Welcome to Spada Indonesia

Pembelajaran Era Industri 4.0 melalui IdREN

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mengadakan "Seminar Optimasi Pemanfaatan Jaringan IdREN dalam Mendukung Pembelajaran di Era Industri 4.0" di Grha Sanusi Hardjadinata Universitas Padjadjaran, Jumat (27/9/2019). Seminar ini mendorong setiap perguruan tinggi untuk menjadi bagian dari akses jaringan kolaborasi pembelajaran dan penelitian berbasis daring melalui jaringan Indonesia Reasearch Education Network (IdREN).

"Adanya IdREN ini menjadi sebuah keniscayaan di Indonesia, di mana kita akan hubungkan 4.700 perguruan tinggi di Indonesia," ujar Kepala Subdirektorat Pembelajaran Khusus Ditjen Belmawa Kemenristekdikti Uwes Anis Chaeruman.

IdREN merupakan jaringan pembelajaran dan riset yang menghubungkan perguruan tinggi di Indonesia melalui sistem intranet menggunakan Virtual Private Network (VPN). IdREN juga dapat terkoneksi dengan jaringan Research and Education Network (REN) di tingkat global.

Acara ini dibuka oleh Prof. Dr. Rina Indiastuti, M.SIE selaku Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Direktorat Jenderal Belmawa dan dihadiri oleh 300 peserta dari berbagai Perguruan Tinggi di wilayah LLDIKTI IV.

Melalui IdREN diharapkan terjadi tukar informasi seputar materi pembelajaran, riset, hingga kolaborasi antar akademisi di seluruh Indonesia. Proses ini tentunya dilakukan melalui sistem eksklusif yang terkoneksi dalam satu jaringan intranet dan  didukung dengan infrastruktur jaringan yang memadai.

Saat ini, Ditjen Belmawa sudah menjalin kerja sama dengan empat provider internet. Melalui kerja sama tersebut diharapkan dapat menjangkau setiap perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Harapannya IdREN akan beroperasi optimal pada tahun 2020. (HKLI/KLT)

Sumber : https://belmawa.kemdikbud.go.id/2019/09/28/pembelajaran-era-industri-4-0-melalui-idren/