Selamat Datang Di Perkuliahan Advertising & Media Lanjut...! Identitas Mata Kuliah Mata kuliah Advertising dan Media Lanjut (ADH3M2) merupakan mata kuliah pada jurusan Desain Komunikasi Visual, konsentrasi Advertising, Fakultas Industri Kreatif. Mata kuliah ini dilaksanakan pada semester 6 dengan beban 3 sks, dan merupakan mata kuliah penting sehingga mahasiswa harus lulus dengan nilai minimal C. Perkuliahan secara umum menjelaskan memberikan pengetahuan lanjut tentang strategi kreatif dalam periklanan, mulai dari perencanaan, bentuk strategi, membangun pesan yang efektif dan kreatif; pemahaman tentang strategi media terintegrasi ; serta model-model kampanye periklanan terbaru. Profil dan Sejarah Mata Kuliah Mata Kuliah Advertising dan Media Lanjut merupakan mata kuliah yang secara khusus mempelajari strategi kreatif dan art directing dalam membuat kampanye periklanan. Didalamnya dijelaskan pemahaman dalam menggali produk benefit, consumer insight , membangun pesan periklanan, serta perancangan visual baik ide maupun ekesekusinya. Advertising dan Media Lanjut merupakan pengembangan dari mata kuliah Advertising dan Media dasar, karena dirasa perkuliahan tersebut kurang mencukupi untuk menjelaskan strategi kreatif periklanan secara khusus. Mata kuliah ini baru diadakan pada tahun 2014 saat perubahan kurikulum pada tahun itu juga. Sehingga dapat dikatakan mata kuliah advertising dan Media dasar maupun Lanjut merupakan mata kuliah khas dari konsentrasi Advertising di Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Industri Keratif Telkom University. Urgensi Mata Kuliah Sebagai konsentrasi yang menghasilkan lulusan yang ahli dalam bidang kreatif periklanan, mata kuliah ini sangat penting sebagai pondasi mahasiswa dalam menjalankan profesinya. Dapat dikatakan mata kuliah ini jantungnya teori-teori perkuliahan konsentrasi Advertising secara umum. Karena didalamnya dijelaskan tujuan beriklan, pemahaman tahapan-tahapan merancang strategi kreatif, hingga perancangan visual iklan yang kreatif. Peta Capaian Pembelajaran Pokok Bahasan Pokok Bahasan 01 Dasar-dasar strategi kreatif periklanan Pokok Bahasan 02 Langkah-langkah Strategi Kreatif Pokok Bahasan 03 Product Benefit Pokok Bahasan 04 Consumer Insight Pokok Bahasan 05 Membangun Big Idea dan Pesan Iklan yang menarik dan unik Pokok Bahasan 06 Contoh Iklan dan Pesan Iklannya Pokok Bahasan 07 Concept Approach Pokok Bahasan 08 Strategi Media Terintegrasi Pokok Bahasan 09 Contoh Penggunaan Media dalam Kampanye Periklanan Pokok Bahasan 10 Visual Strategy Pokok Bahasan 11 Visual Strategy 02 Pokok Bahasan 12 Copywriting yg Menggugah Pokok Bahasan 13 Menjual Ide Pokok Bahasan 14 Isu-isu terkini dunia periklanan Best Practice Langkah mudah dalam memahami perkuliahan ini adalah dengan rajin melihat iklan-iklan yang populer dan memenangkan penghargaan, baik di dalam negeri maupun di luar negeri, lalu mendiskusikannya dalam forum diskusi. Memadukan praktek membuat iklan (perancangan) dengan memahami teori yang dijelaskan dalam pembelajaran ini. Sertifikasi Referensi Mata Kuliah Jewler and Drewniany. 2001. Creative Strategy in Advertising. 7TH Edition. Wadsworth. Moriarty, S., Mitchell, N. & Wells, W. 2011. Advertising. Jakarta: Kencana. Adi Kusrianto. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Penerbit Andi. Kasilo, Djito. 2008. Komunikasi Cinta: Menembus G-spot Konsumen Indonesia. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.
Course Modules Announcements
Advertising dan Media Lanjut ADH3N2Memberikan peng...