaran: 1. mahasiswa dapat melakukan kritik jurnal terkait pancasila dengan menelusuri jurnal melalui portal garuda 2. mahasiswa dapat melakukan kritik jurnal terkait pancasila dengan mengisi LK 11 Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Kritik jurnal 1. artikel jurnal 2. kritik jurnal Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan mencermati tujuan pembelajaran ke-11 mengisi daftar hadir LMS,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,referensi di perpustakaan digital. 1x80 menit 3 Penutup Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules

Course Modules
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat mengkonstruksi hasil analisis implementasi nilai-nilai Pancasila melalui penyusunan makalah 2. Mahasiswa dapat mengevaluasi makalah tentang Pancasila dengan berdiskusi Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Makalah kelompok format makalah format ppt Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan mencermati tujuan pembelajaran ke-13 mengisi daftar hadir LMS,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,referensi di perpustakaan digital. 1x80 menit 3 Penutup Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules

Course Modules

Course Modules

Course Modules