Konsep Dan Strategi Electronic Business

STMIK Amikom

Deskripsi

E-Business (Electronic Business) bukanlah merupakan sebuah istilah yang asing di telinga para manajer dan praktisi bisnis di era moderen. Perkembangan teknologi komputer dan telekomunikasi yang disertai dengan berbagai perubahan paradigma dalam mengelola bisnis di era globalisasi telah menempatkan internet sebagai medium berinteraksi yang sangat menjanjikan. Keberadaannya tidak hanya menawarkan kemudahan-kemudahan bagi perusahaan dalam menjalankan aktivitas usahanya sehari-hari, namun lebih jauh lagi karakteristiknya mampu untuk memberikan manfaat signifikan bagi perkembangan industri dimana perusahaan terkait berada. Lihatlah bagaimana implementasi pertukaran barang dan jasa melalui medium elektronis (E-Business) tidak saja telah membantu perusahaan dalam menurunkan total biaya pengeluaran untuk keperluan operasional sehari-hari, namun lebih jauh lagi adalah bahwa banyak sekali potensi sumber pendapatan baru yang ditawarkan oleh konsep tersebut. Alasan lain mengapa konsep E-Business menjadi primadona di dalam kerangka bisnis moderen adalah karena adanya berbagai data statistik yang memperlihatkan semakin tingginya nilai bisnis yang terjadi di dunia maya, yang perlahan-lahan tumbuh menyaingi yang terjadi di dunia nyata.

Pemula Menengah Mahir

Capaian Mata Kuliah

  •  Menjelaskan mengenai fenomena bisnis di dunia maya dan tren perkembangannya
  •  Menguraikan mengenai tahapan evolusi e-business
  •  Menjelaskan secara lengkap mengenai sistem dan komponen pembentuk ekosistem e-business
  •  Membandingkan antara karakteristik bisnis konvensional dengan transaksi di internet
  •  Menggambarkan arsitektur dan anatomi sistem e-business
  •  Menjelaskan hubungan keterkaitan antara e-business dan e-commerce
  •  Menjelaskan mengenai perilaku pasar dan pelanggan dalam lingkungan e-business

Pokok Bahasan


Terdapat 12 (dua belas) pokok bahasan yang harus dikuasai secara penuh oleh peserta didik, masing-masing adalah sebagai berikut:

1. PRINSIP EKONOMI DUNIA MAYA

2. SPEKTRUM EVOLUSI DUNIA MAYA

3. E-BUSINESS DAN KEUNGGULAN KOMPETITIF (DAYA SAING)

4. EVOLUSI E-BUSINESS

5. LANSEKAP KEMITRAAN E-BUSINESS

6. PROSES DAN SERVICES DALAM E-BUSINESS

7. E-BUSINESS TERINTEGRASI DAN TERPADU

8. ANTARA DUNIA FISIK DAN DUNIA VIRTUAL

9. ARSITEKTUR DAN ANATOMI E-BUSINESS

10. PELANGGAN DI DUNIA MAYA

11. KOMUNITAS VIRTUAL DI INTERNET

12. E-BUSINESS DAN E-COMMERCE

Course

Durasi Kuliah
Instructor: MUHAMMAD ZARLIS
Max. students: 100
Attending: 0


MUHAMMAD ZARLIS

Biography