Welcome to Spada Indonesia
Courses Images
PERIKLANAN & PROMOSI PENJUALAN
Universitas Telkom

PERIKLANAN & PROMOSI PENJUALAN

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

FANNI HUSNUL HANIFA

Universitas Telkom
AREAS:
Program Studi Manajemen Pemasaran

Course Description

PERIKLANAN & PROMOSI PENJUALAN Identitas Mata Kuliah Mata kuliah Periklanan & Promosi Penjualan (DMH2H4) merupakan mata kuliah di Program Studi D3 Manajemen Pemasaran pada semester 4 kurikulum 2016, merupakan mata kuliah wajib yang tidak mempunyai mata kuliah prasyarat. Mata kuliah ini mempelajari pentingnya IMC (Integrated Marketing Communication - Komunikasi Pemasaran Terpadu) yang lebih difokuskan pada periklanan dan promosi penjualan. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana menciptakan sebuah iklan dan promosi penjualan suatu produk yang efektif dan efisien bagi perusahaan. Dalam mata kuliah ini, materi disajikan dalam bentuk teori beserta prakteknya. Mata kuliah periklanan dan promosi penjualan membahas mengenai pengantar promosi penjualan, Customer Oriented Sales Promotion (COSP), Trade Oriented Sales Promotion (TOSP), Aktivitas Customer Oriented Sales Promotion (COSP) pada Bisnis Ritel, Aktivitas Trade Oriented Sales Promotion (TOSP) pada Bisnis Ritel, Manajemen Periklanan, Etika Periklanan, Iklan Layanan Masyarakat, Kreativitas Iklan, Pengukuran Efektivitas Iklan dengan Metode EPIC, dan Pengukuran Efektivitas Iklan dengan Metode CRI. Profil dan Sejarah Mata Kuliah Mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) merupakan mata kuliah yang memberikan pengetahuan mengenai perkembangan promosi khususnya periklanan dan promosi penjualan baik di Indonesia maupun di dunia. Sekarang, promosi semakin berkembang pesat terutama di dunia digital. Teknologi berkembang secara dramatis. Mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) sudah ada sejak pertama program studi D3 Manajemen Pemasaran didirikan, sesuai dengan perkembangan promosi khususnya periklanan dan promosi penjualan. Materi pada mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) terus diupdate sesuai dengan perkembangan teknologi, dan kasus-kasus selalu diupdate. Pada kurikulum 2016, mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) terdiri dari 4 SKS yang mana 3 SKS merupakan sks teori dengan durasi 3 x 50 menit, dan 1 SKS merupakan sks praktikum dengan durasi 120 menit (2 jam). Relevansi (Urgensi) Mata Kuliah Mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) merupakan mata kuliah wajib atau inti yang harus diambil oleh mahasiswa dan tidak mempunyai mata kuliah prasyarat. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar pada program studi ini. Kaitan Mata Kuliah dengan Mata Kuliah lainnya Adapun kaitan mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) dengan mata kuliah lainnya dapat dilihat pada tabel organigram kurikulum di bawah ini: Peta (Struktur) Kemampuan Akhir Tahap Pembelajaran (Peta CP) Mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) memiliki capaian pembelajaran (CP) sebagai berikut : Peta Materi (Kajian) atau Pokok Bahasan Pokok bahasan pada mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) terdiri dari 12 Pokok Bahasan: Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis e-Learning Adapun Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) Berbasis e-Learning seperti yang dipetakan di bawah ini: Dosen (Tutor) Pengampu 1. Dosen : Fanni Husnul Hanifa, SE., MM NIP/NIDN : 08840075/0410108402 NO HP : 08122094152 Email : fanni.husnul@tass.telkomuniversity.ac.id Prodi/Fakultas : D3 Manajemen Pemasaran/ Fakultas Ilmu Terapan 2. Dosen : Widya Sastika, ST., MM NIP/NIDN : 08850040/ 0422058503 NO HP : 08117302423 Email : wiedyasastika@tass.telkomuniversity.ac.id Prodi/ Fakultas : D3 Manajemen Pemasaran/ Fakultas Ilmu Terapan Referensi Mata Kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan ? Buku Utama Belch & Belch. 2014. Advertising and Promotion : An Integrated Marketing Communication Perspective. 10th edition.McGraw-Hill O'Guinn, Thomas. 2014. Advertising and Integrated Brand Promotion. 10th edition. South-Western College Shimp, Terence. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Edisi 8. Salemba empat, Jakarta. ? Buku Pendukung Arens, Arens, Weigold & Schaefer. 2014. M: Advertising. 2nd edition. McGraw-Hill Education. Drewniany, Jewler. 2013. Creative Strategy in Advertising. 11 edition. Wadswoth Publishing. Moriarty, Mitchell, & Wells. 2014. Advertising & IMC (Priinciples & Practice). 10th edition. Prentice Hall. Pricken, Mario. 2008. Creative Advertising. 2nd edition. Thames & Hudson.

Course Syllabus

PERIKLANAN & PROMOSI PENJUALAN Identitas Mata Kuliah Mata kuliah Periklanan & Promosi Penjualan (DMH2H4) merupakan mata kuliah di Program Studi D3 Manajemen Pemasaran pada semester 4 kurikulum 2016, merupakan mata kuliah wajib yang tidak mempunyai mata kuliah prasyarat. Mata kuliah ini mempelajari pentingnya IMC (Integrated Marketing Communication - Komunikasi Pemasaran Terpadu) yang lebih difokuskan pada periklanan dan promosi penjualan. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana menciptakan sebuah iklan dan promosi penjualan suatu produk yang efektif dan efisien bagi perusahaan. Dalam mata kuliah ini, materi disajikan dalam bentuk teori beserta prakteknya. Mata kuliah periklanan dan promosi penjualan membahas mengenai pengantar promosi penjualan, Customer Oriented Sales Promotion (COSP), Trade Oriented Sales Promotion (TOSP), Aktivitas Customer Oriented Sales Promotion (COSP) pada Bisnis Ritel, Aktivitas Trade Oriented Sales Promotion (TOSP) pada Bisnis Ritel, Manajemen Periklanan, Etika Periklanan, Iklan Layanan Masyarakat, Kreativitas Iklan, Pengukuran Efektivitas Iklan dengan Metode EPIC, dan Pengukuran Efektivitas Iklan dengan Metode CRI. Profil dan Sejarah Mata Kuliah Mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) merupakan mata kuliah yang memberikan pengetahuan mengenai perkembangan promosi khususnya periklanan dan promosi penjualan baik di Indonesia maupun di dunia. Sekarang, promosi semakin berkembang pesat terutama di dunia digital. Teknologi berkembang secara dramatis. Mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) sudah ada sejak pertama program studi D3 Manajemen Pemasaran didirikan, sesuai dengan perkembangan promosi khususnya periklanan dan promosi penjualan. Materi pada mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) terus diupdate sesuai dengan perkembangan teknologi, dan kasus-kasus selalu diupdate. Pada kurikulum 2016, mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) terdiri dari 4 SKS yang mana 3 SKS merupakan sks teori dengan durasi 3 x 50 menit, dan 1 SKS merupakan sks praktikum dengan durasi 120 menit (2 jam). Relevansi (Urgensi) Mata Kuliah Mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) merupakan mata kuliah wajib atau inti yang harus diambil oleh mahasiswa dan tidak mempunyai mata kuliah prasyarat. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar pada program studi ini. Kaitan Mata Kuliah dengan Mata Kuliah lainnya Adapun kaitan mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) dengan mata kuliah lainnya dapat dilihat pada tabel organigram kurikulum di bawah ini: Peta (Struktur) Kemampuan Akhir Tahap Pembelajaran (Peta CP) Mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) memiliki capaian pembelajaran (CP) sebagai berikut : Peta Materi (Kajian) atau Pokok Bahasan Pokok bahasan pada mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) terdiri dari 12 Pokok Bahasan: Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis e-Learning Adapun Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) Berbasis e-Learning seperti yang dipetakan di bawah ini: Dosen (Tutor) Pengampu 1. Dosen : Fanni Husnul Hanifa, SE., MM NIP/NIDN : 08840075/0410108402 NO HP : 08122094152 Email : fanni.husnul@tass.telkomuniversity.ac.id Prodi/Fakultas : D3 Manajemen Pemasaran/ Fakultas Ilmu Terapan 2. Dosen : Widya Sastika, ST., MM NIP/NIDN : 08850040/ 0422058503 NO HP : 08117302423 Email : wiedyasastika@tass.telkomuniversity.ac.id Prodi/ Fakultas : D3 Manajemen Pemasaran/ Fakultas Ilmu Terapan Referensi Mata Kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan ? Buku Utama Belch & Belch. 2014. Advertising and Promotion : An Integrated Marketing Communication Perspective. 10th edition.McGraw-Hill O'Guinn, Thomas. 2014. Advertising and Integrated Brand Promotion. 10th edition. South-Western College Shimp, Terence. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Edisi 8. Salemba empat, Jakarta. ? Buku Pendukung Arens, Arens, Weigold & Schaefer. 2014. M: Advertising. 2nd edition. McGraw-Hill Education. Drewniany, Jewler. 2013. Creative Strategy in Advertising. 11 edition. Wadswoth Publishing. Moriarty, Mitchell, & Wells. 2014. Advertising & IMC (Priinciples & Practice). 10th edition. Prentice Hall. Pricken, Mario. 2008. Creative Advertising. 2nd edition. Thames & Hudson.
Course Modules
Announcements
Announcements
Announcements
Announcements
Announcements
Announcements
Selamat Datang Selamat Bertemu di Pokok Bahasan 1 E - Learning Konsep, Aplikasi dan Lingkungan Komunikasi Pemasaran Terpadu CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa dapat memahami unsur-unsur komunikasi pemasaran Mahasiswa dapat memahami konsep ekuitas berbasis konsumen Mahasiswa dapat memahami komunikasi pemasaran terpadu Mahasiswa dapat memahami perubahan dalam praktik komunikasi pemasaran Mahasiswa dapat memahami model proses pengambilan keputusan dalam komunikasi pemasaran Mahasiswa dapat memahami regulasi dalam komunikasi pemasaran Mahasiswa dapat memahami masalah etika dalam komunikasi pemasaran MATERI PEMBELAJARAN Unsur-unsur komunikasi pemasaran Konsep ekuitas berbasis konsumen Komunikasi pemasaran terpadu Perubahan dalam praktik komunikasi pemasaran Model proses pengambilan keputusan dalam komunikasi pemasaran Regulasi dalam komunikasi pemasaran Masalah etika dalam komunikasi pemasaran
Course Modules
PPT Pertemuan 1
Modul 1
Diskusi 1
Quiz 1
Sales Promotion Activities
Sales Promotions
Sales Promotion
PPT Pertemuan 1
Modul 1
Diskusi 1
Quiz 1
Sales Promotion Activities
Sales Promotions
Sales Promotion
Selamat Datang Selamat Bertemu di Pokok Bahasan 2 E - Learning Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Prespektif Konsumen CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa dapat memahami sasaran komunikasi pemasaran demografis Mahasiswa dapat memahami sasaran komunikasi pemasaran psikografis Mahasiswa dapat memahami sasaran komunikasi pemasaran geodemografis Mahasiswa dapat memahami tujuan komunikasi Mahasiswa dapat memahami proses komunikasi Mahasiswa dapat memahami dasar-dasar perilaku konsumen Mahasiswa dapat memahami persuasi dalam komunikasi pemasaran MATERI PEMBELAJARAN Sasaran komunikasi pemasaran demografis Sasaran komunikasi pemasaran psikografis Sasaran komunikasi pemasaran geodemografis Tujuan komunikasi Proses komunikasi Dasar-dasar perilaku konsumen Persuasi dalam komunikasi pemasaran
Course Modules
PPT Pertemuan 2
Modul 2
Diskusi 2
Quiz 2
Trade Oriented Sales Promotions
Sales promotion - Trade promotions
Trade Promotions
PPT Pertemuan 2
Modul 2
Diskusi 2
Quiz 2
Trade Oriented Sales Promotions
Sales promotion - Trade promotions
Trade Promotions
Selamat Datang Selamat Bertemu di Pokok Bahasan 3 E - Learning Manajemen Promosi Penjualan CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa dapat memahami konsep dasar promosi penjualan Mahasiswa dapat memahami sasaran promosi penjualan Mahasiswa dapat memahami pertumbuhan promosi penjualan Mahasiswa dapat memahami kemampuan promosi penjualan Mahasiswa dapat memahami keterbatasan promosi penjualan Mahasiswa dapat memahami generalisasi tentang promosi penjualan Mahasiswa dapat memahami komponen program promosi sukses MATERI PEMBELAJARAN Konsep dasar promosi penjualan Sasaran promosi penjualan Pertumbuhan promosi penjualan Kemampuan promosi penjualan Keterbatasan promosi penjualan Generalisasi tentang promosi penjualan Komponen program promosi yang sukses
Course Modules
PPT Pertemuan 3
Modul 3
Diskusi 3
Quiz 3
consumer promotions
Sales promotion - Consumer promotions
Consumer Oriented Sales
PPT Pertemuan 3
Modul 3
Diskusi 3
Quiz 3
consumer promotions
Sales promotion - Consumer promotions
Consumer Oriented Sales
Selamat Datang Selamat Bertemu di Pokok Bahasan 4 E - Learning Konsep Trade Oriented Sales Promotion CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa dapat memahami konsep trade oriented sales promotion Mahasiswa dapat memahami tujuan produsen menggunakan promosi penjualan Mahasiswa dapat memahami program promosi perdagangan Mahasiswa dapat memahami trade allowances Mahasiswa dapat memahami periklanan kooperatif dan program dukungan penjual Mahasiswa dapat memahami kontes dan insentif perdagangan Mahasiswa dapat memahami periklanan khusus dan pameran perdagangan MATERI PEMBELAJARAN Konsep trade oriented sales promotion Tujuan produsen menggunakan promosi penjualan Program promosi perdagangan Trade allowances Periklanan kooperatif dan program dukungan penjual Kontes dan insentif perdagangan Periklanan khusus dan pameran perdagangan
Course Modules
Pertemuan ke 4
Modul 4
Diskusi 4
Quiz 4
Retail Marketing Strategy - In Store Marketing Strategy
The hidden war over grocery shelf space
Slotting Allowance
Pertemuan ke 4
Modul 4
Diskusi 4
Quiz 4
Retail Marketing Strategy - In Store Marketing Strategy
The hidden war over grocery shelf space
Slotting Allowance
Selamat Datang Selamat Bertemu di Pokok Bahasan 5 E - Learning Konsep Consumer Oriented Sales Promotion CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa dapat memahami konsep consumer oriented sales promotion Mahasiswa dapat memahami sampling Mahasiswa dapat memahami kupon Mahasiswa dapat memahami premium Mahasiswa dapat memahami price offs, paket bonus, rabat/ refunds Mahasiswa dapat memahami kontes&undian, promosi kontinuitas, promosi melalui internet Mahasiswa dapat memahami overlay&tie in, promosi pengecer MATERI PEMBELAJARAN Konsep consumer oriented sales promotion Sampling Kupon Premium Price offs, paket bonus, rabat/ refunds Kontes dan undian, promosi kontinuitas, promosi melalui internet Overlay & tie in, Promosi pengecer
Course Modules
Pertemuan ke 5
Modul 5
Diskusi 5
Quiz 5
Sampling Promotion
Pertemuan ke 5
Modul 5
Diskusi 5
Quiz 5
Sampling Promotion
Selamat Datang Selamat Bertemu di Pokok Bahasan 6 E - Learning Dasar-Dasar Periklanan CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa dapat memahami sejarah dan definisi iklan Mahasiswa dapat memahami batasan iklan Mahasiswa dapat memahami sifat-sifat periklanan Mahasiswa dapat memahami tipe iklan Mahasiswa dapat memahami kekuatan iklan Mahasiswa dapat memahami keterbatasan iklan Mahasiswa dapat memahami kesuksesan dan kesalahan iklan MATERI PEMBELAJARAN Sejarah dan definisi iklan Batasan iklan Sifat-sifat periklanan Tipe iklan Kekuatan iklan Keterbatasan iklan Kesuksesan dan kesalahan iklan
Course Modules
Pertemuan ke 6
Modul 6
Diskusi 6
Quiz 6
Promotional Mix - Advertising
The Power of Facebook Advertising Explained for 2019
Advertising definition
Pertemuan ke 6
Modul 6
Diskusi 6
Quiz 6
Promotional Mix - Advertising
The Power of Facebook Advertising Explained for 2019
Advertising definition
Selamat Datang Selamat Bertemu di Pokok Bahasan 7 E - Learning Manajemen Periklanan CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa dapat memahami keputusan utama dalam pengembangan iklan Mahasiswa dapat memahami tujuan iklan Mahasiswa dapat memahami anggaran iklan Mahasiswa dapat memahami pesan iklan Mahasiswa dapat memahami media iklan Mahasiswa dapat memahami pengukuran iklan dilihat dari tingkat penjualan Mahasiswa dapat memahami pengukuran iklan dilihat dari efektivitas iklan MATERI PEMBELAJARAN Keputusan utama dalam pengembangan iklan Tujuan iklan Anggaran iklan Pesan iklan Media iklan Pengukuran iklan dilihat dari tingkat penjualan Pengukuran iklan dilihat dari efektivitas iklan
Course Modules
Pertemuan ke 7
Modul 7
Diskusi 7
Quiz 7
Vanish - Pelanggaran Etika Periklanan
10 IKLAN PALING KONTROVERSI DAN MELANGGAR ETIKA DI INDONESIA
Iklan yang langsung hilang dari peredaran setelah di Cekal KPI
Selamat Datang Selamat Bertemu di Pokok Bahasan 8 E - Learning M edia Periklanan CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa dapat memahami perencanaan media Mahasiswa dapat memahami iklan pada media cetak (majalah) Mahasiswa dapat memahami iklan pada media cetak (koran) Mahasiswa dapat memahami iklan pada media radio Mahasiswa dapat memahami iklan pada media televisi Mahasiswa dapat memahami iklan pada media internet Mahasiswa dapat memahami keunguulan dan kelemahan iklan pada media internet MATERI PEMBELAJARAN Perencanaan media Iklan pada media cetak (majalah) Iklan pada media cetak (koran) Iklan pada media radio Iklan pada media televisi Iklan pada media internet Keunggulan dan kelemahan iklan pada media internet
Course Modules
Pertemuan 8
Modul 8
Diskusi 8
Quiz 8
TIGA JENIS MEDIA PERIKLANAN
Types of Advertising Media
Traditional & Digital Media Advertising
Selamat Datang Selamat Bertemu di Pokok Bahasan 9 E - Learning Perusahaan Periklanan CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa dapat memahami Ruang Lingkup Perusahaan Periklanan Mahasiswa dapat memahami Peserta IMC Mahasiswa dapat memahami Departemen Iklan dan Promosi Mahasiswa dapat memahami Perusahaan Iklan Mahasiswa dapat memahami Kompensasi Perusahaan Iklan Mahasiswa dapat memahami Evaluasi Perusahaan Iklan Mahasiswa dapat memahami Perusahaan Jasa Khusus MATERI PEMBELAJARAN Ruang lingkup perusahaan periklanan Peserta IMC Departemen Iklan dan promosi Perusahaan iklan Kompensasi perusahaan iklan Evaluasi perusahaan iklan Perusahaan jasa khusus
Course Modules
Pertemuan ke 9
Modul 9
Diskusi 9
Quiz 9
Animasi Iklan Layanan Masyarakat Satu Indonesia Bhineka Tunggal Ika (Motion Graphic)
Iklan Layanan Masyarakat Animasi "Bijak Terhadap Sampah"
Animasi Motion Graphic Iklan Layanan Masyarakat: Waspada Hoax
Selamat Datang Selamat Bertemu di Pokok Bahasan 10 E - Learning Strategi Kreatif Iklan CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa dapat memahami Proses Kreatif Mahasiswa dapat memahami Daya Tarik Informatif Mahasiswa dapat memahami Daya Tarik Emosional & Gabungan Mahasiswa dapat memahami Eksekusi Kreatif (I) Mahasiswa dapat memahami Eksekusi Kreatif (2) Mahasiswa dapat memahami Taktik Kreatif Iklan Media Cetak Mahasiswa dapat memahami Taktik Kreatif Iklan Media Televisi MATERI PEMBELAJARAN Proses Kreatif Daya Tarik Informatif Daya Tarik Emosional & Gabungan Eksekusi Kreatif (1) Eksekusi Kreatif (2) Taktik Kreatif Iklan Media Cetak Taktik Kreatif Iklan Media Televisi
Course Modules
Pertemuan ke 10
Modul 10
Diskusi 10
Quiz 10
Top 30 Clever Marketing Ideas
100 Most Creative Advertisement Ideas Ever
Iklan Termahal Di Dunia
Selamat Datang Selamat Bertemu di Pokok Bahasan 11 E - Learning Iklan Layanan Masyarakat dan Etika Periklanan CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa dapat memahami konsep iklan layanan masyarakat Mahasiswa dapat memahami karakteristik iklan layanan masyarakat Mahasiswa dapat memahami langkah-langkah dalam menciptakan iklan layanan masyarakat Mahasiswa dapat memahami konsep etika periklanan Mahasiswa dapat memahami tata krama isi iklan Mahasiswa dapat memahami tata krama ragam dan pemeran iklan Mahasiswa dapat memahami tata krama wahana iklan MATERI PEMBELAJARAN Konsep Iklan Layanan Masyarakat Karakteristik Iklan Layanan Masyarakat Langkah-langkah dalam Menciptakan Iklan Layanan Masyarakat Konsep Etika Periklanan Tata Krama Isi Iklan Tata Krama Ragam dan Pemeran Iklan Tata Krama Wahana Iklan
Course Modules
Pertemuan ke 11
Modul 11
Diskusi 11
Quiz 11
Analisis Efektivitas Iklan Pada Media Televisi
BAGAIMANA MEMBUAT IKLAN YG SUKSES DI ERA DIGITAL
Epic model: pengukuran efektivitas iklan kuliner melalui sosial media instagram @kulinerbandung sebagai media promosi
Efektivitas iklan sepatu saint barkley melalui media sosial instagram dengan menggunakan metode epic
Selamat Datang Selamat Bertemu di Pokok Bahasan 12 E - Learning Pengukuran Efektivitas Iklan CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa dapat memahami iklan yang efektif Mahasiswa dapat memahami Evaluasi Dampak Iklan Mahasiswa dapat memahami EPIC Model Mahasiswa dapat memahami perhitungan EPIC Model Mahasiswa dapat memahami Direct Rating Method (DRM) Mahasiswa dapat memahami Customer Response Index (CRI) Mahasiswa dapat memahami Customer Decision Model (CDM) MATERI PEMBELAJARAN Iklan yang efektif Evaluasi dampak iklan EPIC Model Perhitungan EPIC Model Direct Rating Method (DRM) Customer Response Index (CRI) Customer Decision Model (CDM)
Course Modules
Pertemuan 12
Modul 12
Diskusi 12
Quiz 12
Efektivitas Pesan Iklan Televisi Tresemme Menggunakan Customer Response Index (Cri) Pada Perempuan Di Surabaya
Customer Response Index (Cri): Pengukuran Efektivitas Iklan Smartphone Vivo V7+ Agnes Monica
Mengukur Efektivitas Tagline Iklan Televisi Minuman Ringan Teh Botol Sosro Dengan Metode Customer Response Index (CRI) 
Cara Mengukur Efektivitas Iklan Digital yang Kompleks