Welcome to Spada Indonesia
Courses Images
Pengembangan Multimedia Pembelajaran
Universitas Negeri Malang

Pengembangan Multimedia Pembelajaran

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

YERRY SOEPRIYANTO

Universitas Negeri Malang
AREAS:
Program Studi Teknologi Pembelajaran

Course Description

Tahun Akademik: Genap 2020/2021 Kelas-Offr: PR-TEP Deskripsi: Capaian Pembelajaran Konsep dasar multimedia Prinsip-prinsip multimedia Peracanagn multimedia Pengembangan multimedia Validasi multimedia Daftar Pustaka: Alessi, S. M., Trollip, S. R., & Alessi, S. M. (2001). Multimedia for learning: methods and development (3rd ed). Boston: Allyn and Bacon. Arends, R. (2012). Learning to teach (9th ed). Dubuque, Iowa: McGraw-Hill. Kalyuga, S. (2009). Managing cognitive load in adaptive multimedia learning. Hershey, PA: Information Science Reference. Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning (2nd ed). Cambridge ; New York: Cambridge University Press. Smaldino, S. E. (Ed.). (2005). Instructional technology and media for learning (8th ed). Upper Saddle River, N.J: Pearson/Merrill/Prentice Hall.

Course Syllabus

Multimedia Instructional Development-PR6
Course Modules
Selama 16 kali tatap muka, anda berinteraksi dan beraktifitas pembelajaran di kelas maya ini
Silahkan anda pelajari agenda perkuliahan yang sudah disediakan dengan harapan anda mempunyai strategi untuk menyelesaikan tagihan-tagihan yang harus dicapai selama perkuliahan kita (16 kali tatap muka). File Agenda RPS
Course Modules
Rekan-rekan mahasiswa dimanapun anda berada, Perke...
Mapping Program Belajar merupakan panduan alur keg...
Perkenalan Anggota Keluarga Baru
untuk memberikan landasan dalam mengembangkan multimedia khususnya untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran, anda harus mempelajari materi berikut. Harapannya adalah saat anda mengembangkan multimedia pembelajaran tidak hanya sekedar mengembangkan tetapi mempunyai landasan yang kuat dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan.
Course Modules
Perkuliahan kita memerlukan konten Topik. Pemiliha...
Realitas Topik
Untuk mengingat kembali mata kuliah yang pernah anda tempuh, mari kita selaraskan pemahaman kita tentang belajar pembelajaran. Harapannya adalah dengan mengingat kembali materi tersebut, maka perancangan multimedia menjadi semakin terarah untuk tujuan pembelajaran.
Course Modules
Perkuliahan kita memerlukan konten Topik. Pemiliha...
Kajian Topik
Media Presentasi
Presentasi
Bahasan kali ini tentang teori-teori yang mendasari multimedia dapat digunakan untuk pembelajaran, selain itu dijelaskan juga teori-teori yang melingkupi dan berada di sekitar multimedia. Sebelum anda melakukan pekerjaan pengembangan Multimedia Pembelajaran, sebaiknya anda belajar terlebih dahulu tentang teori yang menjadi landasan multimedia pembelajaran. https://www.youtube.com/watch?v=pMMRE4Q2FGk Selanjutnya dari teori pemrosesan informasi ini, Dual Coding Theory-nya Paivio menjadi landasan berikutnya: https://www.youtube.com/watch?v=u2UKKbroqRI untuk lebih mudah penjelasannya silahkan simak video berikut: https://www.youtube.com/watch?v=wixEGpznyG8 Setelah anda belajar Dual Coding Theory, jangan lupa bahwa manusia mempunyai keterbatasan dalam memproses informasi, seperti yang disampaikan oleh Claude Shannon dalam teori informasi-nya Limited Capacity Channel. Channel yang tersedia pada manusia yaitu modalitas sensory kita atau indera manusia melalui mata dan telinga. Saatnya anda belajar Cognitive Theory Multimedia Learning (CTML) dari Richard Mayer, silahkan anda simak video berikut: https://www.youtube.com/watch?v=m_buwrnFIho Bagaimana? Masih sanggup mengikutinya? Kita sudahi dulu tentang Teori-teori yang melandasi multimedia pembelajaran.
Course Modules
Kegiatan belajar kali ini lebih menekankan mahasis...
Memberi Tanggapan Pengalaman Pribadi
Setelah anda belajar tentang teori yang melandasi dan teori yang melingkupi multimedia. Saatnya anda mempelajari prinsip-prinsip desain yang meluncurkan berdasarkan riset-riset yang telah dilakukan. Bagaimana kita menyusun atau mendesainnya agar dapat secara optimal membelajarkan kepada pebelajar. Simak video berikut: https://www.youtube.com/watch?v=qn1p3qXuzQQ Untuk lebih mudahnya penjelasan prinsip-prinsip tersebut simak video berikut: https://www.youtube.com/watch?v=WsI8h7qErc0 Berikut ini disajikan kaitan dari beban kognitif (Cognitive Load), Dual Coding dan Multimedia Pembelajaran: https://www.youtube.com/watch?v=Vr_s4ZAxv8k Setelah anda menyaksikan video-video tersebut, Semoga anda dalam mengembangkan multimedia pembelajaran dapat menerapkan prinsip-prinsip tersebut, karena prinsip-prinsip itu diciptakan berdasarkan penenlitian dan bukti-bukti empiris.
Course Modules
Kegiatan belajar kali ini lebih menekankan mahasis...
Media Presentasi Bedah Buku
Media Presentasi Bedah Jurnal
Presentasi Bedah Buku
Presentasi Bedah Jurnal
Untuk memberikan kejelasan dalam melaksanakan pengembangan multimedia pembelajaran, maka anda diharapkan mempunyai pengetahuan dan pemahaman dalam model-model yang digunakan untuk mengembangkannya. Model pengembangan yang sesuai untuk mengembangkan Multimedia Pembelajaran adalah Model Lee-Owens. Model ini dijelaskan pada bukunya Multimedia-Based Instructional Design tahun 2004, meskipun model diterapkan untuk training atau pelatihan di sebuah organisasi (perusahaan). Model ini mampu juga untuk diterapkan pada ranah pembelajaran di sekolah atau pendidikan dengan beberapa penyesuaian-penyesuaian dalam menerapkan langkah-langkahnya.
Course Modules
Kegiatan belajar kali ini lebih menekankan mahasis...
Memberi Tanggapan Bedah Buku
Memberi Tanggapan Bedah Jurnal
Sebelum dilaksanakan Ujian Tengah Semester, mari kita review dan refleksikan kembali materi-materi yang telah disampaikan. Hal ini perlu dilakukan untuk memperkuat anda dalam mengembangkan multimedia pembelajaran. Konsep Dasar Multimedia Jenis-Jenis Multimedia Teori-teori yang melandasi Multimedia Pembelajaran CTML Prinsip-Prinsip Desain Perencanaan dan perancangan Model Pengembangan
Course Modules
Kegiatan pembelajaran dilakukan dalam rangka menci...
Visi Proyek
Persiapkan diri anda dalam mengikuti Ujian Tengah Semester yang dilaksanakan secara Synchronous.
Course Modules
Kegiatan pembelajaran dilakukan dalam rangka menci...
Memberi Tanggapan Bedah Jurnal
Kegiatan ini dilakukan untuk meninjau kembali hal-hal yang membuat anda kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan pada ujian yang telah dilaksanakan.
Course Modules
Kegiatan belajar yang kita lakukan merupakan ...
Analisis Proyek
Media Presentasi Analisis Proyek
Presentasi Analisis Proyek
Selama setengah semester anda telah diberikan pengetahuan tentang teori-teori yang melandasi Multimedia Pembelajaran. Selama setengah semester selanjutnya anda mengembangkan multimedia pembelajaran berdasarkan pilihan yang telah anda lakukan, baik dari tingkat pendidikan, mata pelajaran, pokok bahasan dan jenis multimedianya. Untuk pertemuan kali ini pembahasan diarahkan ke jenis-jenis multimedia yang dapat digunakan untuk pembelajaran. Ada dua jenis Multimedia: Linear Non Linear Berikut adalah Contoh Multimedia Linear: https://www.youtube.com/watch?v=rIyzknsSvNA Video Pembelajaran merupakan Multimedia Linear pula https://www.youtube.com/watch?v=q-quR9JXxF0 Jadi Apakah Multimedia Linear itu? Pengguna berinteraksi dengan aplikasi multimedia tanpa mengendalikan progress dari konten. Konten Linear biasanya diatur secara berurutan. Mutimedia Non Linear Beberapa contoh Multimedia Non Linear: Multimedia Interactive, Multimedia Tutorial, Multimedia Drill & Practice, Hypermedia, Games, Simulation. Multimedia Non Linear mengijinkan pengguna mengendalikan apa dan kapan elemen dikirimkan. Hypermedia adalah kombinasi simpul/ujung-ujung/titik-titik (node)yang terdiri dari komponen multimedia yang dapat diinterkoneksikan antara satu dengan yang lain Bagaimana Bisa dipahami jenis-jenis multimedia pembelajaran. Tentu anda sudah mengkatagorisasikannya.
Course Modules
Kegiatan belajar yang kita lakukan merupakan ...
Desain Sistem
Media Presentasi Desain Proyek
Presentasi Desain Proyek
Minggu ini anda disajikan beberapa software-software yang bisa digunakan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran. Silahkan anda pilih untuk mengerjakan tugas pengembangan Multimedia (Tugas Besar)
Course Modules
Lectora
Kegiatan belajar yang kita lakukan merupakan ...
Produk Pengembangan
Media Presentasi Pengembangan Proyek
Presentasi Pengembangan Proyek
Untuk memperoleh wawasan tentang desain antarmuka (Interface) Multimedia, anda harus belajar tentang tata letak (layout), pewarnaan, komposisi, typhografi, desain pesan dan desain komunikasi visual. Ada delapan aturan emas dalam merancang User Interface (Antarmuka pengguna), catatannya adalah beberap tidak bisa dipakai dalam kawasan pengembangan Multimedia, coba temukan ....silahkan simak video berikut: https://www.youtube.com/watch?v=mNnOv8FGC1k dan juga video enich ... https://www.youtube.com/watch?v=bzISC_Ed52c bagaimana sudah ketemu? coba tuliskan sesegera mungkin hasil temuan anda
Course Modules
Kegiatan belajar yang kita lakukan merupakan ...
Evaluasi Proyek
Media Presentasi Instrumen Evaluasi Proyek
Presentasi Pengembangan Instrumen Proyek
berikut ini adalah video-video tutorial tentang mengembangkan multimedia pembelajaran menggunakan software aplikasi pengembang yaitu Lectora, silahkan disimak: https://www.youtube.com/watch?v=SP7U9WwLotM Langkah Cepat mengembangkan Multimedia https://www.youtube.com/watch?v=47vLbe0QhJI
Course Modules
Diakhir sesi pembelajaran mari kita melihat implem...
Memberi Tanggapan Analisis Proyek
Memberi Tanggapan Desain Proyek
Laporkan hasil pengembangan anda dengan mengirim Link Google Drive hasil pekerjaan anda ke WA saya secara Personal Communication (PC)
Course Modules
Diakhir sesi pembelajaran mari kita melihat implem...
Memberi Tanggapan Pengembangan Proyek
Memberi Tanggapan Pengembangan Instrumen Proyek
Evaluasi Online
Minggu ini, anda secara asynchronous dihubungi oleh Dosen Pembina Mata Kuliah terkait oekerjaan anda dalam bentuk review pengembangan.
Course Modules
Diakhir sesi pembelajaran mari kita melihat implem...
Rekap Evaluasi Teman Sejawat
Silahkan mengikuti Ujian secara asynchronous
Course Modules
Naskah Artikel