Welcome to Spada Indonesia
Courses Images

Hubungan Tanah, Air, dan Tanaman

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

ARDIANSYAH

Universitas Jenderal Soedirman
AREAS:
Program Studi Teknik Pertanian

Course Description

Pengajar Mata Kuliah 1. Dr. Eni Sumarni, S.TP., M.Si 2. Dr. Ardiansyah, S.TP., M.Si Deskripsi Mata Kuliah Mata kuliah ini mempelajari hubungan antara tanah-air-tanaman. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pergerakan air dari tanah ke tanaman sehingga air bisa dimanfaatkan oleh tanaman. Bagaimana pengaruh sifat fisik dan sifat mekanik tanah bagi perkembangan akar sehingga tidak mengganggu pertumbuhan. Beberapa penekanan yang diberikan dalam kuliah ini adalah (a) penggunaan matematika dalam menggambarkan proses biofisika yang terjadi pada tanaman, (b) mekanisme-mekanisme yang terjadi pada tanaman dalam hubunganya dengan ketersediaan air dan kondisi lingkungan atmosfir, (c) Identifikasi besaran-besaran fisik lingkungan dan tanaman dengan teknik instrumentasi, (d) pengendalian lingkungan sekitar tanaman, baik dalam tanah maupun atmosfir mikro dengan rekayasa keteknikan Capaian Pembelajaran Umum Mata Kuliah (CPMK): Mahasiswa mampu menjelaskan secara utuh proses-proses fisika yang terjadi dalam sistem tanah-tanaman-atmosfer, menggunakan materi menjelaskan proses-proses fisika tersebut dan melakukan perhitungan-perhitungan sederhana menyangkut tanah-tanaman-atmosfer. Mahasiswa mengetahui teknik instrumentasi dan rekayasa lingkungan tanaman untuk hasil optimal

Course Syllabus

Pengajar Mata Kuliah 1. Dr. Eni Sumarni, S.TP., M.Si 2. Dr. Ardiansyah, S.TP., M.Si Deskripsi Mata Kuliah Mata kuliah ini mempelajari hubungan antara tanah-air-tanaman. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pergerakan air dari tanah ke tanaman sehingga air bisa dimanfaatkan oleh tanaman. Bagaimana pengaruh sifat fisik dan sifat mekanik tanah bagi perkembangan akar sehingga tidak mengganggu pertumbuhan. Beberapa penekanan yang diberikan dalam kuliah ini adalah (a) penggunaan matematika dalam menggambarkan proses biofisika yang terjadi pada tanaman, (b) mekanisme-mekanisme yang terjadi pada tanaman dalam hubunganya dengan ketersediaan air dan kondisi lingkungan atmosfir, (c) Identifikasi besaran-besaran fisik lingkungan dan tanaman dengan teknik instrumentasi, (d) pengendalian lingkungan sekitar tanaman, baik dalam tanah maupun atmosfir mikro dengan rekayasa keteknikan Capaian Pembelajaran Umum Mata Kuliah (CPMK): Mahasiswa mampu menjelaskan secara utuh proses-proses fisika yang terjadi dalam sistem tanah-tanaman-atmosfer, menggunakan materi menjelaskan proses-proses fisika tersebut dan melakukan perhitungan-perhitungan sederhana menyangkut tanah-tanaman-atmosfer. Mahasiswa mengetahui teknik instrumentasi dan rekayasa lingkungan tanaman untuk hasil optimal
Course Modules
Pengumuman
Dokumen Rencana Pembelajaran Semester (RPS)
Jurnal Perkuliahan Nama Pengajar : Dr. Eni Sumarni Hari/Tanggal : Rabu, 5 Maret 2021 Waktu : 13.00 - 13.50 (LMS/Tatap Muka Daring) Metode Perkuiahan : Tatap muka daring (20 Menit), LMS eLDirU Kehadiran Mahasiswa : ... orang Capaian Pembelajaran Mahasiswa mampu memahami dan menjalankan kontrak perkuliahan Mahasiswa mampu menjelaskan komponen air tanah dan lingkaran air tanaman Pokok Bahasan Pendahuluan Kontrak kuliah Rencana materi perkuliahan Hubungan komponen air tanah Lingkaran Tanah Air Tanaman
Course Modules
Materi Pertemuan 1 (Reviewe hubungan komponen air tanah, Lingkaran Tanah Air Tanaman)
Jurnal Perkuliahan Nama Pengajar : Dr. Eni Sumarni Hari/Tanggal : Rabu, 12 Maret 2021 Waktu : 13.00 - 13.50 (LMS/Tatap Muka Daring) Metode Perkuiahan : Tatap muka daring (20 Menit), LMS eLDirU Kehadiran Mahasiswa : ... orang Capaian Pembelajaran Mahasiswa mampu menjelaskan klasifikasi air tanah Mahasiswa mampu menjelaskan pengaruh suhu terhadap tanaman dan lengas tanah serta dapat menjelaskan usaha pengendalian suhu pada produksi tanaman dengan pemulsaan Pokok Bahasan Hubungan Suhu dan Tanaman Suhu terhadap lengas tanah Klasifikasi air tanah Mulsa dan produksi tanaman
Course Modules
Jurnal Perkuliahan Nama Pengajar : Dr. Eni Sumarni Hari/Tanggal : Rabu, 19 Maret 2021 Waktu : 13.00 - 13.50 (LMS/Tatap Muka Daring) Metode Perkuiahan : Tatap muka daring (20 Menit), LMS eLDirU Kehadiran Mahasiswa : ... orang Capaian Pembelajaran Mahasiswa mampu menyebutkan rekayasa yang bisa dilakukan dalam sistem tanah, air dan tanaman yang terbatas di dalam greenhouse/rumah tanaman dan mendesain sistem pengukuran dan pengendalian yang diperlukan untuk penyediaan lingkungan optimal bagi tanaman. Pokok Bahasan Rekayasa air tanah dan tanaman pada greenhouse/rumah tanaman
Course Modules
Materi
Video Greenhouse 4 musim (Jepang)
Quis Konsepsi Greenhouse
Sesi diskusi
Jurnal Perkuliahan Nama Pengajar : Dr. Eni Sumarni Hari/Tanggal : Rabu, 26 Maret 2021 Waktu : 13.00 - 13.50 (LMS/Tatap Muka Daring) Metode Perkuiahan : Tatap muka daring (20 Menit), LMS eLDirU Kehadiran Mahasiswa : ... orang Capaian Pembelajaran Mahasiswa mampu menyebutkan serta menjelaskan susunan tanah, tekstur tanah dan pertukaran zat akar-tanah Mahasiswa dapat melakukan perhitungan-perhitungan berkaitan dengan tanah Pokok Bahasan Susunan Tanah Tekstur Tanah Mineral Liat Luas Permukaan dan Pertukaran zat akar-tanah Perhitungan-perhitungan
Course Modules
Pertemuan ke 4 (Tanah dan Fungsinya sebagai Media Tanam
Diskusi
Materi Pengayaan 1
Materi Pengayaan 2
Video Pengayaan Materi 3
Video Pengayaan 4
Quiz
Jurnal Perkuliahan Nama Pengajar : Dr. Eni Sumarni Hari/Tanggal : Rabu, 2 April 2021 Waktu : 13.00 - 13.50 (LMS/Tatap Muka Daring) Metode Perkuiahan : Tatap muka daring (20 Menit), LMS eLDirU Kehadiran Mahasiswa : ... orang Bab ini adalah pertemuan ke 5 Mata Kuliah Hubungan Tanah Air dan Tanaman Capaian Pembelajaran Mahasiswa memahami fungsi akar, koordinasi pertumbuhan, pertumbuhan akar dan mampu melakukan pengamatan terhadap akar dan sistem perakaran. Pokok Bahasan Definisi Akar Fungsi akar Struktur akar Akar dan pertumbuhan Akar dan defisit air
Course Modules
Materi Pertemuan Ke 5
Materi Pengayaan
Quis Pertemuan ke 5 HTAT
Diskusi
Jurnal Perkuliahan Nama Pengajar : Dr. Eni Sumarni Hari/Tanggal : Rabu, 9 April 2021 Waktu : 13.00 - 13.50 (LMS/Tatap Muka Daring) Metode Perkuiahan : Tatap muka daring (20 Menit), LMS eLDirU Kehadiran Mahasiswa : ... orang Capaian Pembelajaran : Mahasiswa mampu menjelaskan pemyerapan air oleh tanaman, transport air lateral di dalam akar, penyerapan air secara aktif dan pasif, mampu menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi penyerapan air oleh akar, transpirasi dan stomata daun,, mampu menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi buka tutup stomata daun. Pokok Bahasan Penyerapan air oleh akar tanaman Pemyerapan secara aktif dan pasif Transport lateral air di dalam akar Faktor-faktor yang mempengaruhi penyerapan air oleh akar tanaman Buka tutup stomata dan faktor yang mempengaruhinya.
Course Modules
MATERI PERTEMUAN KE 6
Video pengayaan
Quis Pertemuan ke 6
Diskusi
Jurnal Perkuliahan Nama Pengajar : Dr. Eni Sumarni Hari/Tanggal : Rabu, 16 April 2021 Waktu : 13.00 - 13.50 (LMS/Tatap Muka Daring) Metode Perkuiahan : Tatap muka daring (20 Menit), LMS eLDirU Kehadiran Mahasiswa : ... orang Capaian Pembelajaran : Mahasiswa mampu menyebutkan rekayasa yang bisa dilakukan dalam sistem tanah, air dan tanaman yang terbatas di dalam greenhouse/rumah tanaman dan mendesain sistem pengukuran dan pengendalian yang diperlukan untuk penyediaan lingkungan optimal bagi tanaman. Pokok Bahasan Rekayasa air tanah dan tanaman pada greenhouse/rumah tanaman
Course Modules
Materi Utama
Materi Pengayaan 1
Materi Pengayaan 2
Diskusi
Quis Pertemuan ke 7
* Ujian Tengah Semester Mata Kuliah Hubungan Tanah Air dan Tanaman terdiri dari 50 soal. Dosen Pembuat soal : Dr. Eni Sumarni, S.TP., M.Si *Soal adalah pilihan ganda (memilih jawaban 1 yang paling benar) akan dibagi dalam 4 termin, yaitu : Soal 1 : 15 soal Soal 2 : 15 soal Soal 3 : 10 soal Soal 4 : 10 soal Total jadi 50 soal *Setiap nomor betul bernilai 1, jadi Total Nilai : 50 x 2 = 100 dan akan dipresentase dengan bobot nilai UTS *Kesempatan mengulagi perbaikan jawaban adalah 2 kali * Setiap soal diberikan waktu menjawab 1.5 menit, sehingga total waktu pengerjaan 75 menit * Waktu pengerjaan mulai dari pukul 14.30 sampai 15.55
Course Modules
Soal 1
Soal 2
Soal 3
Soal 4
Diskusi
Dosen : Dr. Ardiansyah Capaian Pembelajaran Mahasiswa mampu menganalisa kurva retensi air tanah dan menulisakan beberapa persamaan kurva retensi air tanah. Memetakan nilai potensial air tanah dan kadar air yang dapat diambil oleh tanaman. Mahasiswa diharapkan menghubungkan pengetahuan tersebut dalam aplikasi irigasi Pokok Bahasan - Kapasitas Lapang dan Titik Layu Permanen - Kurva pF dan Kapasitas Penyimpanan Air
Course Modules
Slide Air Tanah
Forum Diskusi Topik Air Tanah
Kuis Topik Air Tanah
Dosen : Dr. Ardiansyah Capaian Pembelajaran Mahasiswa mampu membedakan sifat fisik dan sifat mekanik tanah. Mampu menganalisa hubungan sifat mekanik tanah dan perkembangan akar tanaman. Mampu menjelaskan sifat mekanik material secara umum melalui kurva tegangan-regangan. Pokok Bahasan Perubahan Bentuk Tanah Kekuatan Geser Kekuatan Tarik Pemadatan Tanah Penetrometer
Course Modules
Slide Kekuatan Tanah
Forum Diskusi Topik Kekuatan Tanah
Kuis Topik Kekuatan Tanah
Dosen : Dr. Ardiansyah Capaian Pembelajaran Mahasiswa mampu menghitung Thermal Crop Water Stress Index dari data-data yang tersedia, serta mampu menyebutkan pengukuran apa saja yang diperlukan untuk mendeteksi water stress pada tanaman Pokok Bahasan Definisi Water Stress Water Stress pada Tanaman Thermal Crop Water Stress Index Contoh Perhitungan
Course Modules
Slide Water Stress
Forum Diskusi Topik Cekaman Air (Water Stress)
Kuis Topik Water Stress
Dosen : Dr. Ardiansyah Capaian Pembelajaran Mahasiswa memahami dan menjelaskan prinsip perhitungan kebutuhan air tanaman secara utuh dari Dokumen FAO 24 dan FAO 56 dan mampu mengembangkan program (software) perhitungan Kebutuhan Air Tanaman Pokok Bahasan Pengantar ke Evapotranspirasi Reference Evapotranspiration FAO Paper 24 tentang Evapotranspirasi FAO Paper 56 tentang Evapotranspirasi Crop Coefficient approach Menghitung ETc
Course Modules
Slide : Model Kebutuhan Air Tanaman
Handout : Perhitungan Kebutuhan Air Tanaman (Evapotranspirasi)
Forum Diskusi Kebutuhan Air Tanaman
Kuis Kebutuhan Air Tanaman
Perhitungan Kebutuhan Air Tanaman
Dosen : Dr. Ardiansyah Capaian Pembelajaran Mahasiswa mampu menganalisa pergerakan air dari tanah-akar-dalam akar-xylem-daun. Memodelkan pergerakan tersebut dalam persamaan matematika dan menyebutkan hambatan-hambatan dalam aliran air hingga ke daun. Mahasiswa juga diharapkan mampu memikirkan aplikasi pengetahuan ini dalam irigasi Pokok Bahasan Tanah-Tanaman-Atmosfer sebagai kontinuum Pergerakan air dari tanah ke akar Pergerakan air dari permukaan akar ke dalam akar Pergerakan air sepanjang akar Pergerakan air melalui batang ke atmosfir Algoritma dan program perhitungan water uptake
Course Modules
Video Proses Transportasi Air pada Tanaman
Slide Water Uptake
Forum Diskusi Water Uptake
Kuis Water Uptake
Dosen : Dr. Ardiansyah Capaian Pembelajaran Mahasiswa menjelaskan definisi model, khususnya model matematika. Mahasiswa mampu menjelaskan karakteristik dan kegunaan model matematika dalam memprediksi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Mahasiswa mampu menjelaskan langkah-langkah membuat model matematika. Mahasiswa mampu menjelaskan salah satu model pertumbuhan dan perkembangan tanaman, melakukan perhitungan sederhana. Mahasiswa mampu menjelaskan model pertumbuhan lainnya yang pernah dibuat ilmuwan Pokok Bahasan Definisi Model Karakteristik Model Kegunaan Model Crop Growth Model Shierary-Rice Model
Course Modules
Slide Model Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman
Forum Diskusi Model Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman
Kuis Model Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman
Dosen : Dr. Ardiansyah Capaian Pembelajaran Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai macam pengukuran dan prinsipnya dalam sistem Tanah-Tanaman-Atmosfir, serta mampu merencanakan pengukuran untuk tujuan penelitian Pokok Bahasan Pentingnya pengukuran dan pengendalian dalam HTAT Alat ukur analog dan digital Aplikasi teknik instrumentasi dalam HTAT Beberapa contoh pengukuran dalam penelitian
Course Modules
Slide Instrumentasi dalam HTAT
Forum Diskusi Instrumentasi dalam HTAT
Kuis Instrumentasi dalam HTAT
Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Hubungan Tanah Air dan Tanaman Dosen Pembuat soal : Dr. Ardiansyah Jumlah Soal : 70 (Terbagi atas 7 bagian, masing-masing 10 soal) Ketentuan Soal adalah pilihan ganda (memilih jawaban 1 yang paling benar). Soal akan dibagi per topik menjadi 7 bagian, masing-masing dengan waktu pengerjaan 5 menit, kecuali topik "Cekaman Air" (10 menit) Masing-masing bagian, diberi dua kali kesempatan mengerjaan soal Pada masing-masing bagian, jika waktu pengerjaan terlampaui, sistem akan menutup sendiri dan merekam jawaban yang sudah diberikan Semua bagian soal, dapat diakses antara waktu 07.30 - 09.00 WIB Semua nomor memiliki bobot yang sama. Penilaian menggunakan perhitungan : (Total Jawaban Benar/Jumlah Soal) * 100 Selamat Mengerjakan
Course Modules
Soal Topik : Air Tanah
Soal Topik : Kekuatan Tanah
Soal Topik : Cekaman Air (Water Stress)
Soal Topik : Model Kebutuhan Air Tanaman
Soal Topik : Pengambilan Air oleh Tanaman (Water Uptake)
Soal Topik : Model Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman
Soal Topik : Instrumentasi dalam HTAT
================================Akhir dari ujian H...
Tujuan Mempelajari perhitungan ETo untuk tanaman referensi dengan menggunakan software ETo atau Cropwat. Mengoperasikan dan meninterpretasi luaran software untuk mengetahui kebutuhan air tanaman tertentu pada satu musim tanam dan pemberian irigasi yang diperlukan Alat dan Bahan Perangkat lunak (software) ETo atau Cropwat
Course Modules
PRAKTIKUM 1. MNEGHITUNG EVAPOTRANSPIRASI TANAMAN REFERENSI DENGAN SOFTWARE ETo
PRAKTIKUM 1 (File yang Diperlukan)
Praktikum 1 : Pengumpulan Laporan
Tujuan Praktikum Membuat perhitungan evapotranpirasi dengan menggunakan program komputer atau macro VBA di Microsoft Excel Alat dan Bahan Software pemrograman yang dikuasai (python, R, Visual Basic , dll) atau Microsoft Excel yang memiliki fasilitas macro VBA
Course Modules
PRAKTIKUM 2. Pemrograman Perhitungan Evapotranspirasi
Praktikum 2 : Pengumpulan Laporan
Tulislah dalam satu atau dua paragraf pandangan anda mengenai "Urban Agriculture"
Course Modules
Opini tentang "Urban Agriculture"
Tulislah dalam satu atau dua paragraf pandangan anda mengenai "Precision Farming"
Course Modules
Opini tentang "Precision Farming"
Tulislah dalam 1 halaman ide dan rencana penelitian yang berkaitan dengan Mata Kuliah HTAT
Course Modules
Rencana Penelitian