Welcome to Spada Indonesia
Courses Images
MANAJEMEN PEMASARAN
Universitas Telkom

MANAJEMEN PEMASARAN

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

SITI HAJAR KOMARIAH

Universitas Telkom
AREAS:
Program Studi Desain Komunikasi Visual

Course Description

IDENTITAS MATA KULIAH Mata kuliah VDH2A2 - MANAJEMEN PEMASARAN di Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual , Fakultas Industri Kreatif, merupakan salah satu mata kuliah wajib pada semester 3 Kurikulum 2016. DESKRIPSI MATA KULIAH Mata kuliah ini memberikan pemahaman mengenai kegiatan pemasaran. Dimulai dari konsep pembelian dan penjualan, keputusan pembelian serta consumer decision journey. Diharapkan mahasiswa dapat memahami manjemen pemasaran secara komprehensif melalui pembuatan marketing plan. RELEVANSI MATA KULIAH Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib Prodi namun bukan mata kuliah prasyarat. KAITAN MATA KULIAH DENGAN MATA KULIAH LAINNYA Beberapa bahasan mata kuliah Manajemen pemasaran sempat disinggung pada mata kuliah Kewirausahaan yang diambil pada semester sebelumnya. Mata kuliah ini berjumlah 2 SKS yang juga menjadi dasar untuk mata kuliah Komunikasi Pemasaran yang akan diambil pada semester berikutnya. STRUKTUR KEMAMPUAN AKHIR TAHAPAN PEMBELAJARAN POKOK BAHASAN Mata kuliah ini memiliki 6 pokok bahasan sebagai berikut: 1. Konsep Pemasaran dan Penjualan 2. Perilaku Konsumen dan Consumer Decision Journey 3. Pengaruh Pembelian 4. Segmenting, Targeting, Positioning, dan Differentiation 5. Marketing Mix: 4P 6. Marketing Mix: 3P RENCANA PEMBELAJARAN MATA KULIAH BERBASIS E-LEARNING Minggu Ke- Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan 1 Konsep Pemasaran dan Penjualan Penjualan dan Pemasaran Tipe Pasar Proses Pemasaran Manajemen Pemasaran 2 Perilaku Konsumen dan Consumer Decision Journey Perilaku Konsumen Consumer Decision Journey 3 Pengaruh Pembelian Model Perilaku Pembeli Pasar Bisnis dan Perilaku Pembelian Bisnis Tahap Pembelian dan Adopsi 4 Segmenting, Targeting, Positioning, & Differentiation Segmenting Targeting Positioning Differentiation 5 Marketing Mix #1 Product Price 1 Price 2 Place Promotion 1 6 Marketing Mix #2 Promotion 2 People Physical Evidence Process Marketing Mix- 4C DOSEN PENGAMPU Siti Hajar Komariah, S.Pd., MM Rizki Yantami Arumsari, S.Ds., MM TIPS dan TRICK MEMPELAJARI MATA KULIAH Perbanyak membaca majalah pemasaran seperti Marketeers, Mix, SWA dan artikel yang membahas tentang pemasaran. Baca dan tonton video mengenai pemasaran. INFORMASI SERTIFIKASI Sertifikasi yang berkaitan dengan mata kuliah ini dapat diperoleh melalui pelatihan yang diselenggarakan oleh MarkPlus Institute Certification Program dan MMA Center. REFERENSI MATA KULIAH Kotler, Philip. 2014. Manajemen Pemasaran-Edisi Milenium. Prenhallindo:Jakarta Kotler, Philip & Keller, Kevin L. 2014. Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas. Penerbit Erlangga:Jakarta Walker, Orville & Mullins, John. 2013. Marketing Strategy : A Decision-Focused Approach, Eighth Edition. McGraw Hill : USA. Kardes, Frank R., Cronley, Maria L., & Cline, Thomas W. 2014. Consumer Behavior. Cengage Learning Sunyoto, Danang. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran : Konsep, Strategi, dan Kasus. CAPS:Yogyakarta Sunyoto, Danang. 2015. Perilaku Konsumen dan Pemasaran : Panduan Riset Sederhana untuk Mengenali Konsumen. CAPS:Yogyakarta Rajagopal. 2010. Consumer Behavior : Global Shifts and Local Effects. Nova Science Publishers : New YorK

Course Syllabus

IDENTITAS MATA KULIAH Mata kuliah VDH2A2 - MANAJEMEN PEMASARAN di Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual , Fakultas Industri Kreatif, merupakan salah satu mata kuliah wajib pada semester 3 Kurikulum 2016. DESKRIPSI MATA KULIAH Mata kuliah ini memberikan pemahaman mengenai kegiatan pemasaran. Dimulai dari konsep pembelian dan penjualan, keputusan pembelian serta consumer decision journey. Diharapkan mahasiswa dapat memahami manjemen pemasaran secara komprehensif melalui pembuatan marketing plan. RELEVANSI MATA KULIAH Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib Prodi namun bukan mata kuliah prasyarat. KAITAN MATA KULIAH DENGAN MATA KULIAH LAINNYA Beberapa bahasan mata kuliah Manajemen pemasaran sempat disinggung pada mata kuliah Kewirausahaan yang diambil pada semester sebelumnya. Mata kuliah ini berjumlah 2 SKS yang juga menjadi dasar untuk mata kuliah Komunikasi Pemasaran yang akan diambil pada semester berikutnya. STRUKTUR KEMAMPUAN AKHIR TAHAPAN PEMBELAJARAN POKOK BAHASAN Mata kuliah ini memiliki 6 pokok bahasan sebagai berikut: 1. Konsep Pemasaran dan Penjualan 2. Perilaku Konsumen dan Consumer Decision Journey 3. Pengaruh Pembelian 4. Segmenting, Targeting, Positioning, dan Differentiation 5. Marketing Mix: 4P 6. Marketing Mix: 3P RENCANA PEMBELAJARAN MATA KULIAH BERBASIS E-LEARNING Minggu Ke- Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan 1 Konsep Pemasaran dan Penjualan Penjualan dan Pemasaran Tipe Pasar Proses Pemasaran Manajemen Pemasaran 2 Perilaku Konsumen dan Consumer Decision Journey Perilaku Konsumen Consumer Decision Journey 3 Pengaruh Pembelian Model Perilaku Pembeli Pasar Bisnis dan Perilaku Pembelian Bisnis Tahap Pembelian dan Adopsi 4 Segmenting, Targeting, Positioning, & Differentiation Segmenting Targeting Positioning Differentiation 5 Marketing Mix #1 Product Price 1 Price 2 Place Promotion 1 6 Marketing Mix #2 Promotion 2 People Physical Evidence Process Marketing Mix- 4C DOSEN PENGAMPU Siti Hajar Komariah, S.Pd., MM Rizki Yantami Arumsari, S.Ds., MM TIPS dan TRICK MEMPELAJARI MATA KULIAH Perbanyak membaca majalah pemasaran seperti Marketeers, Mix, SWA dan artikel yang membahas tentang pemasaran. Baca dan tonton video mengenai pemasaran. INFORMASI SERTIFIKASI Sertifikasi yang berkaitan dengan mata kuliah ini dapat diperoleh melalui pelatihan yang diselenggarakan oleh MarkPlus Institute Certification Program dan MMA Center. REFERENSI MATA KULIAH Kotler, Philip. 2014. Manajemen Pemasaran-Edisi Milenium. Prenhallindo:Jakarta Kotler, Philip & Keller, Kevin L. 2014. Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas. Penerbit Erlangga:Jakarta Walker, Orville & Mullins, John. 2013. Marketing Strategy : A Decision-Focused Approach, Eighth Edition. McGraw Hill : USA. Kardes, Frank R., Cronley, Maria L., & Cline, Thomas W. 2014. Consumer Behavior. Cengage Learning Sunyoto, Danang. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran : Konsep, Strategi, dan Kasus. CAPS:Yogyakarta Sunyoto, Danang. 2015. Perilaku Konsumen dan Pemasaran : Panduan Riset Sederhana untuk Mengenali Konsumen. CAPS:Yogyakarta Rajagopal. 2010. Consumer Behavior : Global Shifts and Local Effects. Nova Science Publishers : New YorK
Course Modules
Announcements
PENGUMUMAN UNTUK KEGIATAN PRESENTASI
Announcements
CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa mampu memahami pengertian pemasaran dan penjualan. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan konsep pemasaran dan konsep penjualan. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan mengenai pemasaran di abad 21. MATERI PEMBELAJARAN Penjualan dan Pemasaran Tipe Pasar Proses Pemasaran Manajemen Pemasaran
Course Modules
Quiz 01 - Konsep Pemasaran dan Penjualan
Proses Pemasaran
Lecture Notes - Konsep Pemasaran dan Penjualan
Konsep Pemasaran dan Penjualan
Manajemen Pemasaran
Assignment 01 - Konsep Pemasaran
CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan perilaku konsumen dan consumen decision journey MATERI PEMBELAJARAN Perilaku Konsumen Consumer Decision Journey
Course Modules
Quiz 02 - Perilaku Konsumen dan Consumer Decision Journey
Consumer Decision Journey
Lecture Notes - Perilaku Konsumen dan Consumer Decision Journey
Perilaku Konsumen
Consumer Decision Journey
Assignment 02 - Consumer Decision Journey
CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan perilaku konsumen dan consumen decision journey MATERI PEMBELAJARAN Model Perilaku Pembeli Pasar Bisnis dan Perilaku Pembelian Bisnis Tahap Pembelian dan Adopsi
Course Modules
Quiz 03 - Pengaruh Pembelian
Tahap Pembelian dan Adopsi
Lecture Notes - Pengaruh Pembelian
Lecture Notes - Tahap Pembelian dan Adopsi
Proses Pembelian oleh Konsumen
Assignment 03 - Pengaruh Pembelian
CAPAIAN PEMEBELAJARAN 1. kemampuan menjelaskan pengertian adopsi 2. Kemapuan menyebutkan tahapannya Adopsi MATERI PEMBELAJARAN 1. Pengertian Adopsi 2. Tahapan Adopsi
Course Modules
CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa mampu menyebutkan pengertian segmentasi Mahasiswa mampu menyebutkan pengertian targeting ,Mahasiswa mampu menyebutkan pengertian diferensiasi Mahasiswa mampu menyebutkan pengertian positioning MATERI PEMBELAJARAN Segmenting Targeting Positioning Differentiation
Course Modules
Quiz 04 - Segmenting, Targeting, Positioning, & Differentiation
Segmenting, Targeting, Positioning, & Differentiation
Lecture Notes - Segmenting
Lecture Notes - Targeting
Lecture Notes - Positioning & Differentiation
Segmenting, Targeting, and Positioning
assignment 04 - Strategy Marketing
CAPAIAN PEMBELAJARAN 1. Mahasiswa mampu memahami menjelaskan dan mendeskripsikan segmentasi, targetting, diferensiasi, dan positioning (STP 2. siswa dapat membedakan Segmenting, targeting, postioning dan differensiasi MATERI PEMBELAJARAN 1. Segmenting 2. Targeting 3. Differensiasi 4. Positioning
Course Modules
CAPAIAN PEMBELAJARAN Mampu menganalisis Segmenting, targeting, postioning dan differensiasi MATERI PEMBELAJARAN 1. Segmenting 2. targeting, 3. Postioning dan 4. differensiasi d
Course Modules
KISI-KISI UTS
TUGAS PRESENTASI
CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa mampu memahami bauran pemasaran MATERI PEMBELAJARAN Product Price Place Place Promotion people physical evidence
Course Modules
Quiz 05 7P-1
Assignment 05 - Marketing Mix 4P
MATERI MARKETING MIX
ASSIGNMENT MARKETING MIX
EXTERNAL LINK
QUIZ MARKETING MIX
CAPAIAN PEMBELAJARAN 1. kemampuan menyebutkan pengertian Produk 2. kemampuan menjelaskan macam-macam produk 3. kemampuan menjelaskan bagaimana stategi pemasaran produk MATERI PEMBELAJARA Poduct
Course Modules
Quiz 06 - 7P-2
Lecture Notes - 3P & 4C
Starbucks Marketing Mix
Assignment 06 - Marketing Mix
Lecture Notes - Product
MATERI PRODUK
EXTERNAL LINK
TUGAS 1
QUIZ PRODUK
CAPAIAN PEMBELAJARAN 1. kemampuan menyebutkan pengertian harga dan place 2. kemamapuan menjelaskan factor faktor dalam penetapan harga 3. Dapat menjelaskan bagaimana stategi penetapan harga 4. Dapat menjelaskan saluran distribusi MATERI PEMBELAJARAN 1. Price 2. Place
Course Modules
MATERI PRICE
MATERI PLACE
QUIZ PRICE
QUIZ PLACE
EVALUASI
CAPAIAN PEMBELAJARAN 1. Dapat menjelaskan pengertian people dan menyebutkan elemen dalam people 2. Dapat menjelaskan pengertian promosi dalam bauran pemsaran 3. apat menjelaskan jenis -jenis bauran promosi MATERI PEMBELAJARAN 1. People 2. Promotion
Course Modules
MATERI PROMOTION
Lecture Notes - Promotion #2
MATERI PEOPLE
Kegiatan Promosi
EXTERNAL LINK
TUGAS 2
QUIZ PROMOTION
QUIZ PEOPLE
CAPAIAN PEMBELAJARAN 1. Dapat menjelaskan penegrtian physical evidence dan penggunaannya dalam bisnis jasa 2. Dapat menjelaskan pengertian proses MATERI PEMBELAJARAN 1. Physical evidence 2. Proses
Course Modules
MATERI PHYSICAL EVIDENCE
MATERI PROSES
EXTERNAL LINK
FORUM DISKUSI
EVALUASI / TUGAS BESAR
QUIZ PHYSICAL EVIDENCE
QUIZ PROSES
CAPAIAN PEMBELAJARAN 1. mampu memahami marketing plan 2. mampu menjelaskan dan menerapkan dalam bentuk marketing plan MATERI PEMBELAJARAN 1. pengertian marketing Plan 2. menyebutkan Manfaat dan Komponen Marketing Plan
Course Modules
MARKETING PLAN PPT
CAPAIAN PEMBELAJARAN 1. mampu menjelaskan dan menerapkan dalam bentuk marketing plan 2. mampu menerapkan marketing plan dalam menyelesaikan permasalahan MATERI PEMBELAJARAN memahami marketing plan melalui pemecahan kasus dan mencari solusinya
Course Modules
MARKETING PLAN PPT

Course Modules
SOAL UTS
JAWABAN UTS MANAJEMEN PEMSARAN
UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MANAJEMEN PEMASARAN
Course Modules
UAS