Welcome to Spada Indonesia
Courses Images
KAPITA SELEKTA KOMUNIKASI PEMASARAN
Universitas Telkom

KAPITA SELEKTA KOMUNIKASI PEMASARAN

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

NUR ATNAN

Universitas Telkom
AREAS:
Program Studi Ilmu Komunikasi

Course Description

Identitas Mata Kuliah Mata Kuliah Kapita Selekta Komunikasi Pemasaran memiliki kode mata kuliah COH4D3. Mata kuliah ini berada pada Fakultas Komunikasi dan Bisnis, pada Program Studi Ilmu Komunikasi. Dalam struktur kurikulum tahun 2016, mata kuliah ini diajarkan di semester ganjil, tepatnya pada semester tujuh (7) dengan jumlah SKS sebanyak tiga (3). Mata kuliah ini hanya diperuntukan untuk mahasiswa tingkat empat yang mengambil konsentrasi Marketing Communication (MarCom). Mata kuliah ini sifatnya wajib untuk konsentrasi MarCom. Untuk dapat mengambil mata kuliah ini, mahasiswa dipersyaratkan lulus beberapa mata kuliah MarCom seperti Komunikasi Pemasaran Terpadu, Manajemen Periklanan, Pemasaran Humas, Penulisan Naskah Iklan, dan Riset Komunikasi Pemasaran. Profil dan Sejarah Mata Kuliah Kapita Selekta Komunikasi Pemasaran merupakan mata kuliah yang membahas dan mengkaji isu-isu kontemporer/baru/update dalam bidang marcom dan menganalisis fenomena-fenomenanya. Isu-isu yang dibahas merupakan isu-isu yang terpilih dan relevan serta penting di dunia marketing communication. Dalam rangka meningkatkan pemahaman mahasiswa, mata kuliah ini juga menyertai isu-isu dengan fenomena-fenomena sebagai contoh untuk dianalisis. Mata kuliah ini menekankan pada kemampuan membaca fenomena dan merangsang kemampuan analisis mahasiswa. Hal ini dimaksudkan untuk mendorong kebiasaan serta kemampuan problem solving, sehingga mahasiswa memilik skill yang baik saat mereka memasuki dunia kerja. Setengah semester pada mata kuliah ini dipenuhi dengan kegiatan analisis mahasiswa yaitu pada tujuh (7) pertemuan pasca ujian tengah semester. Mahasiswa sangat dituntut keaktifannya, sehingga pada sesi-sesi ini mahasiswa diwajibkan banyak membaca buku-buku, majalah dan berita-berita yang relevan. Relevansi (Urgensi) Mata Kuliah Berdasarkan hasil survey terhadap 1.770 manajer di 14 negara di dunia, bahwa tiga kemampuan penting yang harus dimiliki oleh lulusan perguruan tinggia adalah (1) kemampuan di bidang digital & teknologi, (2) berfikir kreatif & eksperimentasi, serta (3) kemampuan analisis & interpretasi data (Harian Kompas, 3 Mei 2017). Berdasarkan hasil kajian lain, yaitu hasil kajian Word Economic Forum tahun 2017 yang diuraikan dalam sebuah laporan berjudul The Future of Jobs Report, dikemukakan bahwa salah satu kemampuan yang paling utama yang sangat diperlukan oleh industri masa depan adalah Complex Problem Solving. Kemampuan ini berupa Kemampuan untuk memecahkan masalah yang asing dan belum diketahui solusinya di dalam dunia nyata. Dari dua uraian diatas, menunjukkan bahwa mata kuliah ini menjadi sangat penting, karena mata kuliah ini tidak hanya memberi pemahaman, tetapi juga mengajarkan tentang tata cara melakukan analisis terhadap fenomen-fenomena yang baru/update dalam dunia marketing communication. Selain itu mahasiswa juga diminta untuk memberikan saran atau solusi jika dalam analisisnya ditemukan problem. Kaitan dengan Mata Kuliah Lain Berdasarkan organigram diatas, mata kuliah Kapita Selekta Komunikasi Pemasaran bisa diambil oleh mahasiswa setelah mereka menyelesaikan atau meluluskan beberapa mata kuliah meliputi Komunikasi Pemasaran Terpadu, Manajemen Periklanan, Pemasaran Humas, Penulisan Naskah Iklan, dan Riset Komunikasi Pemasaran. Peta Capaian Pembelajaran Pokok Bahasan Dari empat tema besar diatas, akan diturunkan dalam empat belas (14) tema/topik pembelajaran yang akan disajikan dalam empat belas minggu. Lebih detail sebagai berikut. Pokok Bahasan 1 : Revolusi Industri 4.0 & Impact for MarCom Pokok Bahasan 2 : Isu Utama Penyebab Perubahan dalam Dunia MarCom Pokok Bahasan 3 : Perbedaan Mendasar MarCom 1.0; 2.0; 3.0 & 4.0 Pokok Bahasan 4 : Perubahan Presepektif dalam MarCom 4.0 Pokok Bahasan 5 : Perubahan Strategi dalam MarCom 4.0 Pokok Bahasan 6 : Promosi Offline Vs Promosi Online Pokok Bahasan 7 : Best Practice MarCom 4.0 Pokok Bahasan 8 : Analisis Fenomena PT Pos Indonesia Pokok Bahasan 9 : Analisis Fenomena Gojek Pokok Bahasan 10 : Analisis Fenomena Traveloka Pokok Bahasan 11 : Analisis Fenomena Tokopedia Pokok Bahasan 12 : Analisis Fenomena Buka Lapak Pokok Bahasan 13 : Analisis Fenomena Mataharimall.com Pokok Bahasan 14 : Analisis Fenomena Bangkitnya Amazon Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis e-Learning Best Practice (Tips dan Trick) Untuk bisa memahami dengan baik mata kuliah ini, maka ada beberapa saran : Sering membaca beberapa majalah marketing seperti Marketereers , Marketing , Mix Marketing Communications , dan lain-lain. Rajin membaca buku-buku yang menjadi referensi dalam mata kuliah ini. Rajin diskusi dengan siapapun yang mengerti, mengetahui, dan memahami isu-isu dalam mata kuliah ini. Referensi Mata Kuliah Beyond Marketing : Growth & Sustainability. Jony Oktavian Haryanto D'Gil Marketing : Think Like Theher Is No Box. Ahmad Bambang Marketing 4.0 : Moving from traditional to digital Citizen 4.0 : hermawan Kartajaya Marketing In Challenging Times Guerrilla Marketing. Jay Conrad Levinson How to sell. You Art Online. Cory Huff Marketing for Competitiveness. Philip Kotler, Hermawan Kartajaya, Hooi Den Huan Social Media ROI : Mengelola dan Mengukur Penggunaan Media Sosial pada Organisasi Anda. Oliver Blanchard Viral ; Gebrakan Kekinian Public Relation Di Era Digital. Nita Kartikasari 10 strategi Marketing Online ala Bukalapak. Merry Magdalena

Course Syllabus

Identitas Mata Kuliah Mata Kuliah Kapita Selekta Komunikasi Pemasaran memiliki kode mata kuliah COH4D3. Mata kuliah ini berada pada Fakultas Komunikasi dan Bisnis, pada Program Studi Ilmu Komunikasi. Dalam struktur kurikulum tahun 2016, mata kuliah ini diajarkan di semester ganjil, tepatnya pada semester tujuh (7) dengan jumlah SKS sebanyak tiga (3). Mata kuliah ini hanya diperuntukan untuk mahasiswa tingkat empat yang mengambil konsentrasi Marketing Communication (MarCom). Mata kuliah ini sifatnya wajib untuk konsentrasi MarCom. Untuk dapat mengambil mata kuliah ini, mahasiswa dipersyaratkan lulus beberapa mata kuliah MarCom seperti Komunikasi Pemasaran Terpadu, Manajemen Periklanan, Pemasaran Humas, Penulisan Naskah Iklan, dan Riset Komunikasi Pemasaran. Profil dan Sejarah Mata Kuliah Kapita Selekta Komunikasi Pemasaran merupakan mata kuliah yang membahas dan mengkaji isu-isu kontemporer/baru/update dalam bidang marcom dan menganalisis fenomena-fenomenanya. Isu-isu yang dibahas merupakan isu-isu yang terpilih dan relevan serta penting di dunia marketing communication. Dalam rangka meningkatkan pemahaman mahasiswa, mata kuliah ini juga menyertai isu-isu dengan fenomena-fenomena sebagai contoh untuk dianalisis. Mata kuliah ini menekankan pada kemampuan membaca fenomena dan merangsang kemampuan analisis mahasiswa. Hal ini dimaksudkan untuk mendorong kebiasaan serta kemampuan problem solving, sehingga mahasiswa memilik skill yang baik saat mereka memasuki dunia kerja. Setengah semester pada mata kuliah ini dipenuhi dengan kegiatan analisis mahasiswa yaitu pada tujuh (7) pertemuan pasca ujian tengah semester. Mahasiswa sangat dituntut keaktifannya, sehingga pada sesi-sesi ini mahasiswa diwajibkan banyak membaca buku-buku, majalah dan berita-berita yang relevan. Relevansi (Urgensi) Mata Kuliah Berdasarkan hasil survey terhadap 1.770 manajer di 14 negara di dunia, bahwa tiga kemampuan penting yang harus dimiliki oleh lulusan perguruan tinggia adalah (1) kemampuan di bidang digital & teknologi, (2) berfikir kreatif & eksperimentasi, serta (3) kemampuan analisis & interpretasi data (Harian Kompas, 3 Mei 2017). Berdasarkan hasil kajian lain, yaitu hasil kajian Word Economic Forum tahun 2017 yang diuraikan dalam sebuah laporan berjudul The Future of Jobs Report, dikemukakan bahwa salah satu kemampuan yang paling utama yang sangat diperlukan oleh industri masa depan adalah Complex Problem Solving. Kemampuan ini berupa Kemampuan untuk memecahkan masalah yang asing dan belum diketahui solusinya di dalam dunia nyata. Dari dua uraian diatas, menunjukkan bahwa mata kuliah ini menjadi sangat penting, karena mata kuliah ini tidak hanya memberi pemahaman, tetapi juga mengajarkan tentang tata cara melakukan analisis terhadap fenomen-fenomena yang baru/update dalam dunia marketing communication. Selain itu mahasiswa juga diminta untuk memberikan saran atau solusi jika dalam analisisnya ditemukan problem. Kaitan dengan Mata Kuliah Lain Berdasarkan organigram diatas, mata kuliah Kapita Selekta Komunikasi Pemasaran bisa diambil oleh mahasiswa setelah mereka menyelesaikan atau meluluskan beberapa mata kuliah meliputi Komunikasi Pemasaran Terpadu, Manajemen Periklanan, Pemasaran Humas, Penulisan Naskah Iklan, dan Riset Komunikasi Pemasaran. Peta Capaian Pembelajaran Pokok Bahasan Dari empat tema besar diatas, akan diturunkan dalam empat belas (14) tema/topik pembelajaran yang akan disajikan dalam empat belas minggu. Lebih detail sebagai berikut. Pokok Bahasan 1 : Revolusi Industri 4.0 & Impact for MarCom Pokok Bahasan 2 : Isu Utama Penyebab Perubahan dalam Dunia MarCom Pokok Bahasan 3 : Perbedaan Mendasar MarCom 1.0; 2.0; 3.0 & 4.0 Pokok Bahasan 4 : Perubahan Presepektif dalam MarCom 4.0 Pokok Bahasan 5 : Perubahan Strategi dalam MarCom 4.0 Pokok Bahasan 6 : Promosi Offline Vs Promosi Online Pokok Bahasan 7 : Best Practice MarCom 4.0 Pokok Bahasan 8 : Analisis Fenomena PT Pos Indonesia Pokok Bahasan 9 : Analisis Fenomena Gojek Pokok Bahasan 10 : Analisis Fenomena Traveloka Pokok Bahasan 11 : Analisis Fenomena Tokopedia Pokok Bahasan 12 : Analisis Fenomena Buka Lapak Pokok Bahasan 13 : Analisis Fenomena Mataharimall.com Pokok Bahasan 14 : Analisis Fenomena Bangkitnya Amazon Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis e-Learning Best Practice (Tips dan Trick) Untuk bisa memahami dengan baik mata kuliah ini, maka ada beberapa saran : Sering membaca beberapa majalah marketing seperti Marketereers , Marketing , Mix Marketing Communications , dan lain-lain. Rajin membaca buku-buku yang menjadi referensi dalam mata kuliah ini. Rajin diskusi dengan siapapun yang mengerti, mengetahui, dan memahami isu-isu dalam mata kuliah ini. Referensi Mata Kuliah Beyond Marketing : Growth & Sustainability. Jony Oktavian Haryanto D'Gil Marketing : Think Like Theher Is No Box. Ahmad Bambang Marketing 4.0 : Moving from traditional to digital Citizen 4.0 : hermawan Kartajaya Marketing In Challenging Times Guerrilla Marketing. Jay Conrad Levinson How to sell. You Art Online. Cory Huff Marketing for Competitiveness. Philip Kotler, Hermawan Kartajaya, Hooi Den Huan Social Media ROI : Mengelola dan Mengukur Penggunaan Media Sosial pada Organisasi Anda. Oliver Blanchard Viral ; Gebrakan Kekinian Public Relation Di Era Digital. Nita Kartikasari 10 strategi Marketing Online ala Bukalapak. Merry Magdalena
Course Modules
Announcements
Announcements
Salam Jumpa di Pertemuan Pertama. Berikut capaian pembelajaran yang akan dituju dan materi yang akan dipelajari. Capaian Pembelajaran Mahasiswa memahami Isu Revolusi Industri 4.0 dan Dampak secara umum terhadap dunia Marketing Communication. Materi Pembelajaran Defenisi Revolusi Sejarah Revolusi Industri Revolusi Industri 4.0 Teknologi Komunikasi MarCom 4.0 Perilaku Komunikasi Masyarakat di Era 4.0 Metode MarCom di Era 4.0 Dampak Revolusi Industri 4.0
Course Modules
Revolusi Industri 4.0 dan Dampaknya
Tugas 1
Forum Diskusi 1
Quiz 1
Sejarah Revolusi Industri
Perkembangan Revoslusi Industri 1.0. 2.0, 3.0, & 4.0
Tren Milenial Dan Industri 4.0 | Bhima Yudhistira Adhinegara
Selamat Datang di Pertemuan Kedua. Berikut Capaian Pembelajaran dan Materi yang Akan Dipelajari di Pertemuan Dua Capaian Pembelajaran Mahasiswa memahami empat Isu Utama penyebab perubahan dalam dunia MarCom (Technology ; Political-Legal;Socio-Cultural & Market) Materi Pembelajaran Faktor Technology sebagai Penyebab Perubahan Faktor Political-Legal sebagai Penyebab Perubahan Faktor Socio-Cultural sebagai Penyebab Perubahan Faktor Market sebagai Penyebab Perubahan
Course Modules
Isu Utama penyebab perubahan dalam dunia MarCom
Tugas 2
Forum Diskusi 2
Quiz 2
The Impact of Technology on Communication | Grant Dillard | TEDxBrentwoodCollegeSchool
The Impact of Social Media on Politics, Culture, and Scholarly Communication
Social Environment and Legal Environment of Business - Business Environment
Selamat Datang di Pertemuan Ketiga. Capaian Pembelajaran dan Materi Pelajaran di Pertemuan Ketiga Adalah Sebagai Berikut Capaian Pembelajaran Mahasiwa memahami Perbedaan Mendasar MarCom 1.0; 2.0; 3.0 & 4.0) Materi Pembelajaran MarCom 1.0 MarCom 2.0 MarCom 3.0 MarCom 1.0; 2.0; 3.0 & 4.0
Course Modules
Perbedaan Mendasar MarCom 1.0; 2.0; 3.0 & 4.0
Tugas 3
Forum Diskusi 3
Quiz 3
Industry Archetypes and Best Practices (Marketing 4.0)
Brand 4.0: WOW to NOW, The OMNI Way by Hermawan Kartajaya - Part I (WHY)
Brand 4.0: WOW to NOW, The OMNI Way by Hermawan Kartajaya - Part II (WHAT)
Selamat Datang Di Pertemuan Keempat. Berikut Capaian Pembelajaran dan Materi Pembelajaran Capaian Pembelajaran Mahasiswa memahami perubahan presepektif dalam MarCom 4.0 dari Produk Sentris ke Manusia Sentris Materi Pembelajaran Produk Sentris Manusia Sentris Integrasi Produk Sentris & Manusia Sentris
Course Modules
Perubahan Presepektif dalam MarCom 4.0 dari Produk Sentris ke Manusia Sentris
Tugas 4
Forum Diskusi 4
Quiz 4
Marketing 4.0: Moving From Traditional to Digital By Hermawan Kartajaya on SMART 2017
Industry Archetypes and Best Practices (Marketing 4.0)
Marketing 4.0 di era JKN by dr. Sholihul Absor selaku praktisi hospital marketing
Selamat Datang di Pertemuan Kelima. Berikut Capaian Pembelajaran dan Materi Pembelajaran di Pertemuan Kelima Capaian Pembelajaran Mahasiswa memahami bahwa di era New Wave ini strategi PDB (Positioning, Differentiation, Brand) sudah berubah menjadi Triple C (Clarification-Codification-Character) ; Strategi 4 P (Product, Price, Place & Promotion) + STP (Segmenting, Trageting & Positioning) berubah menjadi NICE (Network, Interaction, Common Interest & Experience) Materi Pembelajaran Strategi PDB Strategi Triple C Strategi 4P Strategi STP Strategi NICE Kombinasi Strategi
Course Modules
Perubahan Strategi Komunikasi MarCom
Tugas 5
Forum Diskusi 5
Quiz 5
Marketing Mix Definition | 4Ps and 7Ps of the Marketing Mix
A Guide for Prioritizing Marketing Communications: Nick Scarpino at TEDxUofIChicago
Transactional Marketing Vs. Relationship Marketing
Selamat Datang di Pertemuan Keenam. Berikut Capaian Pembelajaran dan Materi Pembelajaran di Pertemuan Keenam Capaian Pembelajaran Mahasiswa memahami bagaimana menyikapi promosi offline ditengah maraknya online ; Dimatikan atau diintegrasikan Materi Pembelajaran Promosi Offline Promosi Online Integrasi Promosi Offline & Online
Course Modules
OFFLINE AND ONLINE CHANGING THE CHANNEL
Tugas 6
Forum Diskusi 6
Quiz 6
Belajar Marketing 4.0 dari Hermawan Kartajaya
Hermawan Kartajaya - Marketing Kreatif untuk Perkembangan Ekonomi Digital | BukaTalks
Brand 4.0: WOW to NOW, The OMNI Way by Hermawan Kartajaya
Selamat Datang di Pertemuan Ketujuh. Berikut Capaian Pembelajaran dan Materi Pembelajaran di Pertemuan Ketujuh Capaian Pembelajaran Mahasiswa mengambil pelajaran dan cerita sukses empat perusahaan raksasa dunia (Amazon, Apple, Faceebook & Google) menaklukan pasar dengan Strategi MaCom nya Materi Pembelajaran Kisah Sukses Amazon Kisa Sukses Apple Kisa Sukses Faceebook Kisa Sukses Google
Course Modules
Kunci Sukses 4 Perusahaan Dunia
Tugas 7
Forum Diskusi 7
Quiz 7
The Grand Theory of Apple
Amazon is using AI in almost everything it does
Facebook, Bisnis Raksasa Dunia
Selamat Datang di Pertemuan Kedepalan. Berikut Capaian Pembelajaran dan Materi Pembelajaran di Pertemuan Kedelapan Capaian Pembelajaran Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisis minimal satu kasus/fenomena dampak Revolusi Industri 4.0 terhadap dunia Marketing Communication Materi Pembelajaran Analisis Perjalanan Bisnis PT Pos Indonesia Dampak Perubahan Perilaku Komunikasi Transformasi yang dilakukan Strategi MarCom Analisis Strategi MarCom Kompetitor Analisis Perubahan Strategi MarCom
Course Modules
Fenomena PT POS
Tugas 8
Forum Diskusi 8
Quiz 8
Wawancara Eksklusif Gilarsi Setijono: PT Pos Berkelit dari Kematian
Dialog Marco: Strategi Bisnis Era 4.0 #1
Building Brands: Innovation and Revitalization - Steve Cahillane, CEO/Chairman of Kellogg Company
Selamat Datang di Pertemuan Kesembilan. Berikut Capaian Pembelajaran dan Materi Pembelajaran di Pertemuan Kesembilan Capaian Pembelajaran Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisis satu kasus/fenomena yang menggambarkan bahwa ada empat Isu Utama penyebab perubahan dalam dunia MarCom (Technology ; Political-Legal;Socio-Cultural & Market) Materi Pembelajaran Analisis Perkembangan Teknologi Analisis Perkembangan Politik Analisis Regulasi Analisis Kondisi Sosial Analisis Kondisi Budaya Analisis Kebutuhan Pasar Transformasi Gojek di era 4.0
Course Modules
Fenomena Gojek
Tugas 9
Forum Diskusi 9
Quiz 9
PESTLE Analysis Video Short by the InvisbleConsultant.co.uk
Persaingan Go-Jek vs Grab
Tech in Asia Singapore 2018 "How to Experiment with Product Improvements" - Crystal Widjaja
Selamat Datang di Pertemuan Kesepuluh. Berikut Capaian Pembelajaran dan Materi Pembelajaran di Pertemuan Kesepuluh Capaian Pembelajaran Mahasiwa mampu mengidentifikasi contoh aplikasi MarCom 1.0; 2.0; 3.0 & 4.0 dan menganalisis bagaimana mengintegrasikan ke-empatnya Materi Pembelajaran Sejarah Traveloka Produk Traveloka Kondisi Bisnis Traveloka Media Promosi Konvensional Traveloka Media Promosi Online Traveloka Implementasi MarCom 3.0 & 4.0 Traveloka Analisis Implementasi MarCom 3.0 & 4.0
Course Modules
Fenomena Traveloka
Tugas 10
Forum Diskusi 10
Quiz 10
iDigital Tourism, Diklat Online Kementerian Pariwisata
SendBird's Interview with Traveloka
Consumer Engagement In The Age Of Intelligent Marketing
S elamat Datang di Pertemuan Kesebelas. Berikut Capaian Pembelajaran dan Materi Pembelajaran di Pertemuan Kesebelas Capaian Pembelajaran Mahasiswa mampu mengidentifikasi satu kasus/fenomena yang telah menerapkan presepektif dalam MarCom 4.0 dari Produk Sentris ke Manusia Sentris Materi Pembelajaran Sejarah Tokopedia Produk Tokopedia Kondisi Bisnis Tokopedia Media Promosi Konvensional Tokopedia Media Promosi Online Tokopedia Implementasi Manusia Sentris dalam MarCom Analisis Implementasi Manusia Sentris dalam MarCom
Course Modules
Fenomena Tokopedia
Tugas 11
Forum Diskusi 11
Quiz 11
Sejarah awal “Unicorn” Tokopedia
A Human Centered Marketplace
Apa Itu New Content Marketing? - Part I
Selamat Datang di Pertemuan Keduabelas. Berikut Capaian Pembelajaran dan Materi Pembelajaran di Pertemuan Keduabelas Capaian Pembelajaran Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisis satu kasus/fenomena penerapan strategi NICE (Network, Interaction, Common Interest & Experience) dalam MarCom Materi Pembelajaran Sejarah Buka Lapak Produk Buka Lapak Kondisi Bisnis Buka Lapak Media Promosi Konvensional Buka Lapak Media Promosi Online Buka Lapak Implementasi Strategi NICE Analisis Implementasi Strategi NICE
Course Modules
Fenomena Buka Lapak
Tugas 12
Forum Diskusi 12
Quiz 12
E-commerce Berlomba Adopsi O2O
TIA Tokyo 2018: Bukalapak: How We Built a Unicorn Startup in Indonesia
Eksklusif! Melihat Potensi Pasar Digital bersama Co-Founder Bukalapak
Selamat Datang di Pertemuan Ketigabelas. Berikut Capaian Pembelajaran dan Materi Pembelajaran di Pertemuan Ketigabelas Capaian Pembelajaran Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisis satu kasus/fenomena pengintegrasian promosi offline dan online Materi Pembelajaran Sejarah Mataharimall.com Produk Mataharimall.com Kondisi Bisnis Mataharimall.com Strategi promosi offline Matahari Mall Strategi promosi online Matahari Mall Implementasi Integrasi promosi offline & online Analisis Implementasi Integrasi promosi offline & online
Course Modules
Fenomena Mataharimall.com
Tugas 13
Forum Diskusi 13
Quiz 13
O2O Commerce Introduction
Mataharimall.com dengan konsep online-to-offline
Roadshow #JualOnlineAja - Jakarta, Bandung, Jogja dan Bali
Selamat Datang di Pertemuan Keempatbelas. Berikut Capaian Pembelajaran dan Materi Pembelajaran di Pertemuan Keempatbelas Capaian Pembelajaran Mahasiswa mampu menganalisis faktor penyebab keberhasilan salah satu dari empat perusahaan raksasa dunia Materi Pembelajaran Sejarah Amazon Produk Amazon Kondisi Bisnis Amazon Strategi Bisnis Baru Amazon Dampak Strategi Bisnis Baru Analisis Strategi Bisnis Baru Amazon Lesson Learned Strategi MarCom Amazon
Course Modules
Fenomena Bangkitnya Amazon
Tugas 14
Forum Diskusi 14
Quiz 14
CNN Business- Amazon is using AI in almost everything it does
The Grand Theory of Amazon
Amazon's Success Over The Years: The Kingpin Of Online Shopping | CNBC