IDENTITAS MATA KULIAH Mata kuliah VDH2A2 - MANAJEMEN PEMASARAN di Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual , Fakultas Industri Kreatif, merupakan salah satu mata kuliah wajib pada semester 3 Kurikulum 2016. DESKRIPSI MATA KULIAH Mata kuliah ini memberikan pemahaman mengenai kegiatan pemasaran. Dimulai dari konsep pembelian dan penjualan, keputusan pembelian serta consumer decision journey. Diharapkan mahasiswa dapat memahami manjemen pemasaran secara komprehensif melalui pembuatan marketing plan. RELEVANSI MATA KULIAH Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib Prodi namun bukan mata kuliah prasyarat. KAITAN MATA KULIAH DENGAN MATA KULIAH LAINNYA Beberapa bahasan mata kuliah Manajemen pemasaran sempat disinggung pada mata kuliah Kewirausahaan yang diambil pada semester sebelumnya. Mata kuliah ini berjumlah 2 SKS yang juga menjadi dasar untuk mata kuliah Komunikasi Pemasaran yang akan diambil pada semester berikutnya. STRUKTUR KEMAMPUAN AKHIR TAHAPAN PEMBELAJARAN POKOK BAHASAN Mata kuliah ini memiliki 6 pokok bahasan sebagai berikut: 1. Konsep Pemasaran dan Penjualan 2. Perilaku Konsumen dan Consumer Decision Journey 3. Pengaruh Pembelian 4. Segmenting, Targeting, Positioning, dan Differentiation 5. Marketing Mix: 4P 6. Marketing Mix: 3P RENCANA PEMBELAJARAN MATA KULIAH BERBASIS E-LEARNING Minggu Ke- Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan 1 Konsep Pemasaran dan Penjualan Penjualan dan Pemasaran Tipe Pasar Proses Pemasaran Manajemen Pemasaran 2 Perilaku Konsumen dan Consumer Decision Journey Perilaku Konsumen Consumer Decision Journey 3 Pengaruh Pembelian Model Perilaku Pembeli Pasar Bisnis dan Perilaku Pembelian Bisnis Tahap Pembelian dan Adopsi 4 Segmenting, Targeting, Positioning, & Differentiation Segmenting Targeting Positioning Differentiation 5 Marketing Mix #1 Product Price 1 Price 2 Place Promotion 1 6 Marketing Mix #2 Promotion 2 People Physical Evidence Process Marketing Mix- 4C DOSEN PENGAMPU Siti Hajar Komariah, S.Pd., MM Rizki Yantami Arumsari, S.Ds., MM TIPS dan TRICK MEMPELAJARI MATA KULIAH Perbanyak membaca majalah pemasaran seperti Marketeers, Mix, SWA dan artikel yang membahas tentang pemasaran. Baca dan tonton video mengenai pemasaran. INFORMASI SERTIFIKASI Sertifikasi yang berkaitan dengan mata kuliah ini dapat diperoleh melalui pelatihan yang diselenggarakan oleh MarkPlus Institute Certification Program dan MMA Center. REFERENSI MATA KULIAH Kotler, Philip. 2014. Manajemen Pemasaran-Edisi Milenium. Prenhallindo:Jakarta Kotler, Philip & Keller, Kevin L. 2014. Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas. Penerbit Erlangga:Jakarta Walker, Orville & Mullins, John. 2013. Marketing Strategy : A Decision-Focused Approach, Eighth Edition. McGraw Hill : USA. Kardes, Frank R., Cronley, Maria L., & Cline, Thomas W. 2014. Consumer Behavior. Cengage Learning Sunyoto, Danang. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran : Konsep, Strategi, dan Kasus. CAPS:Yogyakarta Sunyoto, Danang. 2015. Perilaku Konsumen dan Pemasaran : Panduan Riset Sederhana untuk Mengenali Konsumen. CAPS:Yogyakarta Rajagopal. 2010. Consumer Behavior : Global Shifts and Local Effects. Nova Science Publishers : New YorK
Course Modules Announcements
PENGUMUMAN UNTUK KEGIATAN PRESENTASI