Profesi Kependidikan

Universitas Borneo Tarakan

Deskripsi

Dalam perkuliahan mahasiswa akan belajar tentang pengertian dan syarat-syarat profesi keguruan, Tugas dan peran guru, kode etik guru, organisasi profesi keguruan, kompetensi guru professional, cara-cara memotivasi siswa dalam belajar, fungsi dan tanggung jawab guru sebagai kepala sekolah, dan supervisi pendidikan,melakukan kajian tentang Permasalahan yang dihadapi oleh guru baik umum maupun khusus serta dapat memberikan solusi terhadap permasalahan dan hambatan yang dihadapi oleh guru.

Pemula Menengah Mahir

Capaian Mata Kuliah

Mahasiswa mampu : 1. menjelaskan profesi kependidikan, 2. menjelaskan tugas dan peran gurudalam pembelajaran, 3. menjelaskan Kode Etik Guru, 4. menjelaskan tugas dan peran gurudalam Administrasi, 5. menjelaskan tugas dan peran guru sebagai pribadi secara Psikologis, 6. menjelaskan fungsi dan tujuan dari organisasi profesi keguruan, 7. menjelaskan Kompetensi guruprofesional, 8. memberikan contoh Memotivasi Siswa dalam Pembelajaran, 9. menjelaskan fungsi dan tanggungjawabguru sebagai kepala sekolah dan supervisi pendidikan, dan 10. mengidentifikasi berbagai permasalahan umum dan khususyang dihadapi guru

Pokok Bahasan

1. Pengantar Profesi Kependidikan; 2. Tugas dan Peran Guru dalam Belajar Mengajar; 3. Kode Etik Guru; 4. Tugas dan Peran Guru dalam Administrasi; 5. Tugas dan peran guru sebagai pribadi secara Psikologis; 6. Organisasi Profesi Keguruan; 7. Kompetensi Guru Profesional; 8. Memotivasi Siswa dalam Pembelajaran; 9. Fungsi dan Tanggung Jawab Guru sebagai Kepala Sekolah dan Supervisi Pendidikan; dan 10. Permasalahan Umum dan Khusus yang dihadapi guru.

Course

Durasi Kuliah
Instructor: Dr. Jero Budi Darmayasa, S.Pd.,M.Pd.Si.
Max. students: 100
Attending: 0